Kunci sukses ternak burung kenari ada pada bagaimana perawatan dan pemberian pakannya. Dengan memenuhi semua kebutuhannya setiap hari, maka indukan akan terjaga terus kondisinya sehingga selalu memiliki stamina yang cukup untuk mengerami telur maupun merawat anak-anaknya. Sebagai panduan ternak bagi pemula, berikut empat jenis pakan tambahan yang digunakan dalam ternak kenari.

Pakan tambahan yang digunakan dalam penangkaran burung kenari harus terdiri dari beberapa jenis yang bervariasi. Indukan kenari akan sangat membutuhkan asupan pakan tambahan tersebut untuk membantu menjaga stamina dan kondisinya selama proses berkembang biak.

Ada beberapa jenis pakan yang umum diberikan pada burung kenari, salah satunya adalah pakan biji-bijian yang lengkap. Akan tetapi, untuk memberikan tambahan stamina dan menjaga kondisinya sepanjang hari, maka indukan kenari tersebut harus pula menerima asupan pakan tambahan selain biji-bijian.

Berikut empat jenis pakan tambahan yang dibutuhkan dalam ternak kenari:

1. Buah dan sayuran hijau

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran hijau dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi indukan kenari. Meski begitu, tidak semua jenis buah dan sayuran bisa diberikan pada burung, hanya beberapa saja yang umum diberikan seperti apel merah dan jagung manis.

2. Biji berkecambah 

Kecambah bisa berasal dari berbagai jenis biji-bijian. manfaat kecambah sangat baik untuk kenari yang sedang diternak karena banyak mengandung vitamin, enzim, mineral, dan protein yang berkualitas tinggi. Tingginya kandungan nutrisi tersebut menjadikan kecambah sebagai salah satu komponen makanan penting dalam peternakan burung kenari.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam kecambah adalah vitamin A, vitamin B, dan vitamin E. Selain itu juga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, potasium, dan magnesium. Oleh karenanya, kecambah banyak digunakan para peternak karena nilai nutrisinya yang lebih tinggi dari biji / benih asal. Pada waktu biji berkecambah maka kandungan vitamin dan proteinnya pun akan terurai sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh burung.

BACA JUGA  Mengenal jenis jenis kenari impor

Secara umum, semua jenis biji-bijian bisa dibuat menjadi kecambah. Adapun biji yang paling banyak digunakan adalah yang berasal dari kacang kedelai, kacang hijau, biji bunga matahari, dan sebagainya. Untuk memudahkan perawatannya, berikut beberapa membuat kecambah dari biji-bijian.

  • Biji-bijian yang akan dibuat berkecambah direndam dalam air matang / hangat selama semalaman.
  • Esok paginya, biji kemudian disaring dengan menggunakan saringan. Setelah itu langsung dibilas dengan air bersih.
  • Tempatkan biji-bijian tersebut disebuah wadah atau nampan yang sudah dilapisi dengan kain atau jaring nilon. Aturlah agar biji-bijian tidak saling bertumpuk.
  • Simpan di tempat gelap, lembab, dan tidak terpapar cahaya matahari langsung.
  • Secara berkala, anda bisa mencipratkan air pada biji-bijiannya sampai muncul kecambah.
  • Setelah kecambah berukuran sekitar 0,5 – 1 cm, langsung diberikan pada burung karena pada kondisi inilah kecambah telah memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

3. Telur rebus 

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Pada saat mengerami telurnya, kenari akan membutuhkan pakan tambahan lain selain bji-bijian. Biji-bijian menjadi pakan yang kerap dikonsumsi setiap harinya, tetapi pakan ini tidaklah cukup mengandung asam amino yang berasal dari protein hewani. Untuk melengkapi kebutuhannya, para peternak akan mulai membuatkan pakan racikan spesial dengan menggunakan bahan utama telur rebus.

Telur rebus umum diberikan pada burung dalam berbagai kondisi. Bagi kenari mania, telur rebus biasa diberikan untuk menjadikan burung bakalan menjadi lebih rajin berbunyi. Namun setelah kenari tersebut akan diternak, maka telur rebus akan diolah menjadi sebuah pakan tambahan yang sangat spesial.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuaran pakan racikan spesial untuk kenari yang sedang diternak adalah sebagai berikut:

  • 1 butir telur yang sudah direbus hingga matang dikupas kulitnya lalu dipotong-potong dalam ukuran kecil,
  • 1 potong roti tawar yang masih segar (tidak basi/berjamur),
  • 1/4 sendok teh madu,
  • 1/4 sendok teh tumbukan tulang ikan kering atau kulit kerang, tapi untuk lebih mudahnya bisa juga menggunakan parutan tulang sotong.
  • Semua bahan kemudian diblender hingga menjadi butiran-butiran kecil, setelah itu tuangkan dalam wadah penyimpanan.
BACA JUGA  Cara memilih bahan kenari berkualitas lomba

Pakan tambahan ini diberikan ketika kenari mulai bertelur dan bisa juga diberikan pada kenari muda/anakan untuk memacu pertumbuhannya.

4. Suplemen / Multivitamin

Vitamin adalah zat-zat yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin yang baik adalah vitamin yang terbuat dari bahan alami dan tidak dibuat dengan bahan kimia. Untuk menunjang perawatan kenari yang sedang diternak, maka pemberian suplemen multivitamin seperti Sup Plus Bird sangat penting dilakukan khususnya agar burung indukan selalu terjaga staminanya.

Selain itu, suplemen Sup Plus Bird juga memiliki kandungan multiimineral dan asam amino yang sangat dibutuhkan  untuk perkembangan burung anakan hingga dewasa. Manfaat Sup Plus Bird tidak hanya bisa dinikmati oleh burung yang sedang diternak saja. Burung peliharaan yang dirawat untuk suaranya seperti untuk kelangenan, masteran, atau lomba pun bisa diberikan suplemen tambahan Sup Plus Bird ini.

Adapun manfaat Sup Plus Bird untuk burung kicauan antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Menjadikan burung makin gacor / rajin bunyi,
  • Memaksimalkan volume suara burung,
  • Mengatasi burung yang macet bunyi,
  • Menjadikan burung selalu fit, sehat dan aktif.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, atau bisa juga dipesan langsung melalui whatsapp di no:  087738873034 .

Salam sukses dan semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here