Cara mengatasi lovebird tidak nafsu makan dan lemas

Hilangnya nafsu makan pada burung lovebird merupakan satu gejala umum adanya penyakit. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, maka lovebird akan cenderung gampang lemas dan menjadi sangat rentan terserang berbagai penyakit. Untuk itu, simak cara mengatasi lovebird tidak nafsu makan & lemas berikut ini. 

Semua burung peliharaan membutuhkan asupan pakan yang seimbang dan kaya nutrisi untuk mendukung perkembangan, juga untuk menjaga stamina dan kondisinya setiap hari. Pada lovebird, kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan menyediakan pakan yang lengkap dan terdiri dari biji-bijian, buah, dan sayuran.

Burung lovebird yang rutin mengkonsumsi pakan bervariasi setiap harinya tentu akan memiliki tubuh yang lebih bugar dan aktif, sehingga membuatnya semakin rajin berkicau.

Tapi tak jarang, ada juga lovebird yang cenderung tak mau menyentuh pakan yang sudah disediakan. Hal ini tentu akan membuat galau pemiliknya, karena khawatir burung rawatannya itu tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Hilangnya nafsu makan tersebut umumnnya disebabkan oleh kondisi burung yang sedang kurang fit, baik disebabkan oleh gangguan penyakit maupun adanya infeksi parasit seperti cacing dan kutu.

Apabila kehilangan nafsu makan ini bersifat akut dan menyebabkan lovebird mudah lemas, maka hal penting yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyakit lalu mengobatinya dengan obat-obatan yang tepat.

BACA JUGA  Cara settingan lovebid sebelum lomba H-1

Secara umum, ada beberapa faktor penyebab lovebird hilang nafsu makan, yaitu:

  • Burung yang cacingan atau terinfeksi cacing (Ascaridia galli)
  • Infeksi kutu parah yang sebabkan lovebird stres dan malas makan
  • Burung sakit yang disebabkan oleh perubahah suhu / cuaca
  • Gangguan pencernaan burung yang terganggu akibat mengkonsumsi pakan berbakteri / berjamur
  • Burung yang terinfeksi virus, dsb

Untuk mendukung pemulihannya, maka lovebird tersebut harus mendapatkan asupan pakan kaya nutrisi yang bisa didapatkan dari pakan bijian dan sayuran. Pemberian pakan biji-bijian pun sebaiknya dipilih dari jenis yang berkualitas, misalnya milet Cinderella yang sudah diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Milet Cinderella mempunyai kandungan gizi yang lebih baik sehingga dapat mendukung perkembangan serta untuk mengatasi lovebird yang kehilangan nafsu makan. Selain itu, milet Cinderella juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh lovebird,
  • Memulihkan kondisi burung yang lemas karena sakit,
  • Menjadikan lovebird makin rajin ngekek,
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird,
  • Melancarkan metabolisme,
  • Meningkatkan mental,
  • Menjadikan burung tampil lebih ngotot, dsb

Milet Cinderella hadir dalam kemasan baru yang kini bisa diperoleh di toko jual beli online seperti Bukalapak dan Tokopedia, atau bisa juga dipesan melalui kontak WA di nomor: 087738873034

BACA JUGA  Cara membedakan jenis kelamin lovebird

Selain diberikan asupan pakan milet yang berkualitas seperti milet Cinderella, lovebird tersebut juga harus mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari pakan tambahannya. Untuk pemulihan kondisinya, setiap hari harus diberikan pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran segar.

Jenis buah dan sayuran yang bisa diberikan untuk mendukung pemulihan lovebird yang kehilangan nafsu makan adalah jeruk / lemon, apel, pepaya, jagung manis, kangkung, tauge, irisan wortel, dan telur rebus. Semua pakan tersebut bisa diberikan secara bervariasi setiap harinya atau bisa juga diberikan dalam bentuk pakan racikan seperti egg food.

Setelah kondisi burung lovebird pulih seperti sedia kala, maka langkah selanjutnya adalah melatihnya agar semakin rajin ngekek untuk persiapan lomba. Untuk cara melatih lovebird agar makin rajin ngekek, silakan simak beberapa tulisan berikut ini:

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here