Cara memaster lovebird agar rajin ngekek

Pemasteran pada burung kicauan dilakukan untuk menambah variasi suara isian yang dimilikinya. Pada burung lovebird, pemasteran yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat menjadikannya semakin rajin mengeluarkan suara ngekeknya dengan kencang. Untuk panduannya, simak cara memaster lovebird agar rajin ngekek berikut ini.   

Tidak seperti burung kicauan jenis lain yang kerap dimaster dengan suara yang bervariasi, lovebird yang dipelihara untuk lomba akan dimaster dengan suara masteran yang sesuai karakter vokalnya, yaitu suara ngekek. Selain agar rajin ngekek, pemasteran dengan suara yang tepat dapat meningkatkan durasi ngekeknya jadi lebih panjang.

Namun tidak semua lovebird mania akan memaster burung rawatannya itu dengan suara yang sesuai karakter ngekeknya. Ada juga yang lebih senang lovebird piaraannya memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi. Lovebird tersebut umumnya hanya dipelihara sebagai klangenan saja atau burung rumahan.

Nah, untuk menjadikan lovebird lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya dengan kencang, maka pemasteran harus dilakukan dengan suara masteran yang sesuai. Dengan begitu, burung akan menjadi lebih terpancing untuk mengikuti irama masterannya sehingga durasi ngekeknya akan menjadi lebih panjang.

Ada beberapa jenis suara masteran yang biasa digunakan untuk melatih burung lovebird rajin ngekek dengan durasi yang maksimal. Beberapa suara masteran yang cukup popular digunakan untuk memaster lovebird antara lain:

  • Suara masteran dari burung sejenis yang sudah gacor / rajin ngekek dengan durasi yang panjang,
  • Suara tembakan burung cililin yang berspeed rapat,
  • Suara masteran burung tengkek yang rata-rata berirama cepat dan tajam,
  • Suara ngerol burung kenari untuk menambah variasi ngekek lovebird,
  • Suara tembakan ciblek gunung untuk memancing lovebird rajin bersuara ngekek,
  • Suara masteran yang berasal dari serangga seperti suara belalang kecek.
BACA JUGA  Pengkolonian Pleci kunci utama pleci lebih rajin berbunyi

Cara memaster lovebird agar rajin ngekek 

Terdapat tiga cara memaster burung lovebird yang selama ini dilakukan, yaitu:

  1. Pemasteran dengan menggunakan burung masteran
  2. Pemasteran dengan memutarkan suara rekaman
  3. Pemasteran dengan menggunakan burung sejenis

Dari ketiga cara di atas, apapun pilihan yang Anda pilih, semuanya tidak akan memberikan hasil maksimal jika tidak disertai dengan cara memaster yang tepat. Untuk itu, simak beberapa cara memaster lovebird agar rajin ngekek berikut ini:

Pemasteran dilakukan di tempat sepi atau di dalam ruangan / kamar

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Pemasteran sebaiknya dilakukan di tempat sepi ( jauh dari keberadaan burung kicauan lain), atau lebih baik dilakukan di dalam sebuah ruangan / kamar tertutup. Dengan demikian, lovebird tersebut akan menjadi lebih fokus terhadap suara masterannya.

Cara memaster lovebird di dalam ruangan:

  • Di dalam ruangan, lovebird yang akan dimaster digantang di tengah ruangan, sedangkan burung masteran digantung dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Posisi burung masteran bisa mengelilingi lovebird yang akan dimaster,atau bisa juga digantung sejajar di kiri dan kanannya.
  • Jika pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara masteran dari audio mp3, maka posisi burung yang akan dimaster digantung di tengah ruangan. Sedangkan posisi perangkat pemutar audio diletakkan di bawah sangkarnya. Putarkan suara masteran dengan volume yang tidak terlalu kencang. Pastikan juga suara yang keluar terdengar sangat jernih dan tidak memiliki efek suara seperti terlalu bass / treble, atau menggema seperti suara echo.

Waktu yang tepat untuk memaster lovebird

BACA JUGA  Membuat pakan racikan untuk burung sanma atau pakling

Pemasteran bisa dilakukan kapan saja dengan mempertimbangkan saat-saat burung tidak terlalu aktif. Namun begitu, waktu pemasteran yang dianggap paling tepat adalah pada pagi hari setelah burung dijemur, serta pada siang hingga sore harinya. Selain itu, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk memberikan pemasteran pada malam hari sebelum lovebird beristirahat.

Didukung pemberian pakan yang tepat

Pemberian pakan yang tepat teruama biji-bijian seperti milet dapat membantu proses pemasteran berlangsung lebih lancar dan cepat dikuasai oleh lovebird tersebut. Pakan seperti milet Cinderella dapat menambah kecerdasan pada burung lovebird yang masih muda / paud sehingga bisa lebih cepat menguasai suara masterannya.

Selain itu, milet cinderella juga memiliki beragam manfaat lain yang sangat baik untuk lovebird, di antaranya adalah:

  • Membangkitkan stamina dan energi burung dengan cepat.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Membuat birahi lovebird stabil dan tidak mudah over birahi.
  • Menjadikan burung lebih sehat dan aktif.
  • Menjadikan burung lebih rajin bersuara ngekek.
  • Membantu pernafasan lebih panjang, sehingga suara ngekek jadi terdengar lebih lama.

Untuk mendukung perawatannya, pemberian milet Cinderella harus pula disertai dengan pemberian pakan tambahan berupa jagung manis setiap harinya.

Milet Cinderela bisa diperoleh melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Demikian tips dan beberapa cara memaster lovebird agar rajin ngekek.

Semoga bermanfaat

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here