Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Bagus tidaknya penampilan lovebird di lapangan tidak terlepas dari pola rawatan harian yang diterapkan pemiliknya. Lovebird yang dirawat dengan penuh ketelatenan, tentu akan memberi kebanggaan tersendiri jika burung tersebut moncer di arena lomba. Namun begitu, setiap lovebird mania tentu punya cara perawatan masing-masing yang bisa memaksimalkan penampilan momongannya.

Selain perawatan harian yang rutin, pemberian pakan dan suplemen yang tepat dapat membantu meningkatkan stamina lovebird saat dilombakan. Kondisi tersebut tentu akan menjadikan burung mampu tampil dengan lebih maksimal, bahkan bisa bersuara ngekek panjang.

Untuk memaksimalkan penampilannya sewaktu bertanding, maka menjaga dan meningkatkan staminanya menjadi faktor utama yang harus diperhatikan dalam perawatan harian dan lomba burung lovebird.  Ada dua cara meningkatkan stamina burung, yaitu melalui perawatan harian dan pemberian pakan serta suplemennya.

Untuk membantu pemula mengatasi lovebird miliknya yang cenderung lesu dan tidak mau tampil saat dilombakan, berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan yang bisa Anda terapkan.

A. Perawatan harian untuk meningkatkan stamina lovebird 

  • Setiap pagi, burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diangin-anginkan selama +/- 1 jam.
  • Sekitar pukul 07:00 s/d 08:00, lovebird dimandikan dengan cara disemprot atau mandi karamba.
  • Selesai dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu-bulunya yang masih basah. Proses ini biasanya hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit, setelah itu lovebird dijemur di bawah sinar matahari.
  • Untuk melatih fisik dan staminanya, tahap penjemuran biasanya dilakukan sampai pukul 13:00 siang.
  • Selesai dijemur, burung kemudian diangin-anginkan di tempat yang teduh dan sejuk, serta sedikit berangin.
  • Berikan pakan tambahan yang disukainya, terutama dari jenis buah dan sayuran.
BACA JUGA  Cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami

B. Meningkatkan stamina lovebird dengan pakan 

Mendongkrak stamina lovebird agar mampu tampil maksimal di lapangan juga bisa dilakukan melalui pemberian pakan yang tepat. Pakan yang dikonsumsi sebaiknya yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, serta bisa menjadi sumber energi yang baik untuk burung. Berikut beberapa pakan yang bisa diberikan untuk mendongkrak stamina lovebird lomba.

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Jagung manis
    Jagung manis yang digunakan adalah jagung yang masih segar atau baru dipetik. Bijinya yang manis dan mudah dicerna sangat disukai lovebird. Selain itu, jagung manis juga memiliki manfaat yang baik untuk lovebird, di antaranya adalah meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat menjaga kesehatan matanya.
  • Buah apel merah
    Apel merah disukai lovebird karena rasanya yang lebih manis daripada apel yang berwarna hijau. Khasiat apel merah adalah untuk meningkatkan stamina burung dengan cepat. Lovebird yang selalu terlihat lemas, lesu, dan kurang bergairah dapat diberikan pakan berupa potongan apel merah setiap harinya.
  • Biji berkecambah
    Biji berkecambah diketahui mempunyai manfaat dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada biji-bijian yang masih mentah. Selain itu, biji berkecambah juga bisa meningkatkan stamina burung yang rutin mengkonsumsinya.
  • Milet putih
    Meskipun lovebird adalah pemakan biji-bijian, namun pakan yang umum dikonsumsi lovebird peliharaan dan lomba adalah milet putih. Pakan milet putih dianggap cukup aman dikonsumsi lovebird karena tidak menyebabkan kegemukan dan over birahi jika burung terlalu berlebihan menyantapnya.

Ada banyak variasi milet putih di pasaran, namun yang lebih bagus dikonsumsi burung adalah pakan milet yang sudah diolah dengan bahan bermanfaat, yaitu milet Cinderella dan Volume+. Keduanya adalah pakan milet kemasan yang banyak direkomendasikan pemain lovebird karena sudah terbukti menjadikan burung kesayangannya tampil maksimal di lapangan.

BACA JUGA  Tips merawat burung muray batu bakalan muda hutan

C. Meningkatkan stamina lovebird dengan suplemen 

Kebutuhan lovebird akan nutrisi sebenarnya masih kurang lengkap jika hanya mendapatkan asupan pakan dari milet putih dan beberapa jenis buah dan sayurannya. Oleh karena itu, cara paling aman untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya tanpa memberikan tambahan pakan yang lain adalah dengan memberinya multivitamin / suplemen.

Suplemen yang bagus tentu tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kondisi dan kesehatannya saja, melainkan juga cukup ampuh untuk meningkatkan staminanya dengan cepat. Salah satu suplemen yang bisa dicoba adalah Sup Plus Bird, karena memiliki kandungan zat aktif yang sangat baik untuk burung.

Beberapa manfaat Sup Plus Bird untuk lovebird adalah:

  • Mendongkrak stamina dan daya tahan lovebird pada saat dilombakan
  • Meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menggacorkan burung
  • Menjadikan suara lebih kencang
  • Membuat suara ngekek jadi lebih panjang

Suplemen Sup Plus Bird tidak hanya baik diberikan untuk lovebird saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kicauan lain seperti kacer, murai batu, pleci, ciblek, dll.

Suplemen ini kini bisa didapatkan melalui Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak WhatsApp (WA) di nomor: 087738873034

Demikian tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here