lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird galak / agresif

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku lovebird jadi agresif atau galak. Sebagian besar dipicu oleh kondisi burung yang terlalu birahi maupun akibat perawatan yang kurang tepat. Untuk panduan perawatan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif.

Ketika lovebird alami perubahan perilaku menjadi sangat galak / agresif, maka kondisi ini akan mengganggu penampilannya. Burung yang tadinya dipelihara sebagai masteran tentu aka menjadi jarang mengeluarkan suara ngekeknya yang khas, sedangkan pada lovebird lomba hal ini bisa mengurangi penilaiannya.

Perilaku agresif lovebird  umumnya terjadi ketika burung mengalami perubahan suasana, misalnya saat birahinya memuncak, perubahan pola rawatan, hingga kondisinya yang stres.

Faktor lain bisa muncul ketika burung sedang dijodohkan / ditangkarkan, sifat dominan akan memicu perilaku agresif / galak terhadap pasangannya.

Untuk mengatasi lovebird galak/agresif tersebut maka dibutuhkan beberapa pola perawatan yang teratur, terutama yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisinya.

Sebagai panduan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif:

  • Cobalah memandikan burung dengan lebih rutin untuk mengurangi perilaku agresifnya tersebut.
  • Selesai dimandikan, lovebird dijemur selama 30-60 menit. Penjemuran bisa dilakukan dengan sangkar harian maupun dalam kandang umbaran. Setelah dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  • Pakan utama yang diberikan cukup milet saja. Namun untuk mendukung perawatan yang lebih maksimal, sangat direkomendasikan menggunakan milet Volume+ karena sudah terkenal dengan manfaat dan kandungan nutrisinya yang baik untuk burung.
  • Milet Volume+ sudah diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat sehingga sangat baik diberikan untuk mengatasi lovebird yang berperilaku galak / agresif. Manfaat milet Volume+ yang cukup dikenal adalah:
    – Meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird
    – Memaksimalkan volume suara lovebird
    – Menjadikan burung lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya
    – Membantu menstabilkan birahi lovebird
    – Menjadikan durasi ngekek lovebird jadi lebih panjang dari biasanya
    – Melancarkan metabolisme
    – Membuat burung lebih ngotot dan bertenaga ketika dilombakan
    – Membuat lovebird jadi lebih fit dan aktif.
  • Selan diberikan pakan utama milet Volume+, pakan tambahan seperti jagung manis dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.
  • Pada sore harinya, lovebird kembali dimandikan setelah itu diangin-anginkan.
  • Menjelang malam sangkar diberikan full kerodong dan burung dibiarkan beristirahat.
  • Jika diperlukan, lovebird tersebut bisa diberikan terapi mandi malam dengan memperhatikan kondisi cuaca pada saat itu.
Baca:   Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Untuk meredam perilaku galak / agresif yang diakibatkan oleh kondisi burung yang stres maka berikan saja mainan yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Mainan untuk lovebird kini banyak dijual di toko-toko perlengkapan burung yang biasanya berupa mainan gantung dan mainan gigit.

Alternatifnya adalah memberikan teman / pasangan pada lovebird yang galak karena stres terlalu lama dipelihara sendirian.

Milet Volume+ bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melaluli kontak WA di nomor:  087738873034

Demikian cara mengatasi lovebird galak / agresif. Untuk mendapatkn beragam informasi menarik dilengkapi video burung lovebird jawara, silakan follow akun IG @lovebirdcinderella.

Semoga bermanfaat

Baca:   Tips memilih lovebird prospek untuk lomba

Related Articles

Seputar Anis Kembang

Karakter Dasar Burung Anis Kembang Sangat sensitif dan butuh waktu untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan. Perlakuan yang kasar, perubahan lingkungan yang drastis, akan membuat burung Anis Kembang menjadi stress. Pembosan dan selalu butuh suasana baru. kalau berada di satu tempat dengan waktu yang lama, maka burung malas untuk berkicau lagi. Cobalah secara berkala memindahkan tempat […]
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Cara settingan lovebid sebelum lomba H-1

Lovebird bukanlah burung bertipa petarung / fighter sehingga ketika dilombakan tidak selalu berada dalam kondisi top form. Karena itu, kunci agar lovebird bisa tampil prima saat lomba adalah menyetel kondisi birahinya. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan pakan dan extra fooding (EF). Berikut cara settingan lovebid sebelum lomba H-1. Cara seting lovebird sebelum lombaCara setting […]
Read more
lovebird lomba malam

Cara setting lovebird lomba malam

Lomba burung di Indonesia terus mengalami perkembangannya. Dari yang semula hanya berlangsung pada pagi dan siang hari, kini sudah banyak lomba dilakukan pada malam hari. Salah satu kelas lomba yang paling banyak diminati adalah lovebird. Namun karena kurang pengalaman, tak jarang perawatan yang diterapkan justru sama seperti rawatan lomba di siang hari pada umumnya, alhasil […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?