cara membuat bambu setan untuk lovebird

Settingan lovebird ngekek panjang dengan glodok bambu setan

Pemakaian glodok berbahan bambu kini sedang viral. Sudah banyak lovebird mania yang sudah membuktikan sendiri manfaat glodok yang disebut sebagai bambu setan ini. Selain menjadikan lovebird terbebas dari stres karena kenyamanannya yang tinggi, glodok bambu setan ini juga memiliki manfaat yang lain yaitu menambah durasi ngekek lovebird jadi lebih panjang. 

Tampilan glodok bambu setan tidak seperti glodok yang umum digunakan sebagai tempat bersarang lovebird. Glodok ini lebih cenderung mirip sebuah ruangan khusus yang bisa digunakan burung untuk bersantai / beristirahat.

Glodok bambu setan
Glodok bambu setan

Glodok yang terlihat sederhana ini ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk lovebird, di antaranya adalah:

  • Bermanfaat untuk terapi burung yang stres dan macet bunyi,
  • Membantu pemulihan lovebird yang sakit,
  • Bisa meningkatkan stamina dan mental lovebird,
  • Menjadikan suara ngekek lovebird jadi lebih panjang,
  • Sangat aman dan nyaman.

Untuk cara pembuatan glodok bambu setan, silakan buka lagi artikel berikut ini:

Baca:   Cara membuat glodok bambu setan untuk terapi lovebird ngekek panjang

Settingan lovebird ngekek panjang dengan glodok bambu setan 

Terapi glodok bambu setan bisa diterapkan pada lovebird single fighter atau lovebird yang selama ini dilombakan tanpa untulan.

  • Perawatan harian dimulai sejak pagi, yaitu sekitar pukul 05:00 saat burung diembunkan. Pengembunan rutin bisa menjadikan lovebird makin rajin bunyi dan membuat birahinya lebih stabil.
  • Selama pengembunan tersebut, lovebird tidak diberikan pakan biji-bijiannya melainkan cukup diberikan air putih saja.
  • Setelah matahari terbit atau sekitar pukul 06:00 – 07:00 pagi, lovebird diberikan pakan berupa milet putih. Untuk mendapatkan hasil terapi yang maksimal, berikan pakan milet kemasan yang berkualitas seperti milet Cinderella atau Volume+ yang sudah dikenal di kalangan lovebird mania.
  • Milet Cinderella dan Volume+ adalah pakan milet kemasan yang sudah diracik dengan aneka bahan bermanfaat sehingga sangat baik diberikan pada lovebird lomba. Kombinasi pakan milet ini dengan glodok bambu setan tentu akan menjadikannya makin tambah gacor dengan durasi ngekek yang lebih panjang.
  • Selama terapi dengan glodok bambu setan ini, lovebird tidak diberikan penjemuran untuk sementara waktu.
  • Adapun untuk pemberian mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhannya saja.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lovebird dengan glodok bambu setan adalah memberikan terapi mandi malam dengan lebih rutin. Pemberian mandi malam sangat dibutuhkan untuk menjadikan lovebird lebih rajin ngekek.
  • Mandi malam bisa dilakukan sekitar pukul 19:00 s/d 22:00 malam hari. Setelah dimandikan, burung kemudian diangin-anginkan sebentar lalu kembali dibiarkan beristirahat sampai esok pagi untuk diembunkan.
  • Perawatan di atas harus teratur dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Selama itu pula, Anda bisa mengamati perkembangannya. Jika dirasa cukup memuaskan, lovebird tersebut bisa dilatih dalam ajang latihan bersama / latberan dengan beberapa burung sejenis.
  • Ketika akan dilombakan, burung dipindahkan ke sangkar lain / sangkar lomba yang tidak dilengkapi dengan glodok bambunya.

Demikian tips dan settingan lovebird ngekek panjang dengan glodok bambu setan. Untuk mendapatkan pakan milet Volume+ atau milet Cinderella, silakan kunjungi Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui whatsapp di nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Memulihkan performa burung cendet usai mabung

3 / 100 Meskipun cendet dikenal sebagai jenis burung yang sangat agresif, namun saat sedang mabung perilakunya akan berubah jadi lebih tenang. Itu sebabnya, perawatan yang tepat harus diterapkan untuk menjaga kondisinya agar tidak mudah ngedrop. Berikut tips memulihkan performa burung cendet usai mabung. Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinyaSolusi untuk cendet yang […]
Read more

Tips mengatasi burung anis merah yang sering ngecir

Sobat tahu ngecir? Ngecir adalah istilah yang sering digunakan kicaumania untuk menyebutkan perilaku burung anis merah yang menggetarkan sayapnya sambil bunyi mendesir. Perilaku ini sering dikait-kaitkan dengan jenis kelamin, padahal ngecir bisa saja terjadi pada burung jantan dan betina. Tujuh faktor anis merah bisa tampil maksimalCiri-ciri anis merah over birahi dan cara mengatasinyaVitamin agar anis […]
Read more

Jangan lakukan hal ini saat burung sedang mabung!

8 / 100 Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu yang terjadi secara alamiah. Pada saat itulah, burung akan menggunakan seluruh energi dan waktunya untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Untuk mendukung proses tersebut maka perawatannya harus dilakukan dengan cara yang tepat, termasuk memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat burung sedang mabung. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?