murai batu angkat kaki sebelah

Kenali penyebab murai batu sering mengangkat sebelah kaki

Kaki pincang menjadi masalah umum yang sering dialami oleh burung murai batu. Hal ini bisa tampak dari perilakunya yang sering mengangkat sebelah kaki ketika berdiri. Masalah kaki ini tidak hanya menimpa burung yang dipelihara dalam sangkar harian saja, melainkan bisa juga terjadi pada murai batu yang sedang diternak.

Permasalahan di seputar kaki burung peliharaan memang menjadi masalah yang cukup pelik. Kondisi ini bisa menimpa semua jenis burung peliharaan yang dirawat tanpa penanganan yang tepat.

Jika burung murai batu selalu mengangkat salah satu kakinya ketika berdiri, maka hal ini bisa saja disebabkan oleh:

  • Otot kaki keram atau kejang karena burung yang kurang aktif. Penyebabnya antara lain sangkar yang terlalu kecil, tenggeran yang tidak sesuai, atau bisa juga disebabkan oleh burung yang jarang dilatih di kandang umbaran dan jarang dijemur.
  • Luka atau cedera pada bagian kuku kakinya, hal ini umumnya disebabkan oleh kuku burung yang terlalu panjang sehingga rentan terluka / copot.
  • Luka atau cedera paga kaki maupun telapak kakinya, hal ini bisa disebabkan oleh kaki burung tertusuk duri atau ujung paku di sangkar, potongan kayu kecil, dan bisa juga karena infeksi jamur ataupun penyakit.
  • Kaki burung yang patah, karena terbentur benda di dalam sangkarnya, sangkar terjatuh, atau akibat diserang hewan predator seperti tikus.

Untuk mengatasi masalah murai batu yang sering mengangkat sebelah kakinya itu, maka beberapa cara pengobatan berikut ini bisa diterapkan:

  1. Tangkap dan pegang burung dengan lembut / tidak kasar, setelah itu obati bagian kakinya yang bermasalah dengan menggunakan salep khusus yang dioleskan merata pada bagian yang terdampak.
  2. Jika kaki burung kaku atau keram, bisa diatasi dengan membalutkan kapas atau kain yang telah dibasuhi dengan air hangat pada bagian kaki yang keram tersebut.
  3. Jika terdapat luka pada bagian kakinya, maka bersihkan dahulu dengan cairan antiseptik / obat merah utuk mencegah infeksi.
  4. Selama mendapatkan pengobatannya, burung murai batu tersebut sebaiknya ditempatkan di tempat yang tenang untuk mempercepat pemulihannya.
  5. Dan untuk mendukung pengobatannya, berikan suplemen Sup Plus Bird yang bisa membantu menjaga kondisi burung selama pemulihannnya.
Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara mencegah dan mengatasi burung kolibri yang stres

Burung-madu aka kolibri rentan alami stres jika tidak mendapatkan perawatan yang baik. Biasanya, untuk memulihkannya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk burung bisa kembali rajin berbunyi. Sebagai panduan, berikut cara mengatasi burung kolibri yang stres.
Read more

Cara memaksimalkan volume suara murai batu

Bersuara lantang dengan lagu isian yang bervariasi menjadikan murai batu sangat digemari oleh banyak kalangan. Meskipun begitu, tak sedikit juga yang mengeluh kalau murai batu rawatannya tidak mampu bersuara maksimal. Suaranya bahkan tertiban oleh suara burung lain di sekitarnya. Untuk mengatasinya, simak cara memaksimalkan volume suara murai batu berikut ini.
Read more

Beberapa sebab muray bakalan cepat matii

SERING kita jumpai para penghoby MB mengeluh “Murai yang baru saya beli kemaren setelah dirawat 3 hari mati” atau malahan sudah dirawat sebulan dan sudah mulai bunyi tiba tiba mati tanpa sebab yang jelas…..berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi umur pendek dari MB bakalan tersebut. 1. MB baru hasil tangkapan hutan cendrung mempunyai tingkat strees yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by