Lovebird bukanlah burung bertipa petarung / fighter sehingga ketika dilombakan tidak selalu berada dalam kondisi top form. Karena itu, kunci agar lovebird bisa tampil prima saat lomba adalah menyetel kondisi birahinya. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan pakan dan extra fooding (EF). Berikut cara settingan lovebid sebelum lomba H-1.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya, lovebird akan diberikan pakan berupa biji-bijian khususnya milet putih. Milet putih menjadi pilihan karena tidak akan menyebabkan birahi lovebird menumpuk. Walaupun milet putih dianggap sebagai pakan netral (bersifat mengenyangkan saja), tapi jika sudah diolah dengan cara yang tepat, pakan ini bisa mempunyai manfaat yang banyak untuk lovebird.

Salah satu pakan milet kemasan yang paling banyak digunakan para pecinta lovebird adalah Milet Cinderella. Sebelum dikemas dan dipasarkan, pakan milet Cinderella terlebih dulu diracik dengan aneka bahan yang bermanfaat.

BACA JUGA  Settingan lovebird paruh merah

Karena itu pula, milet Cinderella memiliki banyak manfaat yang baik untuk burung lovebird, di antaranya adalah:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya,
  • Menjadikan lovebird makin rajin ngekek,
  • Memaksimalkan durasi ngekek,
  • Melancarkan metabolisme,
  • Menstabilkan birahi,
  • Menjadikan lovebird selalu aktif.

Milet CInderella adalah pakan milet kemasan yang banyak direkomendasikan para pemain lovebird di lapangan. Bisa diperoleh melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia dan Bukalapak. Untuk informasi harga dan pemesanan bisa hubungi WA 087738873034

Nah, untuk membantu mendongkrak birahi lovebird, maka mereka perlu diberikan pakan tambahan atau extra fooding yang terdiri dari jagung muda, biji matahari, kangkung, dsb. Karena tujuan kita adalah bagaimana memaksimalkan birahinya ketika lomba, maka pemberian pakan tersebut akan semakin digencarkan sehari menjelang lomba (H-1).

BACA JUGA  Tips sukses ternak lovebird

Selain pemberian milet Cinderella dan pakan tambahan (EF), settingan lovebird menjelang lomba juga harus memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Memberikan full kerodong di waktu-waktu tertentu, misalnya pada malam dan siang hingga sore harinya.
  • Memberikan mandi malam pada H-1 yang bertujuan untuk menstabilkan birahi yang mulai naik akibat settingan yang dilakukan sejak H-3.
  • Menjauhkan dari keberadaan burung sejenis untuk menjaga birahinya.

Dengan menerapkan settingan lomba di atas, diharapkan lovebird bisa tampil dengan penuh maksimal ketika dilombakan.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here