Meski mempunyai tubuh yang imut, namun burung pleci terkenal dengan suaranya yang lantang. Namun begitu, tak sedikit pleci mania yang mengeluh kalau burung yang dirawatnya itu memiliki suara yang pelan padahal selalu rajin berbunyi setiap harinya. Terkait hal tersebut, silakan simak enam cara menjadikan suara pleci makin kencang berikut ini. 

tips suara pleci kencang

Pleci yang bersuara kecil tentu tidak akan bisa dinikmati dengan puas oleh penggemarnya, apalagi jika didengarkan dari jarak yang agak jauh. Kalau pun ikut lomba, tentu hasilnya tidak akan sesuai harapan, karena bisa mengurangi penilaian dari para juri. Itu sebabnya, banyak pleci mania akan melakukan berbagai cara demi memaksimalkan volume suara momongannya itu.

Berikut adalah enam cara jitu menjadikan suara pleci main kencang

1. Pengembunan rutin

Mengembunkan burung pleci dengan rutin setiap hari dapat menjadikan pleci lebih bersemangat, sehingga akan terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya dengan maksimal.

BACA JUGA  Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

2. Mandi air dingin di pagi hari 

Setiap pagi, tidak lama setelah matahari terbit, segera mandikan pleci dengan menggunakan air dingin atau air es yang berasal dari lemari pendingin / kulkas. Pleci sangat menyukai kesegaran mandi dengan air dingin, dan jika dilakukan rutin setiap hari, maka burung akan mampu berkicau dengan lantangnya.

3. Diumbar  

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Setiap beberapa hari sekali, pleci bisa dilatih dalam kandang umbarannya. Pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk melatih otot dada dan sayap, sehingga dapat memaksimalkan volume suara kicauannya.

4. Istirahat total di malam hari 

Biasakan untuk memberi full kerodong pada sangkar yang digunakan pleci pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu istirahat yang cukup, agar burung bisa memulihkan energinya. Selain itu, burung yang cukup istirahat juga akan cenderung mempunyai stamina fisik yang lebih baik pada esok harinya, sehingga membuatnya jadi bersuara lebih kencang.

BACA JUGA  Hindari!! Kebiasaan salah dalam merawat lovebird

5. Pemasteran 

Lakukan pemasteran secara rutin dengan lagu-lagu yang disesuaikan karakter vokal dari pleci tersebut. Untuk memancing agar pleci lebih kencang berkicau, maka gunakan suara masteran yang berkarakter ngotot, ngerol, dan tajam seperti suara ngerol blackthroat, kenari, cililin, maupun suara masteran burung lainnya.

6. Memberikan suplemen 

Pemberian suplemen yang tepat bisa menjadikan pleci memiliki suara yang lebih maksimal ketika berkicau. Sup Plus Bird menjadi pilihan suplemen yang banyak direkomendasikan oleh kicaumania di berbagai daerah. Selain bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya, Sup Plus Bird juga cukup aman karena memiliki kandungan zat aktif yang mampu memaksimalkan volume suara kicauan burung, khususnya pleci.

Sup Plus Bird kini bisa didapatkan melalui toko jual beli online, yaitu:

  1. Tokopedia 
  2. Bukalapak
  3. Shopee 
  4. Via Whatsapp di nomor:  087738873034

Itulah enam cara menjadikan suara pleci makin kencang.

Semoga manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here