cucak jenggot

Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Banyak penyebab mengapa burung cucak jenggot tidak mau tampil maksimal ketika dilombakan. Oleh karena itu, menyiapkan cucak jenggot untuk lomba bisa menjadi salah satu bentuk perawatan yang dapat meningkatkan mentalnya, sehingga burung mau tampil maksimal di lapangan. 

Cucak jenggot memiliki suara besetan tajam yang menjadikannya lebih dikenal sebagai burung masteran. Namun selain itu, burung ini juga cukup sering dilombakan, terutama oleh para penggemarnya.

Namun sebelum membawa burung cucak jenggot ke lapangan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu beberapa cara menyiapkan cucak jenggot untuk lomba berikut ini:

  • Lima hari sebelum lomba (H-5), sebaiknya cucak jenggot mulai dipisahkan dari keberadaan burung sejenis.
  • Kurangi pakan tambahan (EF), khususnya jangkrik dan ulat hongkong yang bisa meningkatkan birahinya dengan cepat. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan birahi cucak jenggot.
  • Selama perawatan lomba, buah-buahan tetap diberikan setiap harinya, begitu pun dengan perawatan mandi dan jemur yang dilakukan seperti biasa.
  • Pada H-1, pemberian pakan tambahan (EF) mulai ditingkatkan lagi jumlahnya.
  • Pada pagi dan sore harinya, burung cucak jenggot diberikan suplemen Sup Plus Bird dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam air minumnya.
  • Pemberian kerodong bisa dilakukan untuk menjaga kondisinya.
  • Menjelang lomba (Hari-H), pakan tambahan diberikan dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan juga buah pisang kepok putih yang sudah diolesi dengan madu.
  • Setelah berada di arena lomba, kerodong jangan dulu dibuka, tetapi tunggu sampai burung mau bunyi, setelah itu baru dibuka kerodongnya.
  • Gantang sebentar di tempat teduh untuk melatihnya beradaptasi dengan suasana dan lingkungan lomba. Setelah itu, burung kembali dikerodong.
  • Pada waktu akan digantang, segera cabut cepuk pakan dan buah-buahannya agar burung lebih fokus pada lomba. Selain itu, bersihkan juga sangkarnya dari kotoran maupun sisa-sisa pakan yang berserakan di lantai sangkar.

Dengan didukung oleh perawatan dan pemberian suplemen yang tepat seperti Sup Plus Bird, maka burung cucak jenggot tersebut akan memiliki mental yang lebih baik sehingga mampu tampil maksimal selama bertanding.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Demikian cara menyiapkan cucak jenggot untuk lomba

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomb

Cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal

3 / 100 Jahe sudah menjadi tanaman herbal yang umum digunakan kicaumania untuk menjaga kondisi burung rawatannya. Jahe juga dipercaya dapat menjadikan burung memiliki suara yang lebih kristal. Berikut cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal. Perawatan burung ciblek sawah agar gacor untuk masteran Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacorTujuh jenis […]
Read more

tips mengatasi burung yang mabung tidak tuntas

Burung yang sudah mengalami pergantian bulu ( melewati masa mabung ) tetapi masih ada bulu bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk disebut dengan mabung yang tidak / belum tuntas. maka hal yang harus kita lakukan adalah rajin memandikan dan menjemur burung secara bertahap. sebaiknya burung harus sering dimandikan setidaknya 1 kali sehari dengan proses penjemuran […]
Read more
milet racikan jadikan lovebird juara

Cara seting lovebird sebelum lomba

Menyeting lovebird sebelum dilombakan menjadi satu hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan penampilannya saat bertanding. Rawatan yang diterapkan umumnya adalah menjaga kondisi birahinya agar tetap stabil, sehingga burung selalu siap berlomba. Sebagai panduan, berikut cara seting lovebird sebelum lomba. Cara settingan lovebid sebelum lomba H-1Cara setting lovebird lomba malamMilet Cinderella jadikan lovebird makin gacorCara mengumbar […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?