Bersuara lantang dengan lagu isian yang bervariasi menjadikan murai batu sangat digemari oleh banyak kalangan. Meskipun begitu, tak sedikit juga yang mengeluh kalau murai batu rawatannya tidak mampu bersuara maksimal. Suaranya bahkan tertiban oleh suara burung lain di sekitarnya. Untuk mengatasinya, simak cara memaksimalkan volume suara murai batu berikut ini.

Banyak penyebab mengapa burung murai batu tidak bisa bersuara dengan kencang. Beberapa penyebab yang cukup umum adalah burung yang alami suara serak, gangguan pernafasan, hingga kondisi murai batu yang sedang tidak fit.

Untuk mengatasinya, tak sedikit kicaumania yang akan melakukan beragam cara demi menjadikan murai batu rawatannya bersuara dengan lebih lantang. Perawatan yang dilakukan mulai dari menerapkan metode gurah hingga terapi-terapi yang dipercaya bisa membantu memaksimalkan suara kicauannya.

Tips berikut ini merupakan metode rawatan yang umum dan banyak dilakukan para murai batu mania ketika menghadapi momongannya yang bersuara tidak maksimal. Pola rawatan ini bisa dilakukan selama dua – tiga minggu atau sampai suara burung telah sesuai dengan yang diinginkan.

BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird snot

Simak beberapa cara memaksimalkan suara murai batu berikut ini:

  1. Melatih burung murai batu di kandang umbaran secara rutin setiap hari.
  2. Mengurangi durasi penjemuran dari yang biasa dilakukan.
  3. Memandikan burung murai batu dengan lebih rutin dan teratur.
  4. Mengurangi pemberian pakan jangkrik selama masa terapi.
  5. Mengurangi kroto atau hanya diberikan setiap 1 minggu sekali.
  6. Selama masa perawatannya, murai batu diberikan pakan voer yang banyak memiliki kandungan gizinya
  7. Selama itu juga, murai batu diberikan air minum larutan.
  8. Memberikan waktu istirahat yang cukup setiap malam.
  9. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin.
  10. Selalu menjaga kebersihan sangkarnya. Kotoran yang selalu menumpuk bisa menjadi tempat bersarang parasit dan bakteri yang dapat menggangu organ pernafasan dan suaranya.

Selain pola rawatan di atas, memaksimalkan suara murai batu juga bisa dilakukan dengan memberikan suplemen yang tepat salah satunya adalah Sup Plus Bird.

BACA JUGA  Cara merawat burung murai batu yang kurang birahi
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Suplemen Sup Plus Bird bisa diberikan karena memiliki kandungan multivitamin, multimineral, protein, dan asam amino yang dibutuhkannya untuk bersuara dengan lebih lantang.

Sup Plus Bird juga memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk murai batu dan semua jenis burung kicauan lainnya. Berikut beberapa manfaat Sup Plus Bird unutk burung peliharaan:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Menjadikan burung tambah rajin bunyi / gacor,
  • Melancarkan pernafasan sehingga burung bisa bersuara dengan lebih lantang dan maksimal,
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya,
  • Menjadikan burung tampil dengan lebih ngotot.

Suplemen Sup Plus Bird bisa dibeli di TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga dipesan melalui Whatsapp di no: 087738873034

Demikan cara memaksimalkan volume suara burung murai batu.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here