cucak jenggot

Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Banyak penyebab mengapa burung cucak jenggot tidak mau tampil maksimal ketika dilombakan. Oleh karena itu, menyiapkan cucak jenggot untuk lomba bisa menjadi salah satu bentuk perawatan yang dapat meningkatkan mentalnya, sehingga burung mau tampil maksimal di lapangan. 

Cucak jenggot memiliki suara besetan tajam yang menjadikannya lebih dikenal sebagai burung masteran. Namun selain itu, burung ini juga cukup sering dilombakan, terutama oleh para penggemarnya.

Namun sebelum membawa burung cucak jenggot ke lapangan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu beberapa cara menyiapkan cucak jenggot untuk lomba berikut ini:

  • Lima hari sebelum lomba (H-5), sebaiknya cucak jenggot mulai dipisahkan dari keberadaan burung sejenis.
  • Kurangi pakan tambahan (EF), khususnya jangkrik dan ulat hongkong yang bisa meningkatkan birahinya dengan cepat. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan birahi cucak jenggot.
  • Selama perawatan lomba, buah-buahan tetap diberikan setiap harinya, begitu pun dengan perawatan mandi dan jemur yang dilakukan seperti biasa.
  • Pada H-1, pemberian pakan tambahan (EF) mulai ditingkatkan lagi jumlahnya.
  • Pada pagi dan sore harinya, burung cucak jenggot diberikan suplemen Sup Plus Bird dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam air minumnya.
  • Pemberian kerodong bisa dilakukan untuk menjaga kondisinya.
  • Menjelang lomba (Hari-H), pakan tambahan diberikan dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan juga buah pisang kepok putih yang sudah diolesi dengan madu.
  • Setelah berada di arena lomba, kerodong jangan dulu dibuka, tetapi tunggu sampai burung mau bunyi, setelah itu baru dibuka kerodongnya.
  • Gantang sebentar di tempat teduh untuk melatihnya beradaptasi dengan suasana dan lingkungan lomba. Setelah itu, burung kembali dikerodong.
  • Pada waktu akan digantang, segera cabut cepuk pakan dan buah-buahannya agar burung lebih fokus pada lomba. Selain itu, bersihkan juga sangkarnya dari kotoran maupun sisa-sisa pakan yang berserakan di lantai sangkar.

Dengan didukung oleh perawatan dan pemberian suplemen yang tepat seperti Sup Plus Bird, maka burung cucak jenggot tersebut akan memiliki mental yang lebih baik sehingga mampu tampil maksimal selama bertanding.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Demikian cara menyiapkan cucak jenggot untuk lomba

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi

Perawatan cendet trotolan atau paud harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar setelah dewasa bisa rajin bunyi dan memiliki mental yang baik. Selain itu, yang terpenting adalah burung tidak gampang miyik atau manja. Untuk itu, simak tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi berikut ini. More from my siteCara latih cendet agar nagen […]
Read more

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more

Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi (Kosong), Apa Solusinya?

Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi – Sering kali breeder lovebird mengalami masalah pada burung kesayangannya, lovebird kawin dan bertelur namun telur yang dihasilkan tidak isi alias zonk!. Tentu hal ini menjadi kerugian bagi para peternak karena seharusnya lovebird yang ditangkarkan bisa berproduksi dan menghasilkan pemasukan, tapi justru breeder harus menunggu siklus kawin berikutnya untuk mendapatkan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?