pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Merawat pleci bakalan untuk dijadikan burung yang siap lomba dan jadi jawara tentu membutuhkan penanganan yang cermat. Jika tidak, pleci rawatan lama pun tidak akan bisa tampil maksimal tanpa penanganan yang tepat. Sebagai panduan, simak cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba berikut ini.

Salah satu faktor terpenting dalam perawatan pleci bakalan agar rajin bunyi dan siap lomba adalah memahami karakter. Dengan pengenalan karakter tersebut, kita bisa memilih burung yang benar-benar memiliki prospek sebagai burung lomba.

Oleh karena itu, pada saat akan memilih pleci bakalan yang akan disiapkan sebagai burung lomba, maka amati dulu ciri-ciri burung yang memiliki prospek tersebut. Adapun ciri-ciri umum yang bisa diamati adalah:

  • Pilih burung pleci yang bermental bagus. Kondisi ini bisa diamati dari tatapan matanya yang tajam, tenang dan tidak terlalu ketakutan ketika didekati.
  • Mempunyai sifat dominan dan lebih agresif daripada pleci lain yang satu kandang dengannya.
  • Pilih burung yang aktif, sehat, bulu yang mulus dan tidak rusak, serta tidak cacat terutama di bagian paruh, mata, dan kakinya.
  • Jika dipancing dengan suara dari mp3 atau suara pleci lain, maka burung tersebut akan membalas dengan suara yang lebih keras.
  • Amati juga apakah pleci tersebut sudah mau mengeluarkan suara ngeriwik kasar karena akan lebih cepat pada kondisi buka paruh daripada burung yang cenderung jarang bunyi atau bersuara pelan.

Setelah memilih burung pleci yang diinginkan, maka tahap berikutnya adalah memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, semua kebutuhan burung harus bisa terpenuhi mulai dari pemberian pakan yang bernutrisi, air minum yang bersih, suplemen, mandi rutin, serta rajin mengajak pleci “jalan-jalan”.

Baca:   Settingan pleci cepat ngalas dan ngerol

Berikut beberapa perawatan untuk menyiapkan pleci bakalan menjadi burung lomba

  • Gunakan sangkar dan tenggeran yang sesuai. Sangkar dan tenggeran yang tepat bisa menjadikan burung merasa lebih nyaman di dalamnya sehingga lebih cepat memunculkan sifat fighternya.
  • Rutin memandikan pleci dengan karamba mandi ataupun memberikan cepuk minum yang berukuran besar untuk digunakan sebagai bak mandinya. Memandikan pleci akan lebih baik jika menggunakan air dingin atau air es, karena bisa mempercepat burung untuk bersuara keras.
  • Berikan pakan voer yang kaya kandungan nutrisinya. Voer tersebut bisa menggunakan voer kemasan yang sudah dipercaya kandungannya atau memberikan voer racikan yang diolah dengan bahan-bahan yang kaya gizi dan manfaatnya.
  • Berikan pakan tambahan berupa serangga dan buah-buahan. Untuk jenis serangga yang bisa mempercepat pleci rajin bunyi adalah kroto, ulat hongkong warna putih, dan jangkrik yang berukuran kecil.
  • Selain itu, berikan juga buah-buahan yang bervariasi seperti pisang kepok, jeruk, lemon, pepaya, semangka, dan sebagainya. Sebagai pelengkap, bisa juga ditambahkan secepuk kecil madu atau air gula/nektar.
  • Pemberian pakan tambahan tersebut dilakukan setelah burung pleci dimandikan dan dijemur bersama dengan koloninya. Penjemuran pleci cukup dilakukan selama 30 menit saja.
  • Setiap beberapa hari sekali, pleci diumbar dalam kandang umbaran untuk melatih kekuatan stamina, daya tahan, dan otot-otot sayapnya.
  • Satu – dua minggu sekali, pleci tersebut rutin diajak jalan-jalan untuk dipertemukan dengan pleci lain dalam sebuah even latihan bersama rekan-rekan sesama komunitas atau latberan sampai burung benar-benar siap untuk dilombakan dalam lomba berskala besar.

Untuk mendukung dan mempercepat proses pleci bakalan menjadi burung yang siap lomba, maka pemberian suplemen harus mulai lebih diperhatikan. Suplemen yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan burung saja, tetapi juga harus memiliki manfaat yang sangat baik untuk burung, salah satunya adalah SUP PLUS BIRD.

Baca:   Tips dongkrak stamina lovebird biru di lapangan

SUP PLUS BIRD adalah suplemen untuk burung lovebird, murai, cucak ijo, kacer, kenari, cendet, kolibri, pleci, dan burung burung lomba lainnya. Suplemen ini banyak diminati dan dipercayai kicau mania diindonesia untuk burung gaco/ andalannya supaya kinerja burung di arena lomba jadi maksimal.

Manfaat SUP PLUS BIRD untuk pleci dan burung lainnya adalah:

✅ Menjadikan burung semakin gacor
✅ Membuat burung tampil semakin ngotot
✅ Menambah volume suara burung
✅ Mampu mengatasi burung yang macet bunyi
✅ Bermanfaat untuk menjaga stamina burung

Suplemen SUP PLUS BIRD diberikan setiap pagi dengan cara diteteskan pada cepuk air minum yang akan diberikan pada pleci. Bisa juga dioleskan pada pakan tambahannya atau EF. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemberian SUP PLUS BIRD bisa dilakukan setiap hari.

Ketika pleci sudah dalam kondisi siap untuk dilombakan, maka pemberian suplemen SUP PLUS BIRD bisa dilakukan pada sore / malam hari sebelum H-1 lomba.

Untuk pemesanan silakan kunjungi Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak 📞WA di nomor: 087738873034

Demikian tips perawatan pleci bakalan agar jadi burung lomba.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Mengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahong

Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinyaKenari […]
Read more

Tips sukses ternak lovebird

Ternak lovebird yang dilakukan dengan penuh kesungguhan dapat memberi keuntungan bagi peternak yang mengelolanya. Selain untuk menambah koleksi burung piaraan, hasil ternakannya itu pun bisa dijual ke pasaran. Simak tips sukses ternak lovebird berikut ini. Cara panen lovebird yang benarPakan dan vitamin agar lovebird cepat bertelurTahap demi tahap ternak lovebird untuk pemulaCiri-ciri lovebird tidak jodoh […]
Read more

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya. Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemulaEmpat cara bedakan […]
Read more

One thought on “Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?