settingan lovebird paruh putih

Settingan lovebird paruh putih

Kepopuleran lovebird paruh putih di arena lomba memang tidak seramai lovebird paruh merah. Hal ini tak lepas dari anggapan di kalangan kicaumania yang menyebutkan bahwa lovebird paruh putih susah ditebak karakternya. Selain itu, banyak lovebird mania yang mengaku kesulitan mencari settingan yang tepat agar lovebird paruh putih bisa tampil maksimal di lapangan.

settingan lovebird paruh putih

Lovebird paruh putih memiliki warna bulu yang sangat menarik untuk dipelihara maupun diternak. Selain dirawat sebagai burung mastran, lovebird jenis ini juga cukup menggoda untuk dilombakan. Selain memiliki warna yang cantik, lovebird paruh putih juga dikenal dengan karakter suaranya yang kasar dengan volume yang kencang.

Tapi sayangnya, banyak yang mengkategorikan lovebird paruh putih sebagai jenis burung yang sulit dicari settingannya untuk lomba. Bahkan jika tidak mendapatkan perawatan yang benar-benar tepat, lovebird jenis ini tidak akan bisa tampil maksimal sewaktu dilombakan.

Karakter lovebird paruh putih pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan karakter lovebird jenis lainnya. Dengan belajar memahami karakter, kicaumania bisa mendapatkan settingan yang tepat untuk lovebird rawatannya tersebut.

Sebagai panduan, berikut beberapa settingan lovebird paruh putih untuk memaksimalkan penampilannya ketika berlomba.

  1. Pagi hari sekitar pukul 07:00, lovebird diangin-anginkan selama 15 menit, setelah itu dimandikan dengan cara semprot atau menggunakan cepuk mandinya hingga basah kuyup.
  2. Selesai dimandikan, burung kembali diangin-anginkan.
  3. Setelah bulu kering, lovebird kemudian dijemur selama kurang lebih 30 menit.
  4. Selesai dijemur, lovebird diangin-anginkan sebentar di tempat teduh setelah itu berikan pakan utama dan tambahannya yang terdiri dari milet putih, sepotong jagung manis, dan bisa juga ditambahkan dengan daun sawi putih atau kangkung.
  5. Tambahkan multivitamin dalam air minumnya, pemberian multivitamin bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuhnya selalu sehat dan aktif.
  6. Pada sore hari, burung diberikan full kerodong.
Baca:   Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Yang terpenting dalam perawatan lovebird paruh putih agar bisa tampil maksimal ketika dilombakan adalah memberikan milet yang bagus kualitasnya. Untuk itu sangat dianjurkan untuk menggunakan milet Cinderella sebagai pakan harian dan lomba untuk lovebird paruh putih.

Milet Cinderella memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap karena sudah diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat. Pakan kemasan ini banyak digunakan para pemain lovebird lapangan karena sudah terbukti kualitas dan manfaatnya.  Selain sebagai pakan utama, milet Cinderella memiliki sejumlah manfaat penting lainnya, yaitu:

  • Menstabilkan birahi serta tidak menjadikannya mudah over birahi (OB).
  • Meningkatkan daya tahan dan stamina burung sewaktu dilombakan.
  • Menjadikan burung lebih rajin ngekek dengan suara yang lebih kencang.
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird.
  • Melancarkan dan meningkatkan metabolisme.
  • Menambah power dan menjadikan burung tampil lebih ngotot.
Baca:   Aksi lovebird bentoel konslet panjang

Milet Cinderela bisa diperoleh melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Settingan sebelum lovebird paruh putih akan dilombakan

  • Settingan lomba lovebird paruh putih sudah dimulai sejak tiga hari sebelum lomba (H-3). Pada saat itu, lovebird sudah tidak dimandikan dan diberikan full kerodong.
  • Dua hari jelang lomba (H-2), burung tetap mendapatkan perawatan dan pakan seperti biasa namun tanpa dimandikan.
  • Satu hari jelang lomba (H-1), berikan pakan berupa jagung manis pada pagi dan sore hari. Pada malam harinya, burung bisa diberikan mandi malam.
  • Pada hari H, amati kondisi birahi lovebird tersebut. Jika burung terlihat mulai narik-narik panjang segera kerodong kembali sampai tiba di arena lomba. Namun jika burung terlihat narik-narik pendek, segera basahi burung dengan cara disemprot halus, setelah kering lalu kerodong dan bawa ke arena lomba.
  • Sesampainya di arena lomba, biarkan lovebird beradaptasi dengan suasana lomba, setelah itu kembali dikerodong sampai burung siap digantang.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Burung peliharaan membutuhkan asupan suplemen tambahan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari

Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Burung liar yang ada di alam bebas tidak membutuhkan suplemen apapun karena semua kebutuhan nutrisinya sudah disediakan oleh alam. Namun berbeda dengan burung peliharaan yang umumnya hanya diberi pakan standar, maka kebutuhan akan vitamin dan mineral belum tentu bisa terpenuhi. Berikut suplemen yang bagus untuk burung kicau. Baca:   Tips murai batu yang susah gacor
Read more

Tips merawat burung muray batu bakalan muda hutan

Memelihara burung sejenis muray batu memang menjadi daya tarik dan tantangan dan juga kebanggaan sendiri bagi para penggemar burung kicauan terlebih jika burung muray tersebut berasal dari daerah sumatera atau aceh meskipun tidak sedikit juga penggemar burung yang memelihara burung muray batu asal kalimantan atau daerah lainnya . lalu bagaimana perawatan burung muray batu yang […]
Read more

Tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)

Lovebird betina lebih banyak dipilih untuk settingan untulan karena dianggap memiliki birahi yang lebih stabil dari burung jantan. Tapi tak jarang, proses penjodohan dengan untulannya itu tidak berjalan sesuai rencana. Burung cenderung sulit berjodoh, dan bahkan menyerang pasangannya. Untuk mengatasinya, simak tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan) berikut ini. Baca:   Manfaat dan efek samping kecubung […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by