agar pleci bongkar isian

Cara agar pleci cepat bongkar isian

  1. Pleci dengan karakter suara ngerol lebih disukai karena cenderung bersuara isian yang bervariasi. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah menjadikan pleci mau mengeluarkan suara isiannya, terlebih lagi saat dilombakan. Sebagai panduan, simak cara agar pleci cepat bongkar isian berikut ini.

agar pleci bongkar isian

Karakter pleci yang pandai meniru suara kicauan burung lain menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Pleci yang memiliki kemampuan mimikri tersebut diyakini akan mampu berkicau dengan suara yang lantang dan penuh variasi.

Perawatan burung kicauan agar rajin bunyi tentu membutuhkan banyak perhatian, terutama dari segi pemberian pakan, multivitamin, serta pola rawatan harian yang teratur. Begitu pun ketika memelihara burung pleci. Agar pleci lebih rajin bunyi dan mau bongkar isian, maka beberapa perawatan berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

Pemasteran 

Pemasteran adalah cara pleci mania melatih burung kesayangannya agar memiliki suara isian yang lebih bervariasi. Pleci yang memiliki banyak suara isian, akan cenderung berkicau dengan gaya ngerol dan lantang. Pemasteran bisa dilakukan dengan cara memutarkan suara rekaman dari mp3 atau menggantang burung masteran di dekat sangkarnya.

Baca:   Settingan pleci cepat ngalas dan ngerol

Menggantang pleci di antara pleci lain

Menggantang pleci di tengah pleci lain dalam satu koloni akan menjadikan burung lebih terasah mentalnya. Cara yang umum dilakukan dalah menggantungkan sangkarnya di antara sangkar pleci lainnya. Jika dilakukan secara teratur setiap hari, maka mental pleci akan cepat terbentuk.

Pengumbaran 

Pengumbaran memiliki beragam manfaat, di antaranya adalah melatih pernafasan pleci. Dengan demikian, burung akan mampu berkicau dengan durasi panjang sehingga memungkinkan pleci tersebut untuk membongkar suara-suara isian yang dimilikinya. Pengumbaran bisa dilakukan setiap pagi hingga siang hari.

Pemberian kroto 

Memberikan kroto setiap hari dipercaya dapat memancing pleci untuk mengeluarkan suara kicauannya dengan gaya ngerol atau bongkar isian.

Menambahkan suplemen 

Suplemen adalah makanan tambahan yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang dibutuhkan burung. Namun sebelum diberikan pada burung pleci, pastikan dahulu kalau suplemen yang digunakan terbuat dari bahan yang aman dan tidak menyebabkan ketagihan.

Baca:   Tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi

Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin dan multimineral yang aman digunakan untuk semua jenis burung kicauan. Kandungan zat aktifnya dapat menjadikan burung lebih aktif, bersemangat dan rajin berbunyi. Jika rutin diberikan, pleci akan mudah terpancing untuk mengeluarkan suara-suara isiannya dengan lantang.

Untuk informasi dan bagaimana cara mendapatkan suplemen Sup Plus Bird yang aman dan berkhasiat untuk pleci, bisa dilihat di artikel ini: SUP PLUS BIRD

Demikian cara agar pleci cepat bongkar isian.

Semoga manfaat

 

Related Articles

Ragam dan Jenis burung Pleci kacamata

Burung Pleci Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye. Suku burung-burung kacamata (Zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau (Passeriformes) kecil […]
Read more

Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Selain jalak suren jawa yang popular di kalangan kicaumania, ada juga burung yang tampak mirip yaitu jalak suren kalimantan (Gracupica contra floweri). Jenis burung jalak ini cenderung berkicau dengan suara aslinya, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai burung masteran. Perawatan jalak suren trotolan hingga dewasaCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiPerawatan jalak rio agar rajin bunyiEnam cara […]
Read more
tips master cendet

Solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. Memulihkan performa burung cendet usai mabungSuara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinyaCara latih […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?