Burung murai batu muda hutan (MH)

Solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu makan

Burung murai batu yang kehilangan nafsu makan umumnya terjadi karena adanya gangguan atau masalah pada organ pencernaannya. Jika dibiarkan tanpa penanganan, tentu bisa berakibat sangat fatal. Selain tubuhnya akan jadi kurus, kesehatannya pun akan terus menurun dan bisa menyebabkan kematian. Untuk cara perawatannya, simak solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu makan.

Burung yang kehilangan nafsu makan tentu bisa memicu berbagai masalah mulai dari penyakit hingga penurunan stamina. Jika kehilangan nafsu makan tidak disertai dengan adanya tanpa penyakit, maka bisa dimungkinkan hal ini terjadi lantaran burung sedang mengalami masa penyesuaian dengan lingkungan dan jenis makanan yang baru.Kondisi ini biasanya dialami oleh burung bakalan atau burung yang baru dibeli.

Oleh karena itu, jika mendapati burung kehilangan nafsu makan maka hindari memberikan pakan voer yang berarom sangat keras atau berwarna tajam / terlalu cerah, karena hal ini merupkan sesuatu yang asing bagi mereka. Itu sebabnya, burung jadi tidak berselera dengan makanan yang ditawarkan.

Selain disebabkan oleh kondisi burung yang masih beradaptasi dengan lingkungan dan makanannya, kehilangan nafsu makan bisa juga disebabkan oleh hal lain, yaitu:

  • Burung yang keracunan makanan, misalnya memakan serangga liar yang beracun, mengkonsumsi pakan yang sudah basi dan berjamur, memakan serangga yang sudah mati/basi dan berbau menyengat, atau meminum air yang terkontaminasi bakteri dan jamur.
  • Burung yang stres berat. Hal ini biasanya dipicu oleh perawatan yang tidak tepat, ngedrop karena kalah mental atau diserang oleh hewan liar lainnya seperti tikus, anjing, atau kucing.
  • Pemilik burung yang kurang memperhatikan kebersihan sangkar. Sangkar yang kotor sangat mudah sekali diserang parasit, virus, bakteri, dan kuman yang bisa menganggu organ pencernaan dan kesehatannya.
  • Burung murai batu terlalu berlebihan mengkonsumsi pakan tinggi protein. Kelebihan protein akan merusak organ pencernaannya yang menyebabkan burung jadi kehilangan selera makan.
Baca:   Tips mengatasi murai batu yang susah mabung

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka burung murai batu yang kehilangan nafsu makan itu harus dijauhkan dari keberadaan burung lainnya. Gantungkan sangkarnya di tempat yang tenang dan bersuhu hangat.

Selama terapi pemulihannya, berikan pakan voer yang memiliki kandungan gizi lengkap. Selain itu, berikan juga pakan tambahan yang sangat disukainya. Buah-buahan seperti potongan pepaya manis bisa diberikan untuk menarik perhatian burung agar mau mengkonsumsinya. Buah pepaya kaya akan serat yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaannya.

Untuk mendukung perawatan dan mempercepat pemulihan, berikan suplemen Sup Plus Bird yang sudah terkenal di kalangan kicaumania. Sup Plus Bird, memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung, salah satunya adalah menjaga kondisi dan membangkitkan nafsu makan.

Baca:   Pemilihan dan pemasteran burung pleci

Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki manfaat lain yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Menjadikan burung makin rajin bunyi / gacor
  • Meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melancarkan pernafasan sehingga suara jadi lebih plong dan lantang
  • Mengatasi burung yang macet bunyi

Suplemen Sup Plus Bird diberikan setiap pagi dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam air minumnya. Berikan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Sup Plus Bird bisa didapatkan di TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga melakukan pembelian via whatsapp di nomor: 087738873034

Semoga manfaat

Related Articles

Cara mengatasi lovebird stres

Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres

Stres adalah sebuah kondisi gangguan mental yang dihadapi oleh seseorang atau mahluk hidup akibat adanya tekanan. Tekanan ini bisa muncul akibat beberapa hal, terutama karena kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya. Pada burung lovebird, stres dapat menjadi pemicu perubahan perilaku, yang jika tidak segera ditangan maka akibatnya bisa sangat buruk. Simak penyebab, ciri-ciri dan […]
Read more

Tips memilih dan mengenal lebih dekat dengan muray borneo

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird main nagen di satu titik

Di ajang perlombaan burung, sering ditemukan lovebird yang selalu mengejar-ngejar lawannya saat bertanding. Perilaku lovebird yang tak mau duduk manis di tenggerannya itu tentu akan menjadikan penampilannya di gantangan makin tidak maksimal. Untuk panduan, simak tips lovebird main nagen di satu titik berikut ini. Baca:   Solusi jika murai batu ogah makan voer
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by