Kesalahan dalam merawat lovebird paud

Merawat lovebird yang masih muda / paud bukanlah perkara mudah, apalagi untuk menjadikannya bisa ngekek panjang dan berprestasi. Kunci agar lovebird paud bisa tampil dengan maksimal adalah melakukan perawatan yang tepat dan konsisten. Namun tak sedikit orang yang tanpa sadar telah melakukan beberapa kesalahan dalam perawatannya, sehingga burung tidak bisa tampil seperti yang diharapkan. Untuk itu, simak beberapa kesalahan dalam merawat lovebird paud berikut ini. 

lovebird ngekek

Lovebird paud mudah dikenali dari warna paruh dan bulu yang masih tampak kusam. Walaupun berumur masih sangat muda, tapi lovebird paud sangat diminati oleh banyak kalangan. Selain gampang dirawat, lovebird yang masih paud bisa dilatih agar memiliki suara ngekek panjang dan bermental lomba.

Tapi tak jarang, ketika merawat lovebird paud untuk tujuan agar bersuara ngekek panjang dan siap lomba, banyak orang yang tanpa sadar telah melakukan beberapa kesalahan dalam perawatannya. Alhasil, burung bukannya makin rajin bunyi tapi justru malah menurun kualitas dan penampilannya.

Berikut beberapa kesalahan dalam perawatan lovebrid paud yang perlu Anda perhatikan:

Cara memandikan lovebird paud 

Memandikan burung yang masih paud umumnya dilakukan dengan cara disemprot atau sambil dipegang. Mandi dengan cara yang demikian dianggap bisa melatih stamina dan juga menjadikannya cepat jinak. Namun begitu, masih banyak yang salah dalam penerapannya. Bahkan tak sedikit yang berakibat fatal, burung yang diharapkan jadi jinak justru malah berakhir stres atau sakit.

Pada waktu menyemprot burung untuk dimandikan, sebaiknya hindari melakukan penyemprotan langsung pada bagian wajah karena lokasi lubang hidung yang berada tepat di tengah-tengah. Menyemprot langsung pada area wajah akan berisiko hidung kemasukkan air yang menyebabkan burung tersedak, kesulitan bernafas, dan rentan terserang flu.

BACA JUGA  Tips memilih dan merawat burung tledekan
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Begitu pun ketika memandikan burung dengan cara dipegang, sebaiknya hindari memegang tubuhnya dengan sepenuh tenaga karena bisa menyakiti bahkan merusak organ tubuh yang masih lemah. Pegangi tubuh burung dengan posisi seperti menggenggam handphone / hp, lalu gunakan tangan yang satunya untuk membasahi dan mengusap bulu-bulunya dengan air.

Terlalu sering melombakan burung

Di berbagai even lomba burung, kelas lovebird paud selalu dipenuhi oleh para peserta yang ingin menjajal kemampuan burung rawatannya. Namun entah karena penasaran atau terlalu antusias, tak sedikit peserta yang terlalu memforsir lovebird paud miliknya untuk berlomba.

Terlalu sering melatih / melombakan burung yang masih muda akan berdampak pada kondisi mental dan psikologi dari burung itu sendiri. Penampilannya akan cenderung terus menurun karena stamina dan mentalnya yang gampang ngedrop.

Agar penampilan lovebird paud bisa terus maksimal ketika dilombakan, maka berikan waktu istirahat yang cukup baginya sebelum berlomba, misalnya dilombakan setiap dua – tiga minggu sekali. Di luar waktu lomba, burung mendapatkan asupan pakan yang berkualitas dan pemasterannya.

Memberikan pakan secara berlebihan

Banyak yang ingin lovebird paud rawatannya itu selalu aktif dan bersuara ngekek panjang. Bahkan untuk membuat burungnya berada dalam kondisi tersebut, banyak yang memberikan pakan dengan takaran yang tidak sesuai atau berlebihan.

Lovebird paud yang selalu diberikan pakan secara berlebihan akan berisiko terserang obesitas atau kegemukan. Burung yang terlalu gemuk tentu tidak bisa beraktivitas dengan normal, sehingga jadi kurang aktif, jarang bunyi dan cenderung malas-malasan.

BACA JUGA  TIps melatih burung bakalan mau makan voer

Oleh karena itu, untuk menjaga kondisinya setiap hari maka pemberian pakan harus diatur sedemikian rupa. Berikan pakan biji-bijian yang berkualitas dan dilengkapi dengan pakan tambahan yang sesuai.

Untuk lovebird paud, pakan biji-bijian yang sangat direkomendasikan adalah Milet Volume+. Kandungan dalam milet Volume+ tidak akan membuat burung mudah alami kegemukan dan menjadikannya selalu aktif dan rajin bunyi.

Manfaat lain dari milet Volume+ untuk lovebird paud adalah:

  • Meningkatkan metabolisme,
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird,
  • Menjadikan lovebird aktif ngekek,
  • Menjaga kondisinya tetap fit,
  • Menstabilkan birahi,
  • Menjadikan burung tampil makin ngotot dan bertenaga.

Milet Volume+  bisa didapatkan di toko jual beli online seperti di Bukalapak dan Tokopedia, atau bisa juga dipesan melalui aplikasi Whatsapp di nomor: 087738873034

Adapun untuk pakan tambahannya bisa diberikan potongan jagung manis yang diberikan dua hari sekali, dan divariasikan dengan pakan sayuran lain seperti kangkung dan biji kuaci.

Demikan artikel mengenai beberapa kesalahan dalam merawat lovebird paud. Jangan lupa, ikuti akn IG @lovebirdcinderella untuk mendapatkan berbagai info seputar perawatan dan video lovebird jawara.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here