Cara memilih bahan kenari berkualitas lomba

Cara memilih bahan kenari berkualitas lomba

Di pasar dan kios burung, Anda bisa memilih aneka jenis dan warna kenari yang dijual dalam kondisi masih bakalan. Selain harganya yang jauh lebih murah dari burung jadi, kenari bakalan bisa dilatih agar menjadi burung yang siap lomba. Berikut tips dan cara memilih bahan kenari berkualitas lomba. 

Kenari menjadi salah satu jenis burung kicauan paling popular yang banyak dipelihara kicau mania di Indonesia. Selain karena sifatnya yang cenderung mudah jinak dan gampang bunyi, kenari juga banyak dicari untuk dilombakan.

Menyiapkan kenari agar selalu siap lomba bisa dilakukan saat burung tersebut masih dalam kondisi bakalan / bahan. Namun begitu, pemilihan kenari bahan yang berkualitas lomba harus dilakukan untuk mendaptkan hasil yang lebih memuaskan.

Berikut cara memilih bahan kenari berkualitas lomba

1. Cari burung jantan 

Kenari yang pandai berkicau adalah burung yang berjenis kelamin jantan. Untuk itu dibutuhkan pengamatan yang cukup jeli saat memilih bahan kenari yang dijual dalam kandang ombyokan. Untuk informasi bagaimana cara memilih kenari jantan, silakan simak dalam video berikut ini:

2. Mempunyai volume tembus / suara kencang

Cari burung kenari yang memiliki suara tembus, misalnya ketika bersuara terdengar lebih kencang dari kenari lain yang satu kandang dengannya.

3. Pilih yang sehat dan aktif 

Burung yang sehat tentu akan memudahkan kita melatih mental dan menjadikannya rajin berbunyi. Ciri-ciri bahan kenari yang sehat dan aktif antara lain:

  • Banyak bergerak / tidak malas-malasan.
  • Makan dengan rakus.
  • Memiliki bulu-bulu yang rapih, sayap mengapit rapat, dan bulu ekor yang selalu menutup.
  • Ketika bertengger, kaki-kakinya mencengkeram tangkringan dengan sangat kokoh dan tidak mudah goyah.
  • Pandangan mata jernih, tajam dan tidak sayu, apalagi berair.
  • Tidak ada kotoran yang menempel pada bulu sekitar kloaka.

4. Belajar ngerol 

Kenari bakalan yang berumur lebih dari 4 bulan biasanya sudah memiliki kemampuan untuk berlatih berkicau. Untuk mendapatkan kenari yang berkualitas lomba, maka pilihlah burung yang terlihat rajin berlatih bunyi seperti suara ngeriwik atau ngerol.

Untuk memaksimalkan dan menambah variasi suaranya, Anda bisa melakukan pemasteran secara rutin. Pemasteran bisa dilakukan dengan cara memutarkan suara rekaman burung lain atau menggantungkan burung masteran di dekat sangkarnya.

5. Dominan / Fighter 

Ciri-ciri kenari bahan yang berkualitas lomba lainnya adalah mempunyai mental yang sangat baik. Hal ini bisa diamati dari perilakunya ketika mendekati atau didekati kenari lain. Kenari yang fighter tentu akan terlihat lebih dominan di antara kenari lain yang satu kandang dengannya.

Perawatan kenari bahan agar berkualitas lomba

Setelah mendapatkan bahan kenari dengan ciri-ciri di atas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan yang tepat. Dengan demikian, kenari tersebut akan mempunyai ketahanan fisik dan mental yang baik, serta mampu bersuara dengan panjang dan lantang.

Adapun cara perawatan kenari bahan agar berkualitas lomba adalah:

  1. Memberikan pakan harian yang teratur, meliputi biji-bijian dan pakan tambahan yang berupa buah dan sayuran.
  2. Memberikan perawatan mandi dan jemur setiap hari dengan durasi yang disesuaikan kebutuhan.
  3. Melakukan pengembunan dan mandi malam jika dibutuhkan.
  4. Melatih fisik dalam kandang umbaran.

Selain pola rawatan di atas, menjadikan bahan kenari agar berkualitas lomba juga harus dilakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal ini bisa dipenuhi dengan memberikan suplemen tambahan seperti Sup Plus Bird.

[irp posts=”1550″ name=”Sup Plus Bird”]

Sup Plus Bird adalah suplemen khusus yang mengandung multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan burung untuk selalu aktif dan rajin bunyi. Selain bisa menjaga kesehatan dan kondisinya sepanjang hari, suplemen ini juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung.
  • Membantu mendongkrak mentalnya.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme burung.
  • Memaksimalkan volume suara kicauan burung.
  • Menjadikan burung lebih fit dan aktif.
  • Membuat burung jadi tambah gacor.

Suplemen Sup Plus Bird tak hanya bisa didapatkan melalui TOKOPEDIA, BUKALAPAK, dan SHOPEE saja, tapi juga bisa dipesan melalui kontak WHATSAPP di no:  087738873034

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

memaster burung murai batu

Tips memaster burung murai batu agar lebih efektif

Melatih agar burung murai batu mempunyai kemampuan berkicau dengan baik bisa dilakukan dengen pemasteran. Ada beberapa metode pemasteran yang digunakan, mulai dari memanfaatkan burung masteran hingga memutarkan audio masteran dari perangkat mp3. Namun begitu, untuk mendapatkan hasil masteran yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips memaster burung murai batu agar lebih efektif.
Read more
Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini.
Read more

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?