Lovebird yang sudah jinak, atau dalam artian sudah tidak takut lagi terhadap manusia, tentu lebih mudah dirawat dan dilatih agar memiliki suara ngekek dan mental yang lebih baik. Meskipun ada banyak cara yang biasa dilakukan lovebird mania agar momongannya itu bisa cepat jinak, namun ada satu cara ampuh menjinakkan lovebird dengan cepat. Bagaimana caranya? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini.

Pada dasarnya, lovebird adalah jenis burung yang cepat beradaptasi dan mudah jinak. Kendati demikian, tidak berarti semua individ lovebird memiliki karakter tersebut. Terkadang, ada beberapa yang bahkan bisa sangat giras atau berperilaku liar ketika didekati oleh manusia.

Perawatan lovebird yang masih giras / liar dianggap sangat merepotkan, karena burung yang selalu merasa ketakutan ketika dihampiri oleh pemiliknya yang akan memberinya makanan. Selain itu, kondisi ini pun akan membuat lovebird jadi jarang berbunyi, apalagi mau mengeluarkan suara ngekeknya dengan kencang.

Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukanlah proses penjinakan. Proses penjinakan dibutuhkan untuk membiasakan burung agar mau bunyi dan tidak merasa ketakutan lagi jika didekati manusia maupun disimpan di tempat yang ramai.

BACA JUGA  Perawatan lovebird lomba di musim hujan.

Salah satu proses penjinakan yang selama ini dianggap paling tepat dan ampuh menjinakkan burung lovebird dengan cepat, adalah memandikannya hingga basah kuyup. Namun cara mandi yang dilakukan kali ini berbeda dari cara mandi yang umum dilakukan, yaitu dimandikan dengan tangan.

lovebird cepat jinak

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Nah, cara mandi tersebut yang jika dilakukan secara rutin akan memunculkan ikatan / bonding antara burung lovebird tersebut dengan orang yang merawatnya. Ikatan ini muncul karena adanya interaksi antara manusia dengan hewan peliharaannya, sehingga dalam waktu yang singkat lovebird akan menjadi lebih cepat jinak dan penurut.

Cara melath lovebird agar cepat jinak

  • Siapkan burung lovebird yang akan dilatih untuk jinak, siapkan juga bak atau mangkuk kecil yang sudah berisi air bersih.
  • Tangkap burung dengan tangan, lalu keluarkan dari dalam sangkarnya.
  • Pegang tubuh burung dengan cara digenggam oleh tangan kiri. Posisi jempol dan telunjuk mengunci bahu burung sehingga tidak mudah berontak.
  • Ambil air dengan menggunakan tangan kanan, lalu basuhi tubuh burung hingga basah kuyup. Hindari mengguyurkan air langsung ke arah mata dan pangkal hidungnya.
  • Dengan perlahan, usap bulu-bulu yang masih basah itu dengan menggunakan jari. Basuhi lagi dengan air jika diperlukan.
  • Proses memandikan burung dengan tangan ini bisa berlangsung selama 3-5 menit, dan dilakukan rutin setiap pagi dan sore hari.
  • Setelah itu, masukkan burung ke dalam sangkar hariannya.
  • Sebelum burung dijemur, angkat dulu cepuk pakan dan minumnya.
  • Selesai dijemur, cepuk pakan dan minum bisa dikembalikan seperti semula, namun dengan jumlah / porsi pakan dan minum yang dibatasi atau sedikit saja.
  • Pembatasan tersebut berguna untuk menjadikan burung lebih terbiasa dengan orang yang akan memberinya makanan.
  • Perhatikan isi dari cepuk pakan dan minumnya, jika terlihat kosong segera isi ulang dengan takarang yang sedikit saja.
  • Jika dilakukan secara teratut, maka burung akan lebih cepat terbiasa dengan orang yang memberinya makanan dan minuman, sehingga cepat jinak dalam waktu yang singkat.
BACA JUGA  Penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi snot pada lovebird

Demikian tips dan cara ampuh menjinakkan lovebird dengan cepat.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here