Mencegah lebih baik daripada mengobati, ungkapan tersebut tentu sangat cocok diterapkan ketika kita memelihara burung ocehan, misalnya kenari. Walaupun dikenal cepat beradaptasi dan gampang jinak, tapi kenari juga sangat rentan alami perubahan kondisi termasuk menurunnya kualitas suara dan penampilannya. Untuk itu, simak bagaimana cara menjaga kualitas suara dan penampilan burung kenari berikut ini. 

Kenari adalah salah satu jenis burung peliharaan yang cukup popular di dalam dan luar negeri. Burung mungil ini memiliki bulu-bulu lembut, berwarna-warni, dan suara kicauan yang mengalun merdu. Jika dirawat dengan baik, kenari bahkan bisa meniru suara kicauan burung jenis lainnya.

Perawatan burung kenari tentu membutuhkan penanganan yang lebih dari sekedar memberikan makan dan minum saja untuk menjaga kondisinya. Dengan demikian, kenari tersebut akan mempunyai tubuh yang lebih bugar, sehat, dan rajin berbunyi.

Berikut beberapa cara menjaga kualitas suara dan penampilan burung kenari:

Menjaga kebersihan sangkar 

Jaga kebersihan

Kebersihan sangkar adalah bentuk perawatan yang wajib dilakukan jika ingin kenari Anda tetap aktif dan rajin berbunyi. Sangkar yang penuh kotoran akan mengundang parasit dan jamur yang bisa menyebabkan kenari jatuh sakit.

Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya sebaiknya dilakukan setiap hari, khususnya pada pagi dan sore hari sebelum burung beristirahat. Dengan terjaganya kebersihan sangkar, maka kenari akan merasa lebih nyaman dan terhindar dari serangan penyakit maupun infeksi parasit.

Menjaga ketersediaan pakan

makanan kenari

Menjaga ketersediaan pakan menjadi bagian perawatan yang sangat vital. Burung yang terpenuhi kebutuhan pakan dan minumnya tentu akan memiliki tubuh yang selalu sehat dan bugar sehingga menjadikannya mudah aktif dan rajin bunyi.

Untuk menjaga kualitas suara dan penampilannya, maka pemberian pakan harus dengan memperhatikan kandungan nutrisinya. Kenari yang rutin mengkonsumsi pakan tersebut akan mudah mencapai kondisi top formnya, sehingga burung akan jadi lebih rajin berbunyi.

BACA JUGA  Mengenal burung lovebird

Selain biji-bijian yang umum dikonsumsi, kenari membutuhkan asupan pakan tambahan yang berasal dari jenis buah dan sayuran. Untuk melengkapi kebutuhannya, kenari bisa diberikan telur rebus dan tulang sotong yang berfungsi sebagai grit dan juga sumber kalsium.

Memandikan kenari secara rutin 

kenari mandi

Rutin memandikan burung kenari setiap hari dapat membantu menjaga kondisinya. Kenari yang mendapatkan perawatan mandi akan memiliki tubuh yang lebih bugar, sehingga membuatnya selalu aktif dan rajin berkicau.

Untuk lebih menjaga penampilannya, setiap satu-dua minggu sekali, kenari dimandikan dengan menggunakan shampoo khusus yang bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengatasi bulu dari serangan kutu.

Memberikan penjemuran secara teratur 

kenari jemur

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Penjemuran di bawah sinar matahari sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi dan penampilannya. Namun penjemuran sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, apalagi jika dilakukan ketika matahari tengah bersinar sangat terik di siang hari. Penjemuran yang berlebihan dan dilakukan pada siang hari rentan menjadikan burung dehidrasi dan bisa memicu gangguan kesehatan lainnya.

Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari, tidak lama setelah matahari terbit. Cahaya matahari di pagi hari akan mengekstrak vitamin D yang dibutuhkan untuk menyehatkan bulu dan kulitnya. Selain itu, penjemuran di pagi hari juga bisa menjadikan burung lebih aktif dan bertamah gacor.

Melatih fisik dan stamina di kandang umbaran 

kenari umbar

Kandang umbaran atau free flight cage adalah kandang yang mempunyai ukuran lebih luas dari sangkar hariannya. Manfaat burung dilatih dalam kandang umbaran antara lain adalah untuk menguatkan fisik dan staminanya, selain itu untuk menghilangkan kebosanan, pengumbaran juga memiliki manfaat untukmerenggangkan kembali otot-otot sayap yang kaku setelah berada dalam sangkar harian untuk waktu yang cukup lama.

BACA JUGA  Penyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serak

Melakukan pemasteran 

kenari masteran

Pemasteran dibutuhkan untuk menambah variasi suara yang dipunyai oleh burung kenari tersebut. Pemasteran dengan suara yang tepat dapat membuat suara kicauannya jadi lebih panjang durasinya. Adapun bagi penggemar kenari isian, pemasteran juga bisa menjadikan burung lebih memiliki suara yang sangat bervariasi.

Pemasteran pada burung kenari bisa dilakukan dengan beberapa macam cara, mulai dari menggantungkan burung masteran di dekat sangkarnya hingga memutarkan suara rekaman burung dari perangkat mp3.

Memberikan suplemen 

Pemberian suplemen sangat baik dilakukan terutama karena kebutuhan burung akan vitamin dan mineral dianggap masih belum cukup terpenuhi. Suplemen yang akan diberikan pada burung sebaiknya yang memiliki kandungan multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang dibutuhkan burung untuk terus beraktivitas.

Sup Plus Bird adalah salah satu jenis suplemen yang aman diberikan untuk semua jenis burung peliharaan, termasuk kenari. Pemberian suplemen ini secara rutin dapat menjadikan burung lebih terjaga kondisinya. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki manfaat antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari,
  • Memaksimalkan volume suara / membuat suara jadi lebih kencang,
  • Menjadikan burung tambah gacor,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Mengatasi burung yang macet bunyi, dsb.

Sup Plus Bird bisa diperoleh melalui toko jual-beli Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee, atau bisa juga dipesan dengan cara mengirim permintaan melalui kontak whatsapp di nomor:  087738873034. 

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here