membuat lovebrid bersuara keras dan buka paruh

Cara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh

Burung yang bersuara keras dan buka paruh tentu dapat menarik perhatian para juri ketika dilombakan. Hal inilah yang membuat banyak lovebird mania berlomba-lomba melatih agar lovebird rawatannya punya kemampuan tersebut. Sebagai panduan, berikut cara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh.

Memiliki burung yang mampu tampil maksimal sewaktu berlomba adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh banyak kicaumania. Namun untuk membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Kemampuan vokal
  2. kekuatan Nafas
  3. Mental yang bagus

Tiga hal di atas jika digabungkan melalui perawatan dan pelatihan yang baik dan benar, dapat menjadikan lovebird semakin berkualitas. Potensi lovebird inilah yang harus diperhatikan lovebird mania, khususnya untuk membuatnya bersuara keras dan buka paruh.

1. Melatih kemampuan vokal 

Burung yang memiliki kemampuan vokal yang baik tentu akan mudah terpancing untuk bersuara ngekek dengan keras dan durasi yang panjang. Lovebird yang demikian dikenal dengan istilah “lovebird konslet”. Melatih kemampuan vokal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa pola rawatan sebagai berikut:

  • Melakukan pemasteran secara rutin, khususnya dengan suara yang sesuai karakter burung seperti suara lovebird lain yang sudah ngekek panjang, suara belalang, suara cililin, tengkek, dll.
  • Memberi pakan yang tepat, terutama biji-bijian (milet) dan pakan tambahannya. Sangat dianjurkan untuk memberi lovebird pakan milet yang sudah terkenal kualitas dan kandungan nutrisinya, salah satunya adalah milet Volume+. Pakan milet kemasan ini sudah diolah terlebih dulu dengan aneka bahan bermanfaat yang dapat memaksimalkan suara kicauannya serta menjadikannya rajin ngekek.
Baca:   Cara mengatasi lovebird snot

2. Melatih kekuatan nafas  

Kekuatan nafas menjadi faktor terpenting yang bisa mendukung lovebird untuk mengeluarkan suara ngekek dengan durasi yang panjang.

Melatih kekuatan nafas umumnya dilakukan lovebird mania dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Melatih lovebird dalam kandang umbaran.
  • Memandikan burung hingga basah kuyup.
  • Durasi penjemuran yang disesuaikan dengan karakter burung.
  • Memberikan terapi mandi malam.

3. Melatih mental lovebird 

Lovebird yang tampil konslet sewaktu dilombakan umumnya telah memiliki mental yang sangat baik. Oleh karena itu, pelatihan mental juga sangat dibutuhkan untuk membuat burung bersuara lebih keras dan buka paruh. Beberapa cara melatih mental lovebird antara lain:

  • Sering melatih lovebird dengan burung lain yang seumuran untuk mengenalkan suasana lomba.
  • Membawa burung ke lapangan agar cepat beradaptasi dengan suasana dan hiruk pikuknya lomba burung.
  • Memberikan untulan.

 

Selain ketiga faktor di atas,hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam melatih lovebird agar bersuara keras dan buka paruh adalah menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, dan pemberian pakan yang teratur.

Untuk membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh, maka burung tersebut harus mendapatkan asupan pakan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sepanjang hari. Dalam hal ini, milet Volume+ adalah pakan milet kemasan yang paling direkomendasikan oleh para lovebird mania.

Baca:   Cara alternatif tambah durasi ngekek tanpa umbaran

Milet Volume+ sudah melewati tahap-tahap peracikan dengan menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat. Pemberian secara rutin selain dapat menjadikan suara lovebird semakin keras, ngekeknya pun akan lebih panjang dan dibawakan sambil buka paruh.

Manfaat lain dari milet Volume+ adalah:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari.
  • Menjaga kondisi sehingga lovebird tidak gampang lemas dan sakit.
  • Menjadikan burung selalu aktif dan rajin berbunyi.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Menambah durasi ngekek.
  • Mengencangkan suara lovebird.
  • Mampu meningkatkan mental lovebird.
  • Menjadikan lovebird lebih memiliki semangat tempur yang lebih baik.

Untuk hasil maksimal, pemberian milet volume+ sebaiknya disertai pula dengan pemberian pakan tambahannya yang lain, terutama jagung manis yang diberikan setiap hari.

MILET VOLUME+ BISA DIDAPATKAN MELALUI TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK, ATAU BISA JUGA MELAKUKAN PEMESANAN VIA WHATSAPP DI NOMOR: 087738873034

Semoga manfaat

Related Articles

eberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Solusi jika murai batu ogah makan voer

Sering terjadi burung murai batu yang mendadak ogah makan voer yang sudah disediakan dan cenderung mengkonsumsi ef serangga saja setiap hari. Kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya galau dan khawatir kalau burung rawatannya akan sakit karena kekurangan makanan. Untuk mengatasinya, simak solusi jika murai batu ogah makan voer. More from my siteTips perawatan murai batu […]
Read more

Cara menjaga kualitas suara dan penampilan burung kenari 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ungkapan tersebut tentu sangat cocok diterapkan ketika kita memelihara burung ocehan, misalnya kenari. Walaupun dikenal cepat beradaptasi dan gampang jinak, tapi kenari juga sangat rentan alami perubahan kondisi termasuk menurunnya kualitas suara dan penampilannya. Untuk itu, simak bagaimana cara menjaga kualitas suara dan penampilan burung kenari berikut ini.  More from my […]
Read more

Manfaat jagung untuk lovebird

Jagung ternyata mennyimpan berjuta manfaat yang sangat besar bagi burung. lalu, manfaat apa saja dalam butiran jagung sehingga jagung cocok diberikan pada burung? Berikut alasan – alasan yang dikemukakan para ahli yang disadur dari berbagai sumber. Langkah pertama dalam pemilihan jagung yang baik untuk diberikan pada burung, ada baiknya anda memilih jagung yang masih muda […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?