Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Over birahi adalah sebuah kondisi ketika burung mengalami birahi yang terus meningkat yang disebabkan oleh pola rawatan maupun pemberian pakan yang kurang tepat. Jika kondisi ini menimpa burung peliharaan atau lomba, maka yang terjadi adalah penurunan kualitas dan penampilannya. Berikut tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi.

Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi
Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Secara umum, ada tiga cara yang dianggap cukup ampuh untuk memulihkan kondisi lovebird yang mengalami over birahi, yaitu:

Cara kesatu

  • Lovebird hanya diberikan pakan bijian yang terdiri dari milet putih saja. Pastikan juga milet yang diberikan berasal dari milet yang berkualitas. Untuk itu, Anda bisa menggunakan milet Cinderella yang sudah diracik khusus untuk berbagai kebutuhan burung peliharaan.
  • Selama terapi pemulihan, lovebird sebaiknya tidak dimandikan dahulu. Selain itu, durasi penjemurannya pun dikurangi dari biasanya.
  • Untuk sementara waktu, lovebird tidak diberikan pakan tambahan yang berupa jagung muda dan kangkung sampai kondisinya telah benar-benar pulih.
  • Selama masa pemulihan, lovebird diberikan full kerodong.
  • Lakukan terapi mandi malam jika dibutuhkan.
Baca:   Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Cara kedua 

  • Lovebird hanya diberikan pakan berupa milet putih saja, pastikan juga milet yang diberikan tersebut adalah milet yang baik kualitasnya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan milet Cinderella karena sudah diracik terlebih dahulu dengan beragam bahan yang bermanfaat.
  • Pada metode kali ini, mandi bisa dilakukan dua kali sehari, setelah itu sangkar diberikan full kerodong.
  • Pemberian pakan tambahan berupa kangkung hanya diberikan sebanyak 1 batang saja, dan dilakukan satu hari (H-1) sebelum burung akan dilombakan.
  • Pada hari-H, pemberian kangkung bisa ditingkatkan menjadi dua batang.

Cara ketiga 

  • Lovebird diberikan pasangan untuk dikawinkan. Cara ini dinilai lebih efektif karena bisa memberikan dua keuntungan, yaitu burung bisa bertelur dan menghasilkan keturunan serta birahi yang sudah terlampiaskan.  Bahkan tak sedikit, lovebird yang sudah menghasilkan telur atau membawa anak, bisa tetap jawara di arena lomba.
Baca:   Settingan lovebird paruh putih gacor dan fighter

Mengapa milet Cinderella? 

Milet Cinderella adalah pakan milet kemasan yang sudah diracik sedemikian rupa dengan beragam bahan yang bermanfaat. Pakan ini cukup dikenal di kalangan penggemar lovebird di beberapa daerah karena manfaatnya yang baik untuk burung.

  • Adapun beberapa manfaat milet Cinderella untuk burung lovebird, adalah:
  • Menstabilkan birahi lovebird,
  • Tidak membuat burung over birahi jika dikonsumsi secara berlebihan,
  • Tidak membuat burung kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird selama dilombakan,
  • Menjadikan lovebird makin rajin ngekek dengan volume kencang,
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird,
  • Menjadikan lovebird tetap sehat dan aktif

Milet Cinderella kini bisa dipesan langsung melalui Tokopedia dan Bukalapak,  atau bisa juga melakukan pembelian via Whatsapp di nomor: 087738873034 

Demikian tiga cara ampuh atasi lovebird over birahi.

Semoga manfaat

Related Articles

Mengenali permasalahan dalam penangkaran lovebird

Love bird banyak dicari dan dipelihara untuk masteran, lomba ataupun dikembang biakan melalui penangkaran. Banyak dari kita yang berhasil mengembang biakan burung yang cukup populer ini dan banyak juga yang mengaku mengalami kesulitan terutama dalam masalah reproduksi, misalnya burung yang terlihat kawin tetapi tidak kunjung bertelur atau burung yang berhasil bertelur tetapi nyatanya telur tersebut […]
Read more
tips perawatan kenari

7 tips perawatan kenari agar tetap bugar dan rajin bunyi

Memelihara burung kenari agar selalu fit dan rajin bunyi membutuhkan penanganan yang sangat teratur. Dengan terjaga kondisinya sepanjang hari, maka burung pun akan selalu bersemangat untuk mengeluarkan suara kicauannya yang merdu. Untuk itu, berikut 7 tips perawatan kenari agar tetap bugar dan rajin bunyi. Baca:   Cara memahami karakter lovebird
Read more
cara memaster lovebird

Kenali ciri-ciri lovebird yang sudah siap lomba

Perawatan lovebird untuk dilombakan terkadang bisa sangat menyulitkan, apalagi jenis burung ini diketahui mudah birahi. Tanpa perawatan yang tepat, lovebird tidak akan bisa tampil maksimal di arena lomba. Itu sebabnya, lovebird mania harus bisa mengenali ciri-ciri lovebird yang sudah siap lomba, khususnya untuk memudahkan perawatan dan menyiapkan sebagai burung lomba. Baca:   Cara memilih bahan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by