Dehidrasi adalah satu gejala burung kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh beberapa kondisi. Pada kondisi ini, burung akan mudah sekali lemas dengan stamina yang terus menurun, sehingga sangat rentan terhadap penyakit dan kematian. Untuk mencegah hal tersebut menimpa burung kesayangan, silakan simak cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi.

Dehidrasi yang terjadi pada burung peliharaan tidak hanya disebabkan oleh gangguan pencernaan saja, tapi bisa juga terjadi akibat beberapa faktor seperti:

  • Penjemuran yang terlalu berlebihan,
  • Suhu sangkar yang terlalu panas yaitu ketika burung terlalu lama berada di dalam kendaraan tanpa air minum yang cukup, misalnya dalam perjalanan panjang,
  • Burung yang kerap digantungkan di tempat yang bersuhu panas pun rentan terkena dehidrasi,
  • Stres bisa juga menjadi pemicu dehidrasi, apalagi jika stres tersebut menyebabkan burung kehilangan nafsu makan dan minum.

Burung yang alami dehidrasi biasanya akan mudah sekali lemas, tidak mau bunyi, dan cenderung tiduran dengan bulu yang mengembang. Untuk mencegah kondisinya bertambah buruk, maka diperlukan penanganan yang benar-benar tepat.

Salah satu bentuk terapi yang bisa dilakukan adalah memberikan air larutan khusus yang berfungsi sebagai sumber energi tambahan sebelum burung mendapatkan asupan pakan dan suplemen vitaminnya.

BACA JUGA  Solusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakan

Dehidrasi pada burung bisa diatasi dengan memberikan pedialyte atau larutan isotonik yang dapat menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang selama dehidrasi. Alternatifnya adalah memberikan larutan elektrolit yang dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat.

Berikut cara membuat larutan elektrolit untuk atasi dehidrasi pada burung peliharaan:

Bahan yang digunakan:

  • Setengah gelas air panas
  • Satu gelas air dingin
  • Dua sendok makan madu
  • Setengah sendok makan garam
  • Dua sendok makan air perasan jeruk nipis

Semua bahan kemudian dicampurkan dalam satu wadah, lalu diaduk hingga bercampur merata. Setelah dingin, air larutan tersebut kemudian diberikan pada burung.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Cara lain yang lebih mudah sebagai pertolongan pertama pada burung yang dehidrasi adalah mencampurkan dua sendok teh gula pasir dan satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Setelah diaduk sampai merata, air larutan diberikan pada burung setelah dingin.

Jika burung tidak bisa meminum air larutannya karena kondisinya yang terlalu lemah, maka Anda bisa memberikannya dengan cara diteteskan langsung pada bagian paruh dan mulutnya dengan menggunakan dropler atau syringe (suntikan yang biasa dipakai untuk meloloh).

BACA JUGA  Memilih masteran yang sesuai untuk kenari

Setelah kondisinya mulai berangsur pulih, segera berikan suplemen Sup Plus Bird untuk membantu mempercepat pemulihannya. Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin dan multimineral yang diolah khusus untuk meningkatkan stamina dan daya tahan burung peliharaan.

Sup Plus Bird diberikan dengan cara diteteskan ke dalam air minumnya sebelum diberikan pada burung. Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi, suplemen ini juga mempunyai manfaat lain yang baik untuk burung, yaitu:

  • Menjaga kondisi dan kesehatan burung sepanjang hari,
  • Meningkatkan stamina dan daya tahannya,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Melancarkan pernafasannya sehingga suara jadi lebih maksimal,
  • Menjadikan burung tambah rajin berbunyi,

Sup Plus Bird bisa diperoleh melalui toko jual-beli Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee, atau bisa juga dipesan dengan cara mengirim permintaan melalui kontak whatsapp di nomor:  087738873034.

Untuk mencegah agar burung tidak mudah mengalami dehidrasi, maka perawatan hariannya harus selalu diperhatikan. Selain melengkapi kebutuhan pakan dan suplemen, menjaga kenyamanan burung selama dipelihara juga menjadi salah satu bentuk perawatan yang harus selalu diperhatikan.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here