pleci bakalan siap lomba

Ragam cara atasi pleci yang bersuara serak

Pleci yang bersuara serak tentu tidak bisa berkicau dengan lantang. Walaupun memiliki suara isian yang bervariasi, tapi jika dilagukannya dengan suara yang parau tentu tidak akan enak didengar. Ketika dilombakan pun hasilnya tentu tidak sesui harapan. Oleh karena itu, ragam cara atasi pleci yang bersuara serak berikut ini bisa membantu pemulihannya.

Banyak penyebab mengapa suara kicauan burung jadi terdengar agak serak atau parau. Selain disebabkan oleh polusi udara, pleci yang bersuara serak juga bisa diakibatkan oleh kondisi cuaca / lingkungan yang panas, serta adanya infeksi pada organ pernafasannya.

Untuk mengatasi pleci yang bersuara serak, maka diperlukan penanganan yang sangat khusus. Ragam cara bisa dilakukan untuk pemulihan kondisinya, mulai dari memberikan obat-obatan hingga memanfaatkan aneka tanaman herbal.

Berikut ragam cara atasi pleci bersuara serak:

Mengobati serak dengan obat-obatan 

Pleci yang bersuara serak disebabkan oleh infeksi parasit pada organ pernafasannya bisa diatasi dengan memberikan obat yang tepat. Di pasaran sudah banyak dijual obat-obatan khusus burung yang bermanfaat sebagai anti parasit. Anda bisa memilih mana yang tepat menurut Anda.

Biasanya, pleci yang bersuara serak akibat infeksi parasit akan berperilaku seperti bernafas yang diikuti dengan ekor yang naik turun. Tak jarang, muncul suara aneh yang keluar ketika burung bernafas.

Mengobati serak dengan tanaman herbal 

Baca:   Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjang

Selain diobati dengan obat-obatan berbahan kimia, untuk menyembuhkan pleci yang bersuara serak bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan beberapa tanaman herbal berikut ini;

1. Daun saga

Daun saga yang banyak digunakan sebagai obat sariawan dan radang tenggorokan ternyata bisa juga digunakan untuk menyembuhkan pleci yang bersuara serak.  Cara memberikan daun saga pada burung pleci adalah sebagai berikut:

  • Rebus beberapa lembar daun saga dengan 2 gelas air dan 2 sendok teh gula pasir sampai mendidih.
  • Saring air rebusan lalu dinginkan.
  • Setelah dingin, air rebusan daun saga bisa diberikan pada burung.

2. Daun binahong

  • Rebus beberapa lembar daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Air rebusan kemudian disaring lalu didiamkan sampai dingin.
  • Setelah dingin, air rebusan bisa dicampur dengan 2 sendok teh madu atau gula aren.
  • Berikan pada burung pleci yang bersuara serak.

3. Air larutan rasa buah

  • Air larutan dengan rasa buah-buahan bisa dimanfatkan untuk mengatasi pleci yang bersuara serak.
  • Air larutan ini dibeirkan sebagai pengganti air minumnya sampai kondisinya telah benar-benar pulih.

4. Air teh manis.

  • Air teh manis yang sudah didinginkan bisa juga diberikan pada burung pleci yang bersuara serak.

Untuk membantu mempercepat  pemulihannya, pleci yang bersuara serak bisa diberikan suplemen tambahan seperti Sup Plus Bird. Suplemen ini memiliki kandungan zat aktif yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara rutin oleh burung peliharaan.

Baca:   Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemula

Sup Plus Bird tidak hanya sebagai suplemen saja, tapi juga merupakan makanan tambahan yang kaya akan multivitamin, multimineral, protein dan asam amino. Kandungan zat aktifnya mampu menjadikan burung tetap aktif, sehat, dan selalu terjaga kondisinya.

Selain bisa memulihkan kondisi burung yang bersuara serak, Sup Plus Bird juga memiliki beragam manfaat lain yang baik untuk burung, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Menjadikan burung makin rajin bunyi / gacor
  • Meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melancarkan pernafasan sehingga suara jadi lebih plong dan lantang
  • Mengatasi burung yang macet bunyi

Untuk informasi cara mendapatkan suplemen Sup Plus Bird dan cara pemakaiannya, silakan kunjungi link berikut ini: SUP PLUS BIRD 

Sup Plus Bird bisa didapatkan di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga melakukan pembelian via whatsapp di nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

setting lovebird betina untuk lomba

Cara setting lovebird betina untuk lomba

Lovebird yang berjenis kelamin betina termasuk yang paling sering diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Selain dianggap mempunyai birahi yang lebih stabil, lovebird betina umumnya mempunyai suara ngekek yang lebih panjang. Namun tidak berarti lovebird yang berjenis betina bisa begitu saja dilombakan, karena harus dilatih dahulu agar selalu siap lomba. Berikut cara setting lovebird betina untuk lomba. […]
Read more
murai batu kurang ngotot saat lomba

Cara mengatasi murai batu kurang ngotot saat lomba

Penampilan murai batu yang kurang ngotot ketika dilombakan tentu bukan tanpa sebab, karena jenis burung ini terkenal dengan karakternya yang agresif dan sangat teritorial. Berikut cara mengatasi murai batu kurang ngotot saat lomba. Cara mandi malam untuk burung murai batu Perawatan murai batu tua agar tetap prestasiBeberapa tips perawatan murai batu tanpa voerTips melatih mental murai […]
Read more

Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basi

Kroto merupakan salah satu jenis pakan tambahan (EF) yang wajib ada terutama untuk burung-burung pemakan serangga seperti ciblek, murai batu, dsb. Tidak hanya bersifat mengenyangkan saja, tetapi kroto juga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah mendongkrak stamina dan menjadikan burung rajin bunyi. Namun yang menjadi masalah adalah kroto yang cepat basi apalagi jika disimpan berhari-hari. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?