Pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang

Memelihara burung lovebird supaya rajin bunyi dengan suara ngekeknya yang panjang tentu membutuhkan perawatan yang rutin dan teratur. Perawatan tersebut meliputi mandi, jemur, serta memberikannya pakan yang dibutuhkan. Tapi tahukah Anda? Dari semua rawatan yang umum itu, cara yang dianggap ampuh menjadikan lovebird bersuara ngekek panjang adalah memberikan pakan dan suplemen yang mengandung nutrisi tinggi.

pakan suplemen lovebird

Perawatan harian lovebird dimulai sejak burung masih berumur anakan atau paud. Untuk mendukung pertumbuhannya agar optimal, pemilik lovebird akan memberinya pakan harian yang bervariasi mulai dari biji-bijian, buah, dan sayuran. Selain bersifat mengenyangkan, pakan yang bervariasi akan lebih melengkapi kebutuhan nutrisi burung setiap harinya.

Untuk menjadikan burung rawatannya tambah rajin bunyi, pemberian pakan tersebut biasanya akan semakin ditingkatkan. Namun tak jarang, pemberian pakan yang terlalu berlebihan justru akan memberi masalah baru, khususnya yang berkaitan dengan kondisi burung itu sendiri.

Dalam banyak kasus, lovebird yang terlalu berlebihan mengkonsumsi pakan utama dan pakan tambahannya (EF) akan mengalami beberapa masalah yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kegemukan / obesitas, yang bisa menyebabkan burung malas beraktifitas,  termasuk berbunyi.
  • Over birahi, yang bisa menyebabkan perubahan perilaku seperti ngeruji, cabut bulu, sampai malas berbunyi.
BACA JUGA  Empat jenis pakan yang dapat menggacorkan lovebird

Oleh karenanya, pengaturan pola pakan yang baik, terutama pakan biji-bijiannya harus dilakukan untuk mencegah segala permasalahan tersebut.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Perlu juga diperhatikan, bahwa pakan yang dikonsumsi sebaiknya tidak hanya bersifat mengenyangkan saja, tapi juga harus memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung itu sendiri. Penggunaan pakan yang tepat dapat menjadikan lovebird menjadi lebih aktif, rajin bunyi, dan mampu bersuara ngekek panjang.

Pakan biji-bijian yang sudah terkenal di kalangan penggemar burung lovebird adalah milet Cinderella dan Volume+. Kedua jenis pakan milet kemasan ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung sehingga banyak digunakan oleh lovebird mania, baik yang dipelihara sebagai masteran, ternak maupun untuk dilombakan.

Milet Cinderella dan Volume+ telah diracik dengan aneka bahan yang bermanfaat sehingga sangat baik diberikan pada lovebird kesayangan Anda. Beberapa manfaat yang bisa didapat jika lovebird rutin mengkonsumsi pakan milet kemasan tersebut antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung,
  • Melancarkan metabolisme,
  • Meningkatkan durasi ngekek lovebird,
  • Menjadikan lovebird aktif ngekek,
  • Menjaga kondisinya tetap fit,
  • Menstabilkan birahi,
  • Menjadikan burung tampil makin ngotot dan bertenaga.

Untuk memaksimalkan perawatan hariannya, selain diberikan pakan biji-bijian, lovebird juga harus mendapatkan asupan pakan tambahan lainnya atau extra fooding (EF). Pemberian EF tersebut bisa berupa jagung manis yang diberikan setiap beberapa hari sekali dan divariasikan dengan EF lain seperti kangkung, dan biji bunga matahari (kuaci).

BACA JUGA  Cara mengobati suara serak pada lovebird

Selain pemberian pakan harian, kebutuhan lovebird akan nutrisi bisa didapatkan melalui pemberian suplemen yang tepat. Dengan demikian, lovebird akan selalu terjaga stamina dan kondisinya sehingga membuatnya lebih rajin bunyi. Salah satu suplemen yang bisa jad pilihan lovebird mania adalah Sup Plus Bird.

SUP PLUS BIRD adalah suplemen untuk burung lovebird,murai,cucak ijo,kacer,kenari,cendet,kolibri,pleci, dan burung burung lomba lainnya. Suplemen ini banyak diminati dan dipercayai kicau mania diindonesia untuk burung gaco/ andalannya supaya kinerja burung diarena lomba jadi maksimal.

Untuk pemesanan milet Cinderella, Volume+, dan Sup Plus Bird Anda bisa mengunjungi  Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga memesan melalui kontak 📞WA di nomor: 087738873034

Demikian tips seputar pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here