cucak hijau birahi

Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Jika kondisi ini dialami oleh burung cucak hijau, maka ia akan mudah sekali berperilaku agresif, jarang bunyi, termasuk juga kerap mencabuti bulunya sendiri atau kanibal. Untuk menanganinya, berikut cara mengatasi cucak hijau yang over birahi.

cucak hijau birahi

Over birahi yang terjadi pada beberapa jenis burung kicauan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perawatan yang kurang tepat, pakan serta penjemuran yang terlalu berlebihan. Selain itu, kondisi ini bisa juga dipicu oleh kondisi burung yang memang sudah memasuki masa kawin / matang kelamin.

Burung cucak hijau yang dipelihara untuk rumahan maupun dilombakan, sangat rentan mengalami masalah ini. Ketika mengalaminya, maka perilakunya pun akan cenderung berubah. Burung yang semula rajin bunyi mendadak jadi jarang bunyi, dan tak jarang muncul perilaku tak biasa lain seperti sering memelet-meletkan lidah, mencabuti bulu, dan sangat agresif.

Untuk mengatasinya, dibutukan penanganan khusus yang bisa mengurangi birahi dari burung cucak hijau tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi cucak hijau yang over birahi:

Jika kondisi ini dibiarkan, tentu dapat mengurangi penampilannya karena burung tidak akan bisa berbunyi maksimal baik ketika di rumah maupun saat sedang dilombakan. Untuk mengatasinya, simak beberapa perawatan khusus yang dapat membantu mengurangi kondisi birahi dari burung cucak hijau tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi cucak hijau yang over birahi:

  • Mengurangi pakan tambahan (EF), khususnya yang bisa meningkatkan birahi seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.
  • Memberikan pakan tambahan lain yang berfungsi sebagai penetralisir, misalnya ulat bambu yang diberikan sebanyak  1-2 ekor pada pagi dan sore hari sampai kondisinya pulih.
  • Rutin memandikan burung hingga basah kuyup.
  • Memberikan pakan buah-buahan yang bisa membantu mengurangi dampak birahi, seperti belimbing, jambu, dsb.
  • Metode untulan bisa diterapkan ketika menghadapi kasus cucak hijau yang over birahi parah. Terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan burung kecil ke dalam sangkar cucak hijau.
  • Alternatifnya adalah ditempel dengan burung betina atau dikawinkan.

Untuk mendukung perawatannya, Anda bisa menambahkan Sup Plus Bird ke dalam air minumnya setiap hari sampai birahinya telah benar-benar pulih. Suplemen Sup Plus Bird adalah makanan tambahan yang memiliki kandungan multivitamin dan multimineral yang dibutuhkan burung cucak hijau untuk mempercepat pemulihannya.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Adapun cara penggunaannya adalah Sup Plus BIrd diberikan dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam cepuk air minumnya setiap pagi hari. Cara lain adalah mengoleskan suplemen Sup Plus Bird pada pakan tambahannya, misalnya buah pisang, dsb.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui TokopediaShopee, dan Bukalapak atau bisa juga melakukan pemesanan via whatsapp di nomor:  087738873034

Demikan cara mengatasi cucak hijau yang over birahi.

Salam kicau!

 

Related Articles

Cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba

Kolibri aka burung-madu yang belum siap mental umumnya akan lebih banyak diam saat dilombakan. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke arena lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba.
Read more

Settingan lovebird paruh putih gacor dan fighter

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, lovebird paruh putih kini cukup popular dan banyak diikut-sertakan dalam lomba burung di berbagai daerah. Ketika mendapatkan settingan yang sesuai, lovebird paruh putih akan memiliki performa yang jauh lebih baik sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal di gantangannya. Berikut settingan lovebird paruh putih gacor dan fighter.
Read more
latih lovebird anakan

Mengolah materi dan durasi lovebird sejak dini

Mencetak lovebird agar siap lomba bisa dilakukan sejak burung masih dalam kondisi piyikan atau setelah disapih dari induknya. Setelah dewasa, kemampuan burung akan meningkat seiring dengan latihan-latihan dan pola rawatan yang diterapkan. Untuk itu, simak tips mengolah materi dan durasi lovebird sejak dini.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by