lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird galak / agresif

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku lovebird jadi agresif atau galak. Sebagian besar dipicu oleh kondisi burung yang terlalu birahi maupun akibat perawatan yang kurang tepat. Untuk panduan perawatan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif.

Ketika lovebird alami perubahan perilaku menjadi sangat galak / agresif, maka kondisi ini akan mengganggu penampilannya. Burung yang tadinya dipelihara sebagai masteran tentu aka menjadi jarang mengeluarkan suara ngekeknya yang khas, sedangkan pada lovebird lomba hal ini bisa mengurangi penilaiannya.

Perilaku agresif lovebird  umumnya terjadi ketika burung mengalami perubahan suasana, misalnya saat birahinya memuncak, perubahan pola rawatan, hingga kondisinya yang stres.

Faktor lain bisa muncul ketika burung sedang dijodohkan / ditangkarkan, sifat dominan akan memicu perilaku agresif / galak terhadap pasangannya.

Untuk mengatasi lovebird galak/agresif tersebut maka dibutuhkan beberapa pola perawatan yang teratur, terutama yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisinya.

Sebagai panduan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif:

  • Cobalah memandikan burung dengan lebih rutin untuk mengurangi perilaku agresifnya tersebut.
  • Selesai dimandikan, lovebird dijemur selama 30-60 menit. Penjemuran bisa dilakukan dengan sangkar harian maupun dalam kandang umbaran. Setelah dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  • Pakan utama yang diberikan cukup milet saja. Namun untuk mendukung perawatan yang lebih maksimal, sangat direkomendasikan menggunakan milet Volume+ karena sudah terkenal dengan manfaat dan kandungan nutrisinya yang baik untuk burung.
  • Milet Volume+ sudah diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat sehingga sangat baik diberikan untuk mengatasi lovebird yang berperilaku galak / agresif. Manfaat milet Volume+ yang cukup dikenal adalah:
    – Meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird
    – Memaksimalkan volume suara lovebird
    – Menjadikan burung lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya
    – Membantu menstabilkan birahi lovebird
    – Menjadikan durasi ngekek lovebird jadi lebih panjang dari biasanya
    – Melancarkan metabolisme
    – Membuat burung lebih ngotot dan bertenaga ketika dilombakan
    – Membuat lovebird jadi lebih fit dan aktif.
  • Selan diberikan pakan utama milet Volume+, pakan tambahan seperti jagung manis dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.
  • Pada sore harinya, lovebird kembali dimandikan setelah itu diangin-anginkan.
  • Menjelang malam sangkar diberikan full kerodong dan burung dibiarkan beristirahat.
  • Jika diperlukan, lovebird tersebut bisa diberikan terapi mandi malam dengan memperhatikan kondisi cuaca pada saat itu.
Baca:   Cara merawat ciblek agar bersuara ngebren

Untuk meredam perilaku galak / agresif yang diakibatkan oleh kondisi burung yang stres maka berikan saja mainan yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Mainan untuk lovebird kini banyak dijual di toko-toko perlengkapan burung yang biasanya berupa mainan gantung dan mainan gigit.

Alternatifnya adalah memberikan teman / pasangan pada lovebird yang galak karena stres terlalu lama dipelihara sendirian.

Milet Volume+ bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melaluli kontak WA di nomor:  087738873034

Demikian cara mengatasi lovebird galak / agresif. Untuk mendapatkn beragam informasi menarik dilengkapi video burung lovebird jawara, silakan follow akun IG @lovebirdcinderella.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Minyak Ikan Untuk Lovebird, Apa Sih Manfaatnya?

Minyak ikan untuk lovebird – Minyak ikan merupakan vitamin baik bagi kesehatan manusia, bagaimana jika diberikan keburung lovebird?. Minyak ikan mengandung Omega-3, asam lemak esensial sangat diperlukan untuk kesehatan yang tidak diproduksi oleh tubuh. 2  asam lemak esensial Omega-3 adalah Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) dan sumber minyak ikan tersebut berasal dari ikan […]
Read more

Apa Sih Obat Nyilet Untuk Burung Lovebird? Ini Obatnya!

Obat Nyilet Untuk Burung Lovebird – Lovebird Nusantara sempat membahas penyakit lovebird nyilet pada kesempatan yang lalu. Namun kali ini kami akan membahas khusus untuk penyakit nyilet dan obatnya. Banyak sekali obat khusus untuk penyakit nyilet atau kurus yang bisa dibeli, namun harus tetap dengan dosis yang tepat. Jangan sampai sobat kicau coba-coba untuk memberikan macam-macam […]
Read more

Tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi

Perawatan cendet trotolan atau paud harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar setelah dewasa bisa rajin bunyi dan memiliki mental yang baik. Selain itu, yang terpenting adalah burung tidak gampang miyik atau manja. Untuk itu, simak tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi berikut ini. Baca:   cara merawat lovebird paud dengan milet […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by