Walaupun murai batu mempunyai kemampuan untuk menirukan suara dengan sangat baik, tapi tak sedikit kicau mania yang mengeluh kalau burung yang dirawatnya itu cenderung bersuara ngeban saja alias berulang-ulang. Untuk mengetahui apa penyebab murai batu bersuara ngeban, simak penyebab dan cara mengatasnya berikut ini.

Burung murai batu terkenal dengan kemampuan berkicaunya yang sangat mumpuni. Tak heran kalau banyak kicau mania di dalam negeri yang kepincut untuk memeliharanya. Tidak hanya bersuara lantang saja, tapi murai batu juga diketahui pandai menirukan suara kicauan burung lainnya. Hal ini pun menjadikan murai batu mempunyai suara kicauan yang sangat bervariasi.

Akan tetapi, banyak kicaumania yang mengeluh kalau burung murai batu rawatannya tidak mau mengeluarkan suara yang bervariasi. Sepanjang harinya, burung mereka cenderung bersuara ngeban-ngeban saja atau suara kicauan yang berulang-ulang.

 

Meski tidak mengganggu penampilan, namun suara ngeban pada burung murai batu kadang bisa mempengaruhi penilaiannya saat dilombakan. Murai batu yang bersuara variasi, apalagi disertai lagu-lagu yang penuh tembakan hingga kini masih menjadi idola di lapangan.

BACA JUGA  Solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu makan

Secara umum, suara ngeban pada burung murai batu biasanya disebabkan karena burung tersebut yang mempunyai repertoar yang kecil. Namun selain hal tersebut, murai batu yang bersuara ngeban bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti berikut ini:

  • Selama dirawat, burung murai batu jarang mendapatkan suara masteran,
  • Burung yang tidak berada dalam kondisi birahi yang cukup / kurang birahi,
  • Selalu ditempel dengan murai batu lain yang bersuara alami / suara hutan,
  • Burung yang sedang kurang fit juga akan cenderung bersuara ngeban.

Untuk mengatasi masalah burung murai batu yang bersuara ngeban tersebut, maka perlu melalukan pelatihan rutin setiap harinya, mulari dari pemasteran dengan suara kicauan burung yang bervariasi, memutarkan suara terapi alam, memberikan pakan tambahan dalam jumlah yang cukup, pengembunan teratur, dan rutin melatih burung di kandang umbaran.

BACA JUGA  Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Selain itu, burung murai batu tersebut perlu juga diberikan suplemen tambahan seperti Sup Plus Bird yang bermanfaat tidak hanya untuk menjaga kondisinya saja tetapi juga untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan otaknya. Dengan demikian, burung murai batu akan mempunyai kemampuan meniru yang lebih baik sehingga terpancing untuk bersuara dengan lagu-lagu yang bervariasi.

Suplemen Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang dibutuhkan burung untuk meningkatkan birahi dan metabolismenya. Pemberian suplemen ini secara rutin akan menjadikan burung lebih rajin bunyi dengan suara yang lebih lantang.

Sup Plus Bird bisa didapatkan di TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga melakukan pembelian via whatsapp di nomor: 087738873034

Itulah tips mengenai penyebab dan cara mengatasi murai batu yang bersuara ngeban saja.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here