cara panen lovebird yang benar

Cara panen lovebird yang benar

Jika dikelola dengan baik, ternak lovebird bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan. Selain untuk menambah koleksi burung peliharaan, hasil ternak itu pun bisa dijual ke pasaran. Namun satu hal yang kerap menjadi pertanyaan banyak peternak pemula adalah cara memanen lovebird yang benar

cara panen lovebird yang benar
Lovebird bertelur di dalam kotak sarang

Burung lovebird cukup dikenal sebagai burung lomba dan masteran. Kini makin banyak kicaumania yang tertarik untuk menangkarkannya. Namun karena terlalu bersemangat, tak sedikit peternak yang justru terlalu memaksakan indukan untuk terus berproduksi. Kondisi tersebut tentu dapat mempengaruh kualitas indukan dan juga produktivitas ternaknya.

Untuk menjaga kualitas indukan agar selalu prima dan terus menghasilkan anakan yang sehat, maka peternak tidak perlu memaksakan indukan untuk terus menerus berkembangbiak. Berikan waktu istirahat kepada indukan selama 3-4 minggu setelah dua kali berproduksi.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bagaimana cara memanen lovebird yang baik dan benar. Hal ini dibutuhkan agar indukan tidak mudah stres, juga anakan yang dipanen itu berada dalam kondisi yang sehat, tidak cacat, serta mampu bertahan hidup di tangan peternak.

Simak cara panen lovebird yang benar berikut ini:

Proses peletakkan telur oleh indukan lovebird dikenal dengan sebutan clutch. Indukan lovebird biasanya akan bertelur sebanyak 5-6 butir atau lebih tergantung genetika dan kualitas perawatannya. Sedangkan proses penyapihan atau panen anakan biasanya dilakukan sebelum anakan lovebird berumur dewasa.

Proses penyapihan atau panen anakan umum dilakukan peternak demi meningkatkan produktivitas penangkaran. Peternak berharap, setelah anak-anaknya dipanen, induk lovebird akan kembali bertelur lalu mengeraminya sampai menetas sebelum siap dipanen kembali pada tahap berikutnya.

Baca:   Tips membangkitkan mental tempur lovebird paud

Dalam kondisi normal, proses produksi indukan lovebird yang dimulai sejak indukan bertelur s/d anakan mandiri akan memakan waktu selama 9 – 10 hari. Satu hingga dua minggu kemudian setelah anaknya mandiri, induk lovebird akan kembali kawin untuk memasuki tahap produksi berikutnya.

Adapun proses penyapihan atau panen anakan dilakukan untuk mempersingkat masa produksi tersebut. Peternak akan mulai memanen anakan ketika berumur 5-7 hari. Biasanya, setelah 1-2 minggu anakan dipanen, induk lovebrid akan mulai meletakkan telur-telurnya yang baru.

Dengan cara panen seperti ini, periode produksi bisa dipersingkat menjadi 6 minggu, terhitung sejak kawin hingga panen anakan. Dalam satu tahun pun, induk lovebird akan berproduksi sebanyak 5-6 kali. Metode seperti ini cukup disukai karena peternak bisa memiilki lebih banyak anakan burung untuk dijual ke pasaran.

Setelah dipanen, peternak akan menggantikan tugas indukan untuk merawat dan memberi makan anakan lovebird tersebut. Untuk menjaga kondisi anakan maka dibutuhkan tempat atau sangkar khusus yang sudah dilengkapi dengan lampu penghangat. Adapun pemberian pakan dilakukan dengan cara diloloh.

Pakan yang diberikan untuk anakan lovebird yang masih berumur di bawah 1 bulan adalah bubur atau pakan formula racikan khusus untuk meloloh. Setelah anakan berumur lebih dari 1 bulan maka pemberian pakan bisa dilakukan dengan menggunakan pakan bijian terutama milet.

Baca:   Mengembalikan sifat fighter lovebird setelah mabung/nyulam

Dalam kondisi seperti ini, sangat penting sekali bagi peternak memberika milet yang berkualitas khususnya untuk menjaga agar kondisi anakan tetap sehat, aktif, serta bisa menambah kecerdasannya. Untuk itu, peternak bisa memberikan pakan seperti Milet Volume+ yang sudah diolah dengan bahan-bahan yang bermanfaat.

Milet Volume+ juga sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan anakan lovebird hingga dewasa. Selain menambah kecerdasannya, milet volume+ juga memiliki manfaat lain yaitu:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh anakan lovebird.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Membuat anakan lovebird tetap terjaga kesehatannya sepanjang hari.
  • Menjadikan burung rajin bunyi.
  • Mencerdaskan otak sehingga lebih cepat meniru suara masterannya.
  • Memaksimalkan suara agar lebih kencang.
  • Memancing anakan untuk rajin bersuara ngekek.

MILET VOLUME+ BISA DIDAPATKAN MELALUI TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK, ATAU BISA JUGA MELAKUKAN PEMESANAN VIA WHATSAPP DI NOMOR: 087738873034

Demikian cara panen lovebird yang benar. Jangan lupa, ikuti juga laman instagram @lovebirdcinderella untuk mendapatkan beragam informasi menarik seputar perawatan dan video lovebird jawara lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

ciri cendet siap lomba

Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinya

Pada umumnya burung yang baru menyelesaikan masa mabungnya akan mempunyai penampilan yang lebih bagus dari sebelumnya. Namun tak jarang, ada juga beberapa burung yang setelah mabung malah memiliki suara yang mengecil, salah satunya adalah cendet. Nah, berikut penyebab dan cara mengatasinya. Memulihkan performa burung cendet usai mabungCara latih cendet agar nagen di satu titikSolusi untuk […]
Read more
lovebird ombyokan

Settingan alternatif jebol birahi lovebird paud dan bakalan

Memilih lovebird di kandang ombyokan bisa menjadi pekerjaan yang cukup menyita waktu. Bahkan tak jarang, kicaumania harus rela nongkrong berlama-lama hanya untuk mengamati tingkah laku burung yang menjadi incarannya. Jika jeli memilih, Anda akan mendapatkan lovebird prospek, bahkan bisa juga calon jawara. Ini manfaat mandi malam untuk lovebird dan caranyaMilet US Original – Pakan Lovebird […]
Read more
lovebird kepo

Ragam solusi atasi lovebird bertingkah nakal di gantangan

Lovebird paud umumnya mempunyai perilaku yang tak ubahnya seperti anak balita yang senang bermain dan penuh rasa keingintahuan yang tinggi. Pada saat dilombakan pun, lovebird paud kadang bersikap sangat nakal sehingga bisa mempengaruhi penampilannya ketika bertanding. Untuk meminimalisir sifat nakal tersebut, berikut ragam solusi atasi lovebird nakal / kepo di gantangan. Ini penyebab durasi ngekek […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?