melatih mental lovebird paud

Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar

Tidak ada ukuran baku mengenai jenis dan ukuran plangkringan atau tangkringan yang digunakan oleh lovebird. Namun begitu, ada tata cara mengenai cara pemberian tangkringan lovebird yang benar, terutama agar burung tidak berperilaku nakal sewaktu dilombakan serta bisa tampil dengan lebih nagen ketika mengeluarkan suara ngekeknya. 

Dalam kelas lovebird pun ada peraturan yang sudah menjadi standar umum penilaian saat lomba, yaitu tidak menghitung ketika burung sering naik turun tangkringannya. Hal inilah yang kemudian menjadikan banyak lovebird mania berusaha memaksimalkan penampilan burung rawatannya dengan memberikan tangkringan yang benar.

Di pasaran  ada banyak model dan jenis tangkringan untuk lovebird yang dapat digunakan, mulai dari yang berbahan plastik, tangkringan cetak, tangkringan berampelas, hingga yang terbuat dari ranting pohon asem.

Sebelum menggunakan salah satu dari jenis tangkringan di atas, ada baiknya lovebird mania terlebih dulu mengamati mana yang sesuai dengan kebiasaan burung. Tangkringan yang cocok tentu akan membuat burung lebih betah bertengger di atasnya, sedangkan tangkringan yang kurang cocok akan cenderung membuatnya lebih sering naik-turun tangkringan.

Nagen tidaknya burung di atas tangkringannya juga sangat dipengaruhi oleh diameter tangkringan yang digunakan. Jika tangkringan terlalu kecil / besar, maka burung akan cenderung tidak seimbang / mudah limbung sehingga membuatnya tidak betah berlama-lama di atasnya.

Diameter tangkringan yang direkomendasikan memiliki ukuran sesuai dengan cengkeraman jari kakinya pada saat bertengger. Jari kaki belakang dan depan berhadap-hadapan tapi tidak bersentuhan dengan jarak yang tidak terlalu lebar. Dengan menggunakan ukuran tangkringan yang sesuai, maka lovebird tersebut akan bisa tampil nagen ketika berbunyi.

Baca:   Tips untuk burung kacer yang menurun performanya di lapangan

Di kalangan lovebird mania ada dua metode penggunakan tangkringan yaitu yang menggunakan satu buah tangkringan dan ada juga yang memasang dua buah tangkringan di dalam sangkar harian dan lombanya. Jumlah tangkringan tersebut biasanya disesuaikan dengan sifat, kebiasaan, dan karakter burung sewaktu dilombakan.

Untuk lovebird yang memiliki pembawaan karakter yang tenang / nagen, biasanya tangkringan yang digunakan hanya berjumlah satu buah tangkringan utama saja. Tangkringan tersebut dipasang tepat di tengah sangkar sehingga bisa mengurangi kebiasaan burung yang suka naik turun tangkringan.

Sedangkan untuk burung yang cenderung nakal seperti sering ngeruji, maka tangkringan yang diberikan umumnya berjumlah dua buah tangkringan yang dipasang silang atau sejajar. Penggunaan dua buah tangkringan tersebut dikhususkan untuk membatasi gerakan lovebird yang gemar ngeruji sehingga mereka akan tetap berada di tenggeran ketika berbunyi.

Namun begitu, untuk menjadikan lovebird nagen di atas tangkringannya tidak hanya ditentukan dari model, ukuran, dan jenis tangkringan yang digunakan saja tapi juga ditentukan dari pakan yang dikonsumsinya. Pemberian pakan biji-bijian yang berkualitas baik dapat menjadikan burung lebih rajin bunyi serta dapat mencegah perilaku nakal lovebird ketika dilombakan.

Baca:   Tips Settingan kenari untuk lomba

Pakan yang paling banyak direkomendasikan oleh para pemain lovebird rumahan dan lomba adalah Milet Volume+. Pakan ini sudah teruji di kalangan lovebird mania karena sudah mencetak banyak burung jawara.

Milet Volume+ sudah melewati tahap-tahap peracikan dengan menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat. Pemberian secara rutin selain dapat menjadikan suara lovebird semakin keras, ngekeknya pun akan lebih panjang dan dibawakan sambil buka paruh.

Manfaat lain dari milet Volume+ adalah:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari.
  • Menjaga kondisi sehingga lovebird tidak gampang lemas dan sakit.
  • Menjadikan burung selalu aktif dan rajin berbunyi.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Menambah durasi ngekek.
  • Mengencangkan suara lovebird.
  • Mampu meningkatkan mental lovebird.
  • Menjadikan lovebird lebih memiliki semangat tempur yang lebih baik.

Untuk hasil maksimal, pemberian milet volume+ sebaiknya disertai pula dengan pemberian pakan tambahannya yang lain, terutama jagung manis yang diberikan setiap hari.

MILET VOLUME+ BISA DIDAPATKAN MELALUI TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK, ATAU BISA JUGA MELAKUKAN PEMESANAN VIA WHATSAPP DI NOMOR: 087738873034

Semoga manfaat

 

Related Articles

lovebird ngekek

Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan

Dalam sebuah lomba burung, selalu ada yang menang dan yang kalah. Tapi yang lebih sering membuat kecewa lovebird mania adalah bukan soal menang ataupun kalah, melainkan burung rawatannya yang bisa tampil maksimal. Untuk itu, simak rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan.  10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacorCara menjadikan lovebird juara dengan milet […]
Read more

Tips membuat pleci tampil optimal di lapangan

  Berikut ini saya share beberapa tips agar pleci bisa tampil dengan optimal dilapangan, tulisan ini pernah ada dalam sebuah tulisan di forum kicaumania.or.id jadi saya rangkum saja disini sebagai bahan referensi bagi anda yang merasa plecinya bekerja kurang maksimal dilapangan.  Hal pertama yang membuat burung pleci mampu tampil optimal ataupun bisa membuat burung menjadi […]
Read more

Cara melatih mental ciblek muda,

Melatih mental ciblek muda / anakan umumnya dilakukan agar kelak burung tersebut bisa memiliki mental jawara dan tangguh di arena lomba. Banyak cara melatih mental ciblek muda, berikut beberapa di antaranya: Tips perawatan burung ciblek jarang bunyiCara melatih mental ciblek untuk lombaCara merawat ciblek bakalan sampai gacorTips latih mental ciblek gunungMeracik pakan agar ciblek makin […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?