cara melatih mental kenari lomba

Lima cara melatih mental kenari untuk lomba

Melatih mental burung kenari sebelum dilombakan menjadi satu hal penting yang harus dilakukan, terutama agar burung tidak mudah ngedrop di tengah lomba. Latihan yang dilakukan pun bisa melalui beberapa metode, yang penting kenari cepat terbiasa dengan suasana dan kondisi lomba yang ramai dengan hiruk pikuk suara burung. Berikut lima cara melatih mental kenari untuk lomba.

cara melatih mental kenari lomba
Cara melatih mental kenari lomba

 

Memiliki burung kenari yang bersuara kencang dengan lagu-lagunya yang panjang tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik burung. Tak peduli kenari tersebut berjenis lokal atau impor, jika tidak didukung mental yang baik, maka kenari tersebut tak akan bisa bernyanyi dengan maksimal.

Tanpa dukungan mental yang baik, kenari yang rajin berkicau di rumah pun akan mengalami masalah dengan karakternya, sehingga bisa menurunkan performa di lomba. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut cara melatih mental kenari untuk lomba, karena inilah modal utama yang harus dimiliki kenari Anda sebelum diterjunkan ke arena lomba.

Lima cara melatih mental kenari untuk lomba 

  1. Jika kenari masih berumur cukup muda, maka pelatihan mentalnya bisa dilakukan dengan cara ditempel kenari yang sudah mapan dan gacor. Burung muda cenderung mempunyai sifat peniru, sehingga ia dengan cepat dapat meniru suara maupun gaya dari kenari yang sudah mapan tersebut.
  2. Cobalah untuk lebih sering membawa kenari ke arena lomba atau latihan, meskipun tidak diikutkan dalam kontes. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjadikannya lebih cepat beradaptasi dengan suasana lomba burung yang ramai.
  3. Gantang sangkarnya di tempat yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar burung kenari tersebut cepat terbiasa dengan lokasi dan lingkungan yang baru.
  4. Melatih mental juga bisa dilakukan dengan cara gonta-ganti sangkar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memindahkan burung ke dalam sangkar yang lebih luas pada waktu akan dijemur, atau bisa juga memanfaatkan kandang umbaran. Selain itu, ketika akan memandikan burung bisa menggunakan sangkar lain yang sudah berisi bak mandi atau bisa juga memanfaatkan karamba mandinya. Saat burung sedang menggunakan sangkar yang lain, Anda bisa segera membersihkan sangkar hariannya dari kotoran dan sisa pakan yang berserakan.
  5. Hal lain yang sangat mempengaruhi pelatihan mentalnya adalah kondisi burung itu sendiri. Oleh karenanya, pastikan kondisi kenari yang akan dilatih itu selalu berada dalam kondisi yang sedang fit. Burung yang kondisinya fit tentu akan lebih tahan terhadap penyakit, selain itu juga memiliki korelasi positif terhadap kondisi mentalnya. Menjaga kondisi kenari tetap fit bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan pakan dan multivitaminnya setiap hari.
Baca:   Memilih masteran yang sesuai untuk kenari

Multivitamin dan suplemen sangat penting untuk menunjang aktivitas kenari sepanjang harinya. Terlebih lagi, kebutuhan nutrisi burung selama ini masih dirasa kurang jika hanya mengandalkan asupan pakan biji-bijian dan sayuran yang diberikan secara terbatas.

Walaupun di pasaran kini sudah banyak beredar aneka merk suplemen dan multivitamin untuk berbagai jenis burung piaraan, namun sangat dianjurkan agar Anda bisa memilih suplemen yang baik dan tepat untuk diberikan pada momongannya.

Suplemen yang bisa menjadi rekomendasi dan pilihan kicuamania adalah Sup Plus Bird, karena memiliki kandungan zat aktif yang baik dan sangat bermanfaat untuk menunjang aktifitas kenari dan burung piaraan lainnya.

Selain bisa menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari, suplemen Sup Plus Bird juga memiliki beragam manfaat yang baik, khususnya untuk kenari, yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme,
  • Menjadikan burung semakin rajin bunyi / gacor,
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung,
  • Membuat suara kicauannya jadi kian lantang,
  • Menjadikan burung tampil lebih ngoto dan bertenaga,
  • Mendongkrak stamina burung.
Baca:   Cara bedakan perkutut jantan dan betina paling akurat

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak atau bisa juga melakukan pemesanan via whatsapp di nomor:  087738873034

Demikian cara melatih mental kenari untuk lomba.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

rawatan cucak ijo musim hujan 3

Tips rawatan cucak ijo di musim hujan

Setiap musim hujan, burung cucak ijo yang semula gacor akan cenderung berkurang intensitas kicauannya karena adanya perubahan suhu. Kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan burung yang biasa dilombakan. Oleh karenanya,  perawatan yang tepat di musim hujan dapat menjaga kondisinya selalu fit dan rajin bunyi. Berikut tips rawatan cucak ijo di musim hujan. Baca:   Mengenali […]
Read more

Terapi mengatasi kebotakan pada burung murai batu

Kebotakan pada burung murai batu tidak hanya disebabkan oleh burung yang gemar mencabuti bulu-bulunya saja, tetapi bisa juga dipicu oleh faktor lain, misalnya karena infeksi jamur yang sudah berlangsung lama. Untuk mengatasinya tentu tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan biasa, tetapi dibutuhkan terapi untuk mengatasi kebotakan tersebut. Baca:   Cara memilih bahan kenari berkualitas lomba
Read more
lovebird tak mau bunyi di lapangan

Settingan lovebird yang tak mau bunyi saat dilombakan

Lovebird yang tidak mendapatkan perawatan dengan tepat, tidak akan bisa tampil maksimal saat dilombakan. Performanya akan cenderung menurun, dan burung pun lebih banyak bertingkah nakal mulai dari ngeruji, naik turun tangkringan, hingga tak mau bunyi sama sekali. Baca:   Cara mengatasi lovebird snot
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by