lovebird lomba malam

Cara setting lovebird lomba malam

Lomba burung di Indonesia terus mengalami perkembangannya. Dari yang semula hanya berlangsung pada pagi dan siang hari, kini sudah banyak lomba dilakukan pada malam hari. Salah satu kelas lomba yang paling banyak diminati adalah lovebird. Namun karena kurang pengalaman, tak jarang perawatan yang diterapkan justru sama seperti rawatan lomba di siang hari pada umumnya, alhasil banyak burung yang menurun penampilannya. Sebagai panduan, berikut cara setting lovebird lomba malam.

Memainkan birahi lovebird agar bisa tampil di malam hari tidak membutuhkan trik-trik khusus. Bentuk perawatan yang diterapkan pun adalah biasa saja, seperti mandi dan jemur. Hanya saja yang lebih ditekankan di sini adalah perubahan waktu rawatannya.

Kalau sebelumnya lovebird biasa dimandikan pada pagi hari, maka menjelang akan dilombakan burung lebih rutin dimandikan pada sore hari, yaitu sekitar pukul 17:00. Adapun rutinitas pagi digunakan untuk penjemuran. Selesai dijemur, lovebird kemudian diberikan full kerodong sampai sore hari.

Baca:   Inilah beberapa penyebab telur lovebird gagal menetas

Untuk menjaga stamina dan kondisi burung ketika berlaga di malam hari, maka yang harus diperhatikan adalah asupan pakannya. Berikan pakan biji-bijian yang berkualitas baik. Untuk hal ini, Anda bisa memberikan pakan yang paling banyak direkomendasikan para pemain lovebird lapangan yaitu Milet Cinderella.

Milet Cinderella adalah salah satu pakan milet kemasan yang sudah diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat untuk burung pemakan biji-bijian, khususnya lovebird. Berikan milet cinderella secara rutin setiap hari dengan takaran yang disesuaikan kebutuhan.

Selain dapat menjaga kondisi dan stamina burung dalam lomba malam, milet cinderella juga memiliki beragam manfaat lain, di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird
  • Menjadikannya lebih rajin ngekek
  • Melancarkan metabolisme
  • Menstabilkan birahi, dsb

Untuk mendongkrak penampilan lovebird muda/paud, berikan pakan berupa milet Volume+ yang memilik manfaat yang tidak jauh berbeda dengan milet cinderella.

Baca:   Tips agar lovebird cepat bertelur

Milet Cinderella dan milet Volume+ kini bisa didapatkan melalui toko jual beli online di Bukalapak dan Tokopedia, atau bisa juga dipesan melalui aplikasi Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034

Selain biji-bijian, sangat direkomendasikan pula untuk memberikan jagung manis sebagai pakan tambahannya. Pakan sayuran ini sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina dan energi lovebird yang bertanding di malam hari.

Setelah lomba malam selesai dilakukan, lovebird langsung diberikan full kerodong dan dibiarkan beristirahat total sampai keesokan harinya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak memandikan burung pada pagi/siang hari. Pemberian mandi sebaiknya dilakukan pada sore hari saja atau sekitar pukul 17:00, baik dengan cara disemprot maupun memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.

Untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatannya, Anda bisa menambahkan multivitamin dalam perawatan hariannya.

Itulah tips dan cara seting lovebird lomba malam.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lomba lovebird

Setelan harian & lomba lovebird betina single fighter

Lovebird betina dewasa yang dirawat dengan metode single fighter membutuhkan lebih banyak perhatian daripada burung betina sistem untulan. Untuk itu, setelan harian dan lomba berikut ini dapat menjadi panduan bagi pemula. Baca:   Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinya
Read more

Membuat desinfektan alami dari jeruk lemon

Desinfektasi sangkar meski penting namun kerap diabaikan oleh banyak penghobi burung. Padahal, langkah ini sangat dibutuhkan untuk mencegah burung peliharaan terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, bahkan virus. Biar gak terlalu ribet, proses desinfektasi bisa juga menggunakan bahan alami loh! contohnya penggunaan jeruk lemon. Karena tidak berbau seperti menggunakan deinfektan kimia, penyemprotan sangkar […]
Read more

Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Murai batu yang tak mau bunyi selama lomba berlangsung tentu akan sanga mengecewakan pemiliknya. Di saat yang lain sibuk bekerja, ia malah diam tak bersuara dan cenderung meloncat-loncat aja. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang masih muda dengan mental yang belum stabil, tapi dipaksakan berlomba. Berikut cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by