Cara setting lovebird betina untuk lomba

Lovebird yang berjenis kelamin betina termasuk yang paling sering diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Selain dianggap mempunyai birahi yang lebih stabil, lovebird betina umumnya mempunyai suara ngekek yang lebih panjang. Namun tidak berarti lovebird yang berjenis betina bisa begitu saja dilombakan, karena harus dilatih dahulu agar selalu siap lomba. Berikut cara setting lovebird betina untuk lomba.

setting lovebird betina untuk lomba

 

Pada dasarnya, lovebird bukanlah jenis burung petarung atau fighter. Namun begitu, sifat tarung dan teritorialnya kadang muncul ketika burung sedang dalam masa birahi atau berkembang biak. Oleh karena itu, untuk membangkitkan naluri alaminya ketika dilombakan maka dibutuhkan penanganan yang benar-benar tepat, khususnya yang bisa mengatur birahinya.

Dalam istilah kicaumania, mengatur birahi untuk rawatan harian dan lomba dikenal dengan sebutan settingan atau setelan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari perawatan yang umum seperti mandi dan jemur, serta pemberian pakan yang disesuaikan.

Tidak seperti lovebird yang berjenis kelamin jantan, lovebird betina umumnya memiliki kondisi birahi yang cenderung mudah stabil. Oleh karena itu, lovebird betina lebih banyak ditemukan di arena-arena lomba. Bahkan sudah banyak lovebird betina yang menjadi jawara, baik dalam skala regional maupun nasional.

BACA JUGA  Cara memaster lovebird agar rajin ngekek
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Sebagai panduan bagi pemula, berikut cara setting lovebird betina untuk lomba:

Enam hari sebelum dilombakan (H-6) 

  • Lovebird mendapatkan perawatan harian seperti biasa (tidak ada perubahan).

Tiga hari sebelum dilombakan (H-3) 

  1. Lovebird mulai sering diberikan full kerodong dan dijauhkan dari lovebird lain atau disendirikan.
  2. Berikan mandi pagi seperti biasanya. Selesai dimandikan burung diangin-anginkan lalu dijemur selama 10-20 menit, setelah itu kembali diberikan full kerodong.
  3. Mandi malam bisa dilakukan antara pukul 19:00 – 20:00, setelah itu burung kembali difull kerodong sampai pagi hari.
  4. Untuk pakan yang diberikan cukup milet putih saja. Adapun jenis pakan yang sangat direkomendasikan oleh banyak pemain lovebird adalah Milet Cinderella.
  5. Adapun untuk pakan tambahannya bisa diberikan jagung manis yang diberikan sepotong kecil saja.

Mengapa milet Cinderella? Milet Cinderella hadir dalam kemasan baru dan memiliki beragam manfaat untuk lovebird yang akan dilombakan, yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya ketika dilombakan
  • Menjadikan burung semakin rajin ngekek
  • Menambah durasi ngekek jadi lebih panjang
  • Menjadikan lovebird tampil lebih ngotot ketika bertanding
  • Membantu mendongkrak mental lovebird
BACA JUGA  Milet cinderella bikin lovebird gacor

Milet Cinderella bisa diperoleh melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Perawatan menjelang lomba (Hari H) 

  • Pada hari H, lovebird dimandikan pada pagi hari atau disesuaikan dengan karakternya masing-masing.
  • Sebelum dibawa ke lapangan, berikan lima butir biji kuaci yang telah dikupas untuk membantu meningkatkan birahinya sewaktu dilombakan. Pemberian kuaci bisa juga diberikan 1-2 jam sebelum burung digantang.
  • Beberapa pemain kadang menyemprot bagian dada dan kaki lovebird mereka sebelum digantang dengan setelan kabut / halus.

Demikian tips dan cara setting lovebird betina untuk lomba. Walaupun secara garis besar semua perawatan lovebird betina itu umumnya tidak terlalu jauh berbeda, namun mereka tentu memiliki sifat dan karakternya masing-masing sehingga hasilnya bisa sangat berbeda.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here