Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik

Permasalahan lovebird yang cenderung ngetik dan jarang bersuara ngekek tak hanya terjadi di rumah saja tapi juga lebih sering muncul ketika burung sedang dilombakan. Berikut penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik.

lovebird ngekek

 

Sebagian besar masalah yang menjadi penyebab lovebird hanya ngetik saja tanpa mau bersuara ngekek adalah akibat kondisi burung yang kurang stamina. Hal ini biasanya terjadi karena lovebird tersebut tidak mendapatkan asupan pakan yang bernutrisi, baik yang berasal dari pakan utama (biji-bijian) maupun pakan tambahannya.

Selain faktor kebutuhan nutrisi, birahi lovebird yang tidak terkontrol (over birahi) juga bisa menjadi pemicu burung cenderung ngetik-ngetik saja pada waktu dijadikan masteran maupun pada saat dilombakan.

Selain faktor kurang terpenuhinya nutrisi burung, birahi yang tidak terkontrol (over birahi) pun dapat memicu lovebird cenderung ngetik-ngetik saja ketika dilombakan atau saat dijadikan masteran. Kalaupun bersuara ngekek, itu pun dilagukannya hanya sesekali sehingga tidak masuk hitungan.

Adapun beberapa kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab lovebird ngetik-ngetik saja adalah kondisinya yang sedang stres, belum memiliki mental yang baik, serta burung yang belum terbiasa dilombakan karena jarang dilatih.

BACA JUGA  Lovebird bentoel alber KM
Gabung yuk dengan kami di Instagram

Sebagian lovebird lovers biasanya hanya akan memberikan pakan milet putih saja setiap hari, tanpa dilengkapi dengan pemberian pakan tambahan. Mereka umumnya khawatir kalau burung mendapatkan pakan yang lengkap akan gampang terpancing birahinya / over birahi.

Akibat kurang terpenuhinya asupan nutrisi, menjadikan lovebird cenderung ngetik dan mompa-mompa saja tanpa mau mengeluarkan suara ngekeknya. Untuk itu, perawatan yang rutin dengan memperhatikan kebutuhan pakannya harus diterapkan untuk membantu pemulihannya.

Berikut cara mengatasi lovebird yang ngetik saja: 

Memenuhi kebutuhan nutrisi lovebird bisa dilakukan dengan memberikan asupan pakan yang tepat. Meskipun hanya diberikan milet saja, tapi pilihlah milet kemasan yang sudah memiliki kandungan gizi yang baik.

Milet Volume+ diolah dengan campuan bahan-bahan yang bermanfaat, sehingga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian burung. Pakan ini sangat direkomendasikan karena manfaatnya yang baik untuk kondisi dan penampilan lovebird.

Beberapa manfaat milet Volume+, antara lain:

  • MENINGKATKAN STAMINA dan DAYA TAHAN burung sepanjang hari.
  • TIDAK MEMBUAT BURUNG OVER BIRAHI.
  • Menjadikan lovebird makin RAJIN NGEKEK.
  • Memaksimalkan DURASI ngekek lovebird.
  • Membuat lovebird SELALU AKTIF.
  • Membantu MENDONGKRAK MENTALl burung muda.
  • MELANCARKAN proses METABOLISME burung.
  • Menjadikan burung lebih BERTENAGA ketika bertanding.
BACA JUGA  Setingan lovebird tipe basah dan kering

Untuk hasil yang maksimal, pemberian milet Volume+ sebaiknya disertai juga dengan pemberian pakan tambahan berupa jagung manis setiap harinya.

  • Milet Volume+ bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga melakukan pemesanan terlebih dahulu via Whatsapp di nomor: 087738873034

Selain pemberian pakan yang bernutrisi, untuk mengatasi lovebird ngetik maka perawatan harian yang bisa dilakukan adalah:

  • Mengurangi durasi penjemuran,
  • Memandikan burung seperlunya pada pagi hari,
  • Melatih lovebird dalam kandang umbaran setiap 2x sehari,
  • Mengerodong sangkarnya pada malam hari,
  • Menambahkan multi vitamin.

Demikian beberapa cara mengatasi lovebird yang ngetik saja. Kunjungi juga laman instagram @lovebirdcinderella untuk mendapatkan beragam info dan video menarik seputar lovebird lomba dan lovebird jawara.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here