perawatan harian dan lomba burung pleci

Kupas tuntas perawatan harian dan lomba burung pleci

Perawatan burung pleci yang disiapkan untuk lomba tentu berbeda dengan rawatan burung yang dipelihara untuk rumahan atau kelangenan. Rawatan pleci lomba umumnya akan lebih ditekankan pada menjaga kestabilan birahinya agar selalu siap lomba. Untuk panduan pemula, simak kupas tuntas perawatan harian dan lomba burung pleci berikut ini. 

Pleci yang akan dilombakan tentu membutuhkan penanganan yang tepat agar kondisinya selalu siap untuk dilombakan. Selain menerapkan pola rawatan yang baku / umum, rawatan pleci untuk lomba juga membutuhkan pengaturan pakan dan suplemen yang tepat, khususnya yang bisa mendongkrak stamina dan menjaga birahinya tetap stabil.

Sebagai panduan bagi pemula yang ingin menjajal pleci rawatannya di arena lomba, berikut adalah beberapa tips perawatan harian dan lomba burung pleci. Namun perlu diperhatikan, pola rawatan berikut ini hanya bisa diterapkan pada pleci yang sudah disiapkan untuk lomba dan bukan untuk burung bakalan.

A. Pola perawatan harian pleci lomba 

  • Pengembunan rutin dilakukan setiap pagi hari.
  • Penting untuk selalu memberikan pakan yang kaya akan kandungan nutrisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan voer kemasan yang kaya nutrisi, atau bisa juga membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan aneka bahan yang bermanfaat.
  • Berikan buah-buahan yang masih segar sebagai pakan tambahan (EF) pelengkap nutrisi. Buah-buahan yang bisa diberikan adalah pepaya, pisang, sawo, dan lain-lain.
  • Berikan juga pakan tambahan lainnya seperti satu sendok teh kroto, dan 3-6 ekor ulat hongkong yang berwarna putih setiap harinya. Pemberian pakan serangga tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein hewaninya.
  • Mandikan pleci setiap pagi dan sore hari dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandinya. Setiap beberapa hari sekali, pleci tersebut bisa diberikan terapi mandi malam.
  • Untuk mempertahankan kondisi dan mentanya, penjemuran dilakukan dengan menggunakan sistem koloni yaitu dijemur bersama-sama dengan pleci lainnya. Penjemurannya pun cukup dilakukan sekitar 15-30 menit.
  • Biasakan menggantungkan sangkarnya di tengah-tengah burung pleci lain yang Anda mliki. Jika memungkinkan, posisi sangkarnya bisa ditempatkan lebih tinggi daripada sangkar pleci yang lainnya. Hal ini untuk memunculkan sifat dominan, serta untuk membangkitkan mental fighternya.
BACA JUGA  Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

B. Pola perawatan sebelum pleci dilombakan 

  • Malam hari sebelum hari H (H-1) burung pleci diberikan terapi mandi malam. Cara memandikan dilakukan dengan menggunakan semprotan atau hand sprayer.
  • Selesai dimandikan, burung kemudian diangin-anginkan sebentar di tempat yang berlampu selama kurang lebih 30 menit. Pada saat itu, Anda bisa memberikan pakan berupa satu sendok teh kroto dan 2-3 ekor ulat hongkong warna putih.
  • Setelah itu, sangkarnya kemudian diberikan full kerodong sampai pagi harinya.
  • Pagi hari sebelum menuju arena lomba, pleci bisa dimandikan kembali dengan cara disemprot lalu diangin-anginkan. Berikan 1/2 sendok teh kroto dan 3 ekor ulat hongkong warna putih.
  • Sesampainya di lapangan, kerodong dibuka selama 10 – 15 menit, dan biarkan burung berkicau sepuasanya. Setelah itu, sangkarnya kembali ditutupi dengan kain kerodong.
  • Jika dibutuhkan, 15-30 menit sebelum naik gantangan, pleci tersebut bisa dicas dengan pleci lainnya atau untulannya.
  • Pada waktu akan digantang, pastikan Anda telah membersihkan alas sangkarnya dari sisa-sisa pakan yang berceceran. Untuk membuat burung lebih fokus pada lawan-lawannya, Anda bisa mencabut cepuk pakan dan minumnya selama ditandingkan.
  • Jika bermain dalam dua sesi, maka pleci tersebut bisa diberikan mandi semprot sebelum digantang pada sesi berikutnya.
BACA JUGA  Tips gacorkan lovebird betina ngekek jeda rapat

 

Untuk mendukung perawatan harian dan lomba, pemberian suplemen tambahan sebaiknya mulai dilakukan. Suplemen yang tepat tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kondisi dan kesehatannya saja, tetapi juga mampu meningkatkan mental serta staminanya.

Suplemen Sup Plus Bird sangat baik diberikan pada pleci bakalan maupun pleci yang kerap dilombakan. Kandungan zat aktifnya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatannya saja, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat penting untuk pleci dan burung kicauan lainnya, yaitu:

✅ Menjadikan burung bertambah gacor
✅ Membuat burung tampil semakin ngotot
✅ Menambah volume suara burung
✅ Mampu mengatasi burung yang macet bunyi
✅ Bermanfaat untuk menjaga stamina burung

Sup Plus Bird kini bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak 📞WA di nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips mengajari burung beo bicara

Beo adalah termasuk salah satu burung yang pintar menirukan suara sekelilingnya dengan cepat dan fasih. karena itulah burung ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan terlebih beo nias yang termasuk salah satu burung dari jenis ini yang paling pintar dan cepat menangkap kalimat dengan fasihnya. sehingga menjadikan burung jenis ini semakin langka di alamnya […]
Read more

Ciri-ciri burung murai batu yang siap lomba

Melombakan burung murai batu butuhkan perhitungan yang matang, karena burung ini terkenal dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Ketika burung yang belum siap lomba dipaksakan untuk bertarung, maka besar kemungkinan murai batu tersebut akan stres, ngedrop mental, bahkan macet bunyi. Sebagai panduan, simak ciri-ciri murai batu yang siap lomba berikut ini. BACA JUGA  Beberapa penyebab […]
Read more
cara menjodohkan lovebird untulan

Proses perjodohan lovebird untuk untulan

Settingan untulan banyak dilakukan penggemar lovebird karena dianggap lebih efektif jadikan burungnya makin gacor dan konslet. Meskipun begitu, pemilihan burung untulan yang tidak tepat tentu akan menjadikan lovebird cenderung berperilaku agresif, sehingga penampilannya pun akan terus menurun. Sebagai panduan, simak cara menjodohkan lovebird untuk settingan untulan berikut ini. BACA JUGA  Cara mengatasi murai batu lomba […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by