lovebird ngekek

Tips dan rahasia membuat lovebird konslet

KONSLET adalah karakter istimewa yang hanya dimiliki oleh burung lovebird. Selain gampang terpancing untuk bersuara ngekek panjang, lovebird konslet terkenal juga dengan mentalnya yang sangat baik. Burung dengan karakter tersebut tentu akan menjadi idaman banyak kicaumania, bahkan tak sedikit yang berlomba-lomba mencetak lovebird mereka agar jadi konslet. Sebagai panduan, simak rahasia membuat lovebird konslet berikut ini.

Konslet sebenarnya merupakan istilah yang digunakan lovebird mania untuk menyebutkan kondisi burung rawatannya yang mudah sekali terpancing untuk mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang ketika digantang. Bahkan tak jarang, penampilannnya ketika ngekek sering disertai dengan gaya uniknya mulai dari memejamkan mata hingga sambil buka paruh.

Mencetak lovebird agar konslet tentu bukan pekerjaan yang mudah, karena tak hanya didukung oleh potensi alami dari burung saja, tetapi juga harus disertai dengan perawatan yang rutin, teratur, dan penuh perhatian. Kunci dalam menjadikan lovebird konslet adalah bagaimana cara Anda memberkan perawatan dan pelatihannya setiap hari.

Ada beberapa macam bentuk perawatan yang umum dilakukan kicaumania dalam mencetak lovebird konslet, yaitu:

Membuat lovebird konslet dengan untulan

Lovebird adalah jenis burung sosial bukan petarung/fighter sebagaimana anggapan banyak orang. Untuk melatihnya agar makin konslet, Anda bisa memulainya dengan memberikannya teman / pasangan. Pemberian pasangan itu tentu bukan dimaksudkan untuk ternak melainkan untuk memainkan emosi burung pada waktu akan digantang.

Berikut beberapa setelan lovebird konslet dengan untulan:

Rawatan di luar lomba

  • Setiap hari lovebird disatukan dalam satu kandang dengan untulannya.
  • Setiap pagi hari, keduanya dimandikan hingga basah kuyup setelah itu lovebird utama dipisahkan dalam kandang umbaran untuk dijemur dan dilatih umbaran.
  • Selesai dijemur dalam kandang umbaran, lovebird utama disatukan kembali dengan untulannya.
Baca:   Tips memilih dan merawat murai batu kalimantan

Rawatan sebelum lomba

  • Kedua burung dimandikan dan dijemur bersama-sama. Penjemuran dilakukan cukup 15 menit saja.
  • Sebelum naik gantangan, lovebird utama dipisahkan dengan pasangannya. Setelah diangin-anginkan selama beberapa menit, lovebird sudah siap untuk digantang.
  • Selesai lomba, burung kembali disatukan untuk meredam birahinya.

Dalam perawatan harian dan lomba, kedua burung diberikan pakan berupa milet Volume+, karena milet ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang mampu jadikan lovebird cepat konslet. Selain itu, berikan juga pakan tambahannya secara rutin, khususnya jagung manis.

Untuk mengetahui lebih banyak seputar cara memilih dan perawatan burung untulan, silakan simak dalam artikel berikut ini: Tips dan cara memilih untulan lovebird

Membuat lovebird konslet dengan pakan racikan

Memberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dapat menjadikan lovebird lebih sehat, aktif, dan bertenaga sehingga bisa memicunya untuk lebih rajin bunyi dengan suara ngekek yang panjang.

Pada umumnya, pemberian pakan racikan tersebut dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan lain yang bermanfaat dengan pakan biji-bijiannya. Salah satu pakan racikan tersebut menggunakan bawang putih sebagai bahan tambahannya, berikut cara membuat pakan racikan lovebird konslet:

  • Beberapa siung bawang putih diparut hingga halus.
  • Hasil parutannya itu kemudian direndamkan dalam air hangat.
  • Air rendaman bawang putih kemudian disaring lalu dituangkan ke dalam mangkuk/ wadah.
  • Masukkan pakan milet putih ke dalam mangkuk yang berisi air rendaman bawang putih, setelah itu diamkan selama beberapa jam sampai air bawang putih meresap ke dalam milet tersebut.
  • Saring milet, lalu jemur hingga kering.
  • Milet yang sudah kering itu bisa langsung diberikan pada lovebird sebagai pakan utamanya.
Baca:   Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Alternatif lain jika tidak mau repot dengan pekerjaan di atas adalah menggunakan pakan racikan yang sudah jadi. Salah satu pakan racikan yang sudah dikemas tersebut adalah Milet Volume+.

Milet volume+ diolah dengan campuran bahan-bahan yang sudah terkenal manfaatnya, sehingga lovebird yang mengkonsumsinya akan lebih terjaga kondisinya.

Selain itu, milet Volume+ juga sangat berkhasiat menjadikan lovebird cepat konslet dengan suara ngekek yang lebih panjang.

Adapun manfaat lain dari Milet Volume+ adalah:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari.
  • Menjadikan lovebird makin rajin ngekek.
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird.
  • Membuat lovebird selalu aktif.
  • Membantu mendongkrak mental burung muda.
  • Melancarkan proses metabolisme burung.
  • Menjadikan burung lebih bertenaga ketika bertanding.

Agar lovebird makin konslet maka pemberian milet Volume+disertai juga dengan pemberian pakan tambahan yang berupa jagung manis setiap harinya.

MILET VOLUME+ BISA DIDAPATKAN MELALUI TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK, ATAU BISA JUGA MELAKUKAN PEMESANAN VIA WHATSAPP DI NOMOR: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

melatih mental cendet

Cara melatih cendet agar fighter dan bongkar isian

Tidak berbeda dengan jenis ocehan popular seperti kacer atau cucak ijo, cendet mempunyai kemampuan menirukan suara kicauan yang sangat baik. Hal ini pula yang menjadikan banyak kicaumania begitu tertarik memeliharanya, baik untuk kelangenan maupun dilombakan. More from my siteInilah ciri-ciri cendet siap lombaTips melatih cendet agar gacor dan bermental tempurCiri-ciri cendet anakan/trotolan jantanCara latih cendet […]
Read more
agar pleci bongkar isian

Cara agar pleci cepat bongkar isian

Pleci dengan karakter suara ngerol lebih disukai karena cenderung bersuara isian yang bervariasi. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah menjadikan pleci mau mengeluarkan suara isiannya, terlebih lagi saat dilombakan. Sebagai panduan, simak cara agar pleci cepat bongkar isian berikut ini. More from my siteEnam cara menjadikan suara pleci makin kencangCara merawat pleci bakalan agar jadi […]
Read more

Perawatan burung ciblek sawah agar gacor untuk masteran 

Ciblek sawah memang kurang populer dibandingkan ciblek kebun dan ciblek gunung.Tapi kalau dirawat dengan baik, jenis burung ini mampu berkicau dengan suara tembakan yang sangat keras. Itu sebabnya, ciblek sawah lebih banyak dicari untuk masteran saja. More from my siteTips agar burung murai air aktif dan rajin bunyiMengatasi burung tledekan gunung macet bunyiPerawatan burung cabe/kemade […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?