Meski dikenal gampang dirawat dan cepat adaptasi, namun seperti juga burung piaraan lainnya, lovebird pun bisa alami macet bunyi. Burung yang macet bunyi tentu tidak akan bisa tampil seperti biasanya, baik sebagai masteran maupun dilombakan. Oleh karena itu, penanganan yang tepat harus segera dilakukan agar lovebird bisa kembali berkicau penuh semangat.

setting lovebird betina untuk lomba

 

Perawatan lovebird agar tetap aktif dan rajin bunyi tidaklah cukup hanya dengan memberinya makanan saja, tapi juga harus disertai dengan pola rawatan yang lain, termasuk juga memahami apa kebutuhannya. Dengan demikian, burung akan merasa lebih nyaman sehingga terhindar dari stres, ngedrop, dan macet bunyi.

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa lovebird yang tadinya rajin bunyi mendadak menjadi jarang mengeluarkan suara ocehannya. Untuk mengetahui apa sajakah itu, berikut beberapa hal umum penyebab lovebird macet bunyi.

1. Perawatan yang kurang tepat

Lovebird yang semula rajin ngekek, kemudian jadi jarang bunyi atau macet bunyi biasanya terjadi karena perawatan yang kurang tepat. Hal ini sangat sering dialami oleh kicaumania yang baru membeli lovebird yang sudah rajin ngekek, namun ketika di rumah, burung hanya dirawat ala kadarnya saja.

Karena itulah, penting sekali bagi kita untuk mengetahui setelan pakan dan perawatan yang tepat agar lovebird yang kita pelihara itu tetap berada dalam kondisinya. Untuk mengetahui setelan dan perawatan lovebird agar selalu aktif dan rajin ngekek, silakan simak tulisan berikut:

  1. Pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang
  2. Settingan lovebird paruh merah
  3. Settingan lovebird paruh putih

2. Burung terlalu gemuk

Obesitas atau kegemukan menjadi momok yang terus menghantui penggemar burung kicauan. Selain bisa menjadikan burung kurang aktif dan malas berkicau, kegemukan ini juga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatannya.

Kegemukan tak hanya menjadikan burung gacor jadi macet bunyi saja, tapi juga dalam sebuah penangkaran burung, masalah kegemukan bisa menjadi penyebab terhambatnya proses produksi.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Mengatasi lovebird yang kegemukan tentu tidak cukup hanya dengan mengurangi makanan hariannya saja, tapi juga harus dibarengi dengan pola rawatan teratur lain seperti rajin dilatih di kandang umbaran, dijemur di bawah sinar matahari, serta menyediakan beberapa jenis sayuran hijau.

3. Macet bunyi akibat mabung

Lovebird yang sedang mabung pun akan cenderung berubah perilakunya. Burung yang tadinya rajin ngekek akan menjadi jarang ngekek atau bahkan macet bunyi. Hal ini merupakan kondisi yang wajar karena pada masa ini, burung akan menyimpan energinya untuk menyelesaikan mabungnya.

Hindari mengganggu proses mabung dengan melombakan atau terus memancingnya untuk aktif dan rajin bunyi. Selain bisa menghambat proses pertumbuhan bulu, juga akan menyebabkan burung macet bunyi untuk waktu yang cukup lama.

Selama mabung, lovebird sebaiknya diberikan pakan dan suplemen yang tepat. Pakan seperti Milet Manyi disertai dengan pemberian suplemen Sup Plus Bird dapat membantu proses mabungnya berjalan sempurna namun dengan kondisi burung yang tetap fit.

Burung yang sedang sakit

Tidak seperti jenis piaraan lainnya, lovebird termasuk jenis burung yang pandai menyembunyikan kondisi kesehatannya. Burung yang tadinya aktif bisa saja sedang dalam keadaan sakit, sehingga sangat rentan macet bunyi.

Untuk mengenali ciri-ciri burung sedang sakit bisa diketahui dari bentuk kotoran dan tatapan matanya. Lovebird yang macet bunyi karena sakit, umumnya memiliki tatapan mata yang sayu dan berair, selain itu kotorannya pun akan selalu encer.

Untuk mengatasinya, berikan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi misalnya milet Manyi yang dilengkapi dengan pakan tambahannya. Selain itu, berikan juga suplemen yang mengandung multivitamin dan multimineral seperti Sup Plus Bird untuk memperbaiki kondisinya.

BACA JUGA  Milet manyi ampuh untuk lovebird macet bunyi

Macet bunyi akibat stres

Stres adalah penyebab palin umum lovebird macet bunyi. Beberapa penyebab lovebird stres antara lain: burung yang terlalu lama sendirian tanpa teman / pasangan, selalu diganggu oleh burung lain, merasa kurang nyaman dengan sangkar maupun lingkungannya, serta burung yang sering alami kekurangan gizi.

Untuk mengatasi lovebird yang macet bunyi karena stres bisa dilakukan dengan mengamati permasalahan sebenarnya, baru diberikan penanganan yang dibutuhkan. Untuk itu, silakan simak artikel berikut ini:

Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres 

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird yang macet bunyi. Untuk mendapatkan milet Manyi dan suplemen Sup Plus Bird, Anda bisa membelinya melalui TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga melakukan pembelian via whatsapp di nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here