kacer macet bunyi

Solusi jitu mengatasi kacer macet bunyi

Jika burung kacer yang biasa dilombakan mengalami masalah macet bunyi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa penyebabnya. Banyak faktor bisa menjadi penyebab kacer macet bunyi, dengan mengetahui penyebabnya maka kicaumania bisa segera memberikan tindakan yang diperlukan.  Sebagai panduan, simak solusi jitu mengatasi kacer macet bunyi berikut ini.

Umumnya, kacer macet bunyi karena sedang memasuki masa mabung. Namun jika hal ini terjadi di luar masa mabung, maka beberapa kemungkinan bisa terjadi seperti burung yang stres, mental ngedrop, tidak fit karena sakit, atau bisa juga akibat pola rawatan yang berubah / kurang tepat.

Beberapa penyebab kacer macet bunyi

  • Kacer macet bunyi karena sedang memasuki masa mabung akan lebih mudah diidentifikasi dari kondisi fisik dan perilakunya misalnya kurang nafsu makan, burung yang kurang aktif, bulu yang terlihat kusam, dan ada bulu halus berserakan di dasar sangkarnya.
  • Kacer macet bunyi karena stres, biasanya disebabkan burung yang trauma karena sangkar terjatuh, terlalu ketakutan, atau diserang binatang lain seperti ular, kucing, musang, dll.
  • Kacer macet bunyi karena ngedrop mental umum terjadi setelah burung diadu/ dilombakan dengan kacer-kacer lain yang lebih mapan. Hal ini bisa juga disebabkan oleh umur burung yang terlalu muda ketika dilombakan dan belum siap lomba.
  • Pola perawatan yang selalu berubah atau tidak tepat bisa juga menjadi pemicu kacer rentan stres dan berhenti berkicau. Selain perawatan harian, kacer yang sedang sakit karena terganggu kesehatannya pun sangat rentan mengalami
  • Kacer yang mengalami gangguan kesehatan pun rentan macet bunyi. Kondisi yang bisa mempengaruhi di antaranya adalah gangguan pada tenggorokan atau pernafasan.
Baca:   Tips mengatasi lovebird paud yang ngering

Solusi jitu atasi kacer macet bunyi 

Kacer yang macet bunyi tentu harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Jika dibiarkan maka kondisinya bisa bertambah parah, dalam beberapa kasus burung akan menjadi bisu permanen. Oleh karena itu, perawatan yang tepat dengan menyediakan pakan dan suplemen yang dibutuhkan bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa solusi jitu untuk atasi kacer yang macet bunyi:

  • Selama pemulihan, kacer ditempatkan di tempat yang lebih sejuk dan tenang.
  • Setiap pagi, kacer diembunkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, misalnya di teras rumah atau pada batang sebuah pohon rindang.
  • Berikan kroto sebanyak satu cepuk kecil pada saat pengembunan. Pemberian kroto bisa dilakukan setiap dua – tiga hari sekali. Setelah matahari terbit, berikan pakan tambahan (EF) lain seperti jangkrik sebanyak 4-5 ekor setiap hari.
  • Pada siang s/d sore harinya, kacer tersebut diputarkan suara terapi untuk merangsangnya kembali berbunyi. Suara terapi yang diputarkan bisa berupa suara alam (Natural Therapy), suara kacer betina, atau suara sungai mengalir.
  • Berikan pakan voer kemasan dengan kandungan nutrisi yang lebih lengkap.
  • Tambahkan suplemen yang sesuai. Pemberian suplemen tersebut untuk mendukung dan mempercepat proses pemulihan sehingga kacer bisa kembali rajin bunyi.
  • Setelah kondisinya semakin membaik, berikan pelatihan dengan memanfaatkan kacer lain yang mempunyai mental kurang bagus. Metode ini dikenal juga dengan sebutan “untulan”, dan bertujuan untuk mengangkat mentalnya sehingga bisa kembali untuk berlomba.
Baca:   Khasiat ulat jerman untuk gacorkan jalak suren

Perlu diperhatikan

Suplemen yang baik diberikan untuk mengatasi masalah kacer yang macet bunyi adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini baik diberikan karena memiliki sejumlah zat aktif yang bermanfaat sebagai anti stres. Jika rutin dikonsumsi, maka bisa mempercepat pemulihannya sehingga kacer akan terangsang untuk kembali rajin berkicau.

Pemberian suplemen Sup Plus Bird baik juga diberikan pada berbagai jenis burung kicauan lain seperti lovebird, pleci, murai batu, ciblek, dll. Selain untuk mengatasi burung yang macet bunyi, Sup Plus Bird juga memiliki sejumlah manfaat penting lain yaitu:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung
  • Memaksimalkan volume suara kicauan
  • Membangkitkan mental
  • Membuat burung tambah gacor
  • Meningkatkan metabolisme

Suplemen Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak WA di no: 087738873034

Demikian ulasan dan solusi jitu untuk mengatasi kacer macet bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Perawatan tepat agar blackthroat rajin bunyi

Blackthroat termasuk burung favorit kicaumania Indonesia yang memiliki suara kicauan ngeroll. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Nah seperti apa perawatan tepat yang bisa membuat blackthroat rajin berbunyi ini, mari kita simak berikut ini.    Jika kita memiliki burung blackthroat di rumah, maka pastikan kita telah memiliki […]
Read more

Penyebab harga lovebird turun

Beberapa tahun lalu harga jual burung lovebird di pasaran cukup menggiurkan, bahkan untuk lovebird bahan warna hijau saja dibanderol dengan harga Rp 600.000 / ekornya. Kondisi ini pun memicu penangkaran secara berlebihan di kalangan penggemarnya, yang pada akhirnya justru membuat harga jualnya makin tidak stabil dan cenderung terus menurun. Apakah harga lovebird bisa naik?Tujuh penyebab […]
Read more
kacer buka ekor

Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor

Kacer dikenal sebagai burung petarung (fighter) dengan karakte dan gaya uniknya yang disebut “ngobra”. Jika hal itu dilakukan dengan gaya membuka ekor, maka penampilannya akan terlihat makin gagah. Berikut cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor.  Tips & settingan kacer cepat gacor dan ngobraTips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lombaTips menjinakan burung kacerSolusi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?