milet volume

Settingan lovebird paruh merah

Ada dua jenis lovebird yang dikenal di kalangan kicaumania, yakni lovebird paruh merah dan paruh putih. Dari kedua jenisnya itu, lovebird paruh merah temasuk yang paling banyak dipelihara. Selain karena mudah dirawat, lovebird paruh merah juga dikenal gampang ngekek panjang sehingga kerap dilombakan. Untuk panduan perawatannya, berikut tips dan settingan lovebird paruh merah

setting lovebird paruh merah

Sebagian besar lovebird paruh merah memiliki warna dasar bulu yang berwarna hijau atau green series, misalnya lovebird josan, palamas, dakori, dan sebagainya. Jenis ini sangat disukai banyak kalangan karena perawatannya yang dianggap cukup mudah. Selain itu, lovebird paruh merah juga dikenal gampang terpancing untuk bunyi dengan kecenderungan suara ngekek yang panjang.

Meski begitu, setiap jenis lovebird mempunyai karakternya masing-masing. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka burung tersebut tidak akan mampu untuk rajin bunyi, apalagi untuk mengeluarkan ngekeknya yang panjang. Oleh karena itu, pengaturan settingan yang baik bisa mendukung penampilannya jadi lebih maksimal.

Berikut tips dan settingan lovebird paruh merah:

  1. Setiap pagi hari, lovebird dikeluarkan dari dalam ruangan / rumah untuk diembunkan. Namun sebelum diembunkan, usahakan untuk menyemprot halus sedikit pada bagian dadanya.
  2. Setelah matahari terbit, burung kemudian dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup.
  3. Selesai dimandikan, lovebird diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu-bulu yang masih basah.
  4. Setelah bulu mulai tampak mengering, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam.
  5. Selesai penjemuran, burung kemudian diangin-anginkan selama 5 s/d 10 menit.
  6. Burung kemudian diberikan full kerodong, tapi sebelumnya lakukan penyemprotan halus sedikit pada bagian dadanya.
  7. Pada siang hingga sore harinya, lovebird disimpan di tempat teduh. Untuk menambah variasi ngekek dan kicauannya, lovebird tersebut bisa dilatih dengan suara masterannya.
  8. Sekitar pukul 15:00, burung kembali dibuka kerodongnya lalu dimandikan dengan cara disemprot atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.
  9. Selesai diangin-anginkan sebentar, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari sore dengan durasi penjemuran disesuaikan kebutuhan.
  10. Sekitar pukul 17:00, burung kembali dikerodong.
Baca:   Cara mengatasi burung robin yang macet bunyi

Pemberian mandi malam bisa dilakukan sekitar pukul 20:00 – 21:00 dengan cara disemprot sampai tubuhnya basah kuyup. Selesai mandi malam, burung diangin-anginkan sampai bulu-bulunya mengering setelah itu sangkarnya kembali diberikan full kerodong, lalu burung dibiarkan beristirahat sampai keesokan paginya.

Perawatan lain yang tak kalah pentingnya adalah melatih lovebird di kandang umbaran. Pengumbaran bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali.

Baca: Cara mengumbar lovebird agar cepat ngekek panjang

Adapun untuk pemberian pakan sebaiknya menggunakan pakan biji-bijian yang berkualitas seperti milet Volume+ dan dilengkapi dengan pemberian pakan tambahan berupa potongan jagung manis setiap harinya.

milet volume
Milet Volume+

 

 

Milet Volume+ adalah jenis pakan bijian yang direkomendasikan oleh banyak lovebird mania karena manfaatnya yang sangat baik untuk burung. Berikut beberapa manfaat milet volume untuk burung lovebird paruh merah:

  • Menjaga stamina dan daya tahan burung setiap hari,
  • Menjadikan burung lebih rajin ngekek,
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Mensabilkan birahi,
  • Meningkatkan mental dan daya tempurnya,
  • Membuat burung tampil lebih ngotot.
Baca:   Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar

Milet Volume+ kini bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui aplikasi Whatsapp (WA) via nomor: 087738873034

Demikian tips dan settingan lovebird paruh merah untuk lomba maupun agar makin rajin ngekek. Jangan lupa, ikuti akun IG @lovebirdcinderella untuk mendapatkan beragam informasi dan video menarik seputar lovebird jawara.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Begini cara memindahkan lovebird agar tidak stres

Memindahkan lovebird dari satu sangkar ke sangkar lain dapat menyebabkan burung stres jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Resiko lain yang bisa muncul adalah burung lepas karena tidak hati-hati saat melakukannya. Untuk itu, tips memindahkan lovebird berikut ini bisa dilakukan untuk mencegah burung tidak mudah stres. Baca:   Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Baca:   Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor
Read more

Mendeteksi burung yang sakit

Burung merupakan hewan yang rentan terhadap kematian jika dibandingkan hewan mamalia, pada umumnya burung yang sakit dengan gejala tidak mau makan lebih dari satu hari saja akan berujung pada kematian jika tidak segera mendapat pertolongan pertama.  Mendeteksi burung yang sakit secara dini merupakan hal yang sangat penting agar nyawa burung dapat diselamatkan.  Gejala awal burung […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by