krokot kenari

Manfaat dan cara pemberian daun krokot untuk burung kenari

Krokot adalah jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di pinggiran jalan, kebun, dan halaman. Tapi siapa sangkar, tanaman ini kini sedang banyak dicari oleh para kenari mania. Selain dipercaya mampu jadikan suara kenari makin panjang, tanaman ini juga dikenal dengan manfaatnya. Berikut manfaat dan cara pemberian daun krokot untuk burung kenari. 

krokot kenari

 

Krokot termasuk dalam salah satu jenis tanaman liar yang bisa tumbuh di berbagai habitat. Ada sekitar 100 jenis tanaman krokot yang ditemukan di wilayah tropis, namun salah satu jenisnya yang cukup dikenal adalah Portulaca oleracea. Jenis tanaman krokot ini dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sebagai tanaman herbal yang dikenal dalam dunia kesehatan, krokot pun menjadi salah satu jenis tanaman yang paling banyak dicari kicaumania. Tanaman liar ini dipercaya memilik beragam manfaat untuk burung peliharaan, terutama jenis kenari.

Tanaman krokot liar
Tanaman krokot liar

Daun krokot kaya akan omega tiga. 100 gram daun krokot segar mengandung sekitar 225-300 mg asam linolenat. Untuk satu cangkir daun krokot rebus bahkan mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU Vitamin A, dan asam amino yang baik untuk tubuh.

Baca:   Vitamin yang bagus untuk burung lomba

Selain itu, daun krokot juga mengandung KCI, Nicotinic acid, tanin, saponn, KSO4, dopain, Vit A, B, C, I-noradrenalin, noradrenalin, dan KNO3. Daun krokot juga menjadi sumber beberapa vitamin B kompleks seperti ribofalvin, niacin, pyridoxine, dan karotenoid. Beberapa zat mineral seperti Besi, Magnesium, Kalsium, Kalium, dan Mangan juga terdapat dalam selembar daun krokot.

Karena kandungannya yang lengkap itulah, daun krokot banyak digunakan para kenari mania untuk momongannya. Adapun beberapa manfaat daun krokot untuk burung kenari adalah:

  • Menjadikan kenari bersuara jernih dan panjang
  • Mendongkrak stamina
  • Menjadikan burung lebih aktif dan rajin bunyi

Cara memberikan daun krokot pada burung kenari

Daun krokot bisa diberikan dengan cara digantungkan dalam sangkar hariannya. Namun sebelumnya tanaman ini harus dibersihkan dahulu dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Baca:   Cara menjaga kualitas suara dan penampilan burung kenari 

Walaupun begitu, manfaat krokot tidak akan bisa dinikmati jika burung kenari tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Oleh karenanya, pastkan Anda tidak menghilangkan pakan utama maupun pakan tambahannya yang lain seperti buah dan sayur-sayuran.

Agar hasilnya bisa lebih maksimal, maka selain melakukan perawatan harian yang rutin. Anda juga harus selalu memperhatikan kebutuhan nutrisinya dengan memberikan suplemen mutivitamin dan multimineral seperti Sup Plus Bird untuk menjaga kondisi burung kenari kesayangan.

Sup Plus Bird adalah salah satu suplemen multivitamin dan multimineral dengan kandungan asam amino dan protein yang baik untuk burung peliharaan. Pemberian suplemen ini secara rutin dapat menjadikan burung lebih rajin berbunyi dengan suaranya yang lebih kencang.
Untuk informasi cara mendapatkan suplemen Sup Plus Bird dan cara pemakaiannya, silakan kunjungi link berikut ini: SUP PLUS BIRD 
Sup Plus Bird bisa didapatkan di TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga melakukan pembelian via whatsapp di nomor: 087738873034
Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips agar mozambik cepat gacor untuk masteran kenari

Mozambik dikenal dengan nama Green singing finch, adalah spesies burung kicau yang berasal dari Afrika. Meski bertubuh kecil, namun suara mozambil cukup lantang terdengar, tak heran kalau burung ini kerap dijadikan masteran untuk kenari. Suaranya yang ngerol bisa menjadikan kenari memiliki lagu-lagu yang panjang. Baca:   Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar
Read more
pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Read more
memilih dan merawat walang kecek untuk masteran loveinrd

Tips memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran

Walang kecek (Orthoptera tettigoniidae) atau dikenal juga dengan nama belalang kerek / rusa adalah sejenis serangga kecil yang cukup popular di kalangan kicaumania. Suaranya yang keras dan rapat menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk masteran burung peliharaan, terutama lovebird. Berikut cara memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran lovebird. Baca:   Memilih masteran yang sesuai untuk kenari
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by