murai batu mandi malam

Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Mandi malam merupakan salah satu bentuk terapi yang umum dilakukan kicaumania kepada burung kesayangannya. Mandi malam diyakini bisa menstabilkan birahi burung sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal. Untuk burung murai batu, terapi mandi malam bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut. 

Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Mandi malam lebih tepat dianggap sebagai bentuk terapi karena termasuk jenis perawatan yang diluar kebiasaan. Ada beberapa manfaat mandi malam untuk burung murai batu, yaitu:

  • Mandi malam untuk meningkatkan mental murai batu
  • Mandi malam untuk membantu proses penjinakan
  • Mandi malam untuk atasi burung yang over birahi
  • Mandi malam membantu agar burung lebih rajin berkicau

Akan tetapi, sebelum mulai melakukan terapi mandi malam pada burung murai batu, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Mandi malam bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi cuaca dan suhu saat itu. Jika suhu terlalu dingin karena sedang turun hujan, maka mandi malam sebaiknya tidak perlu dilakukan. Mandi malam akan lebih bagus dilakukan ketika cuaca pada malam hari sedang cerah / kering.
  2. Pastikan juga burung murai batu yang akan diberikan terapi mandi malam berada dalam kondisi fisik yang sehat. Jika murai batu yang sedang kurang fit atau sakit dipaksakan untuk mandi malam, maka dapat menyebabkan penyakitnya bertambah parah dan burung pun akan rentan stres.

Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Terapi mandi malam bisa dilakukan pada malam hari, atau pukul 1930 s/d 21:30. Cara memandikan burung murai batu di malam hari dilakukan dengan metode disemprot hand sprayer, atau bisa juga mandi karamba jika burung sudah terbiasa menggunakannya. Cara lain adalah memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya, lalu burung disemprot halus untuk merangsang cepat mandi.

Setelah terapi mandi malam, burung diangin-anginkan di ruangan yang terang. Untuk menjaga kondisinya, berikan pakan tambahan kesukaannnya seperti jangkrik atau kroto. Nantinya, setelah bulu-bulu mulai mengering, burung murai batu tersebut kemudian diberikan full kerodong dan dibiarkan istirahat total sampai esok paginya, yaitu untuk pengembunan.

Untuk memaksimalkan hasil terapi tersebut, serta untuk menjaga kondisinya, pada pagi hari setelah diberikan mandi malam, burung murai batu tersebut diberikan suplemen SUP PLUS BIRD, yaitu suplemen yang mengandung multivitamin, multimineral, dan asam amino yang dibutuhkan burung.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina dan daya tahannya karena memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, suplemen ini juga memiliki beragam manfaat lainnya, yaitu:

  • Menjadikan burung tambah gacor,
  • Membuat suara jadi lebih kencang,
  • Menjadikan burung tampil ngotot,
  • Dapat mengatasi burung yang macet bunyi, dsb.

Sup Plus Bird bisa dibeli di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Atau bisa juga melakukan pembelian via pesan whatsapp di nomor: 087738873034 

Semoga manfaat

Related Articles

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more
cara memaster lovebird

Cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerja

Read more

Solusi kenari sering turun tangkringan saat lomba

Penampilan kenari saat berlomba akan menjadi tidak maksimal jika burung kerap berhenti bunyi dan turun dari tenggerannya. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan fisik dan mentalnya. Untuk mengatasinya, simak tips dan solusi untuk kenari yang sering turun tangkringan berikut ini.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by