Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Untuk meningkatkan produktivitas, banyak peternak lovebird yang memisahkan anakan dari induknya setelah berumur 7 hari. Namun merawat anakan lovebird yang masih piyik itu tentu membutuhkan lebih banyak perhatian. Selain menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, anakan burung itu pun harus selalu diberi makan dengan cara diloloh. Berikut cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

cara meloloh anakan lovebird
Cara meloloh anakan lovebird

 

Memisahkan anakan burung dari induknya adalah salah satu cara yang lazim dilakukan para peternak lovebird untuk meningkatkan produktivitas ternaknya. Setelah dipisahkan, diharapkan indukan burung akan bisa kembali berkembang biak sebelum memasuki masa istirahatnya.

Akan tetapi, memisahkan anakan dari induknya kadang dilakukan ketika muncul permasalahan dalam proses ternaknya, seperti:

  1. Indukan yang buruk / kurang pengalaman sehingga tidak bisa menjaga dan merawat anak-anaknya dengan baik.
  2. Anakan burung yang terlalu banyak sehingga dikhawatirkan indukan tidak akan bisa merawatnya dengan baik.
  3. Adanya anakan burung yang berbeda umur, misalnya menetas belakangan sehingga membuat indukan jadi kurang maksimal merawatnya karena selalu terssihkan oleh anakan lain yang menetas lebih dulu.
  4. Untuk tujuan dilatih atau dijinakkan.

Pada waktu anakan lovebird itu berada di dalam asuhan peternak, maka sudah menjadi kewajiban mereka untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya, di antaranya adalah:

  • Menyediakan tempat / ruangan  dengan suhu yang bisa disesuaikan, misalnya box khusus yang dilengkapi lampu penerangan/penghangat atau lebih baik lagi jika menggunakan brooder maupun inkubator.
  • Menyediakan pakan yang dibuat khusus untuk memberi makan anakan lovebird.
  • Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk meloloh /hand feeding anakan lovebird.
  • Menjaga keamanan dan kenyamanannya selama dirawat.

Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar 

Sebelum melakukan hand feeding, peternak biasanya akan membutuhkan beberapa peralatan khusus yang digunakan untuk tujuan tersebut. Beberapa peralatan hand feeding yang bisa digunakan, antara lain:

  • Pipet tetes
  • Syringe / suntikan yang ujungnya dipasangkan selang kecil
  • Bekas sedotan yang bagian ujungnya dibentuk menyerupai sendok
  • Botol cuka bekas dengan bagian kepala berbentuk kerucut
BACA JUGA  Cara memandikan lovebird yang benar

Sewaktu melakukan hand feeding pada anakan lovebird yang harus diperhatikan adalah mengenali kondisinya. Anakan lovebird umumnya memiliki tubuh yang masih sangat rentan karena daya tahan dan kekebalan tubuhnya masih lemah.

Pakan yang digunakan untuk meloloh 

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Untuk burung yang baru menetas, sebaiknya pelolohan dimulai satu hari setelahnya. Karena pada saat itu, anakan burung masih menyimpan nutrisi yang berasal dari putih telurnya. Setelah satu hari, anakan lovebird akan mulai saling menjerit meminta makanan.

Gunakan pakan yang dibuat khusus untuk meloloh anakan lovebird. Pakan / formula lolohan tersebut banyak dijual di toko perlengkapan burung kicauan. Ada baiknya ketika akan meloloh, peternak lebih memprioritaskan anakan dari yang terkecil lalu yang sudah besar.

1. Selama 1-2 minggu pertama, anakan burung diberikan pakan yang lebih encer / bubur. Frekuensi pelolohan dilakukan setiap dua jam sekali.
2. Setelah anakan lovebird sudah berumur 3 minggu, pakan yang diberikan sedikit lebih kental dengan frekuensi pelolohan setiap  3-4 jam sekali.
3. Waktu pelolohan biasanya disesuaikan dengan kondisi dari anakan tersebut, kalau tembolok mereka sudah mulai kosong, mereka biasanya akan ramai memanggil untuk meminta makanan.

Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar 

Pemberian hand feeding atau pelolohan membutuhkan keterampilan yang sangat baik. Bagi pemula sangat disarankan untuk berlatih dahulu dengan anakan burung biasa, misalnya emprit, gereja, atau lovebird dari jenis yang biasa.

Posisi anakan lovebird dan peternak pada waktu melakukan hand feeding itu pun harus berada dalam posisi yang nyaman. Dengan begitu, anakan lovebird tidak akan dengan mudah memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk ke tenggorokannya.

Cara meloloh yang baik adalah sebagai berikut:

  • Masukkan bubur / pakan lolohan ke dalam alat yang akan digunakan untuk meloloh.
  • Keluarkan anakan lovebrid dari inkubator atau brooder, untuk mencegah penularan penyakit sebaiknya mencuci tangan telebih dahulu atau bisa juga menggunakan sarung tangan karet pada waktu memegang tubuhnya.
  • Bersihkan ujung dan pangkal paruh anakan lovebird tersebut dengan tisu basah.
  • Tempelkan ujung pipet/ selang /atau alat lolohan lain pada bagian paruhnya, lalu tekan sedikit agar terbuka.
  • Setelah paruh terbuka lebar, masukkan ujung alat loloh pada tenggorokan untuk kemudian melakukan pelolohannya.
  • Setelah diloloh, sisa-sisa pakan yang menempel di paruh dan tubuhnya harus segera dibersihkan untuk mencegah munculnya jamur maupun bakter.
BACA JUGA  Setingan lovebird tipe basah dan kering

Setelah lovebird berumur lebih dari 1 bulan, pemberian pakan biji-bijian yang sudah dihaluskan bisa ditambahkan ke dalam pakan lolohannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta untuk mendukung perkembangannya, pemberian pakan tersebut sebaiknya menggunakan pakan kemasan milet Volume+.

Milet Volume+ memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi oleh anakan burung hingga dewasa. Selain membantu pertumbuhkembangannya, pakan ini juga memiliki beragam manfaat , antara lain:

  • Menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya,
  • Melancarkan metabolisme,
  • Meningkatkan sistim kekebalan tubuhnya,
  • Menjadikan burung lebih cepat tumbuh dewasa,
  • Menambah kecerdasan sehingga anakan bisa langsung dilatih dengan suara masteran,
  • Menjadikannya rajin ngekek setelah dewasa dengan durasi yang lebih panjang,
  • Menjaga kondisi dan kesehatan anakan burung dengan baik.

Setelah lovebird berumur lebih dari 3 bulan, pemberian pakan milet Volume+ bisa dilanjutkan dalam bentuk kering / tidak dicampur pakan lolohan. Karena dalam umur tersebut, burung sudah mampu mengunyah pakan biji-bijiannya sendiri.

Selain diberikan pakan milet Volume+, lovebird tersebut juga harus mendapatkan asupan pakan tambahannya yang lain yaitu jagung manis yang diberikan rutin setiap hari.

Milet Volume+ bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga melakukan pemesanan via Whatsapp di nomor: 089653152654

 

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here