Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Birahi lovebird yang cenderung gampang berubah membuat kicaumania harus memberikan perawatan yang benar-benar tepat. Ketika birahinya turun, burung jadi kurang aktif dan jarang berbunyi.

Begitu pula ketika birahinya sedang memuncak, perubahan perilaku akan mulai tampak seperti cabut bulu, ngeruji, hingga gesek tangkringan. Sebagai panduan perawatannya, berikut beberapa cara ampuh menstabilkan birahi lovebird.

Kondisi birahi lovebird umumnya dipengaruhi oleh tiga hal yaitu mental, rawatan harian, dan pemberian pakan. Ada kekurangan sedikit saja dari ketiga hal tersebut, maka birahinya akan cenderung jadi tidak stabil.

Perawatan harian yang kurang tepat bisa memicu burung alami over birahi, yaitu kondisi ketika birahinya terlalu tinggi / memuncak. Penjemuran yang berlebihan serta pemberian pakan yang terlalu tinggi setelannya dapat membuat lovebird rentan alami hal tersebut.

Demikian halnya ketika burung tidak memiliki birahi yang cukup atau kurang birahi. Selain membuat burung jadi kurang aktif,  lovebird tersebut juga akan jarang mengeluarkan suara ngekeknya.

Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Secara umum, birahi yang tidak stabil akan berdampak pada penampilan burung yang semakin berkurang. Lovebird jadi tidak bisa tampil maksimal pada waktu akan dilombakan atau dijadikan masteran.

Oleh karena itu, jika lovebird memiliki salah satu kondisi di atas, harus segera ditangani karena bisa mengurangi penampilannya.  Berikut ini adalah beberapa cara ampuh menstabilkan birahi lovebird:

1. Menstabilkan birahi lovebird yang terlalu tinggi 

Menstabilkan birahi lovebird yang terlalu tinggi / over birahi dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa pola perawatan sebagai berikut:

  • Rutin memandikan lovebird
  • Mengurangi durasi penjemuran
  • Merutinkan pengembunan
  • Memberikan pakan yang tepat dan berkualitas
    Pemberian pakan yang tepat dapat membantu menstabilkan birahi lovebird. Pakan yang umum dikonsumsi lovebird adalah milet, sehingga memberikan pakan milet yang berkualitas akan sangat mendukung perawatan hariannya.
  • Selama pemulihan, lovebird sebaiknya tidak diberikan asupan pakan tambahannya, terutama yang berasal dari sayur-sayuran, dan biji bunga matahari (kuaci). Adapun pemberian jagung manis diberikan setiap beberapa hari sekali dalam porsi yang sangat kecil.

2 Mengatasi lovebird yang kurang birahi 

Sedangkan perawatan untuk menstabilkan lovebird yang kurang birahi adalah sebagai berikut:

  • Burung rutin diembunkan.
  • Mengurangi durasi mandinya.
  • Melakukan penjemuran secara teratur.
  • Rutin melatih burung dalam kandang umbaran.
  • Selalu dimaster dengan burung lain yang memiliki suara ngekek panjang.
  • Memberikan pakan yang tepat dan berkualitas
    Pemberian pakan yang tepat dapat membantu menstabilkan birahi lovebird. Pakan yang umum dikonsumsi lovebird adalah milet, sehingga memberikan pakan milet yang berkualitas akan sangat mendukung perawatan hariannya.
  • Memberikan pakan tambahan yang diperlukan seperti sayur-sayuran yang terdiri dari kangkung, tauge, jagung manis, dan biji bunga matahari (kuaci).

Selain beberapa perawatan rutin seperti disebutkan di atas, pemilihan pakan pun menjadi satu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi birahi lovebird.

Pakan yang diberikan harus yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan mampu menjadikan burung semakin rajin berkicau tetapi tidak membuatnya gampang over birahi.

Salah satu pakan yang sangat direkomendasikan untuk ini adalah Milet Cinderella. Pakan kemasan ini baik diberikan untuk menstabilkan birahi lovebird karena sudah mengalami masa pengolahan dengan bahan-bahan yang bermanfaat..

Adapun beberapa manfaat milet cinderella yang sudah terbukti, antara lain:

  • MENINGKATKAN STAMINA dan DAYA TAHAN burung sepanjang hari.
  • TIDAK MEMBUAT BURUNG OVER BIRAHI.
  • MENSTABILKAN BIRAHI LOVEBIRD
  • Menjadikan lovebird makin RAJIN NGEKEK.
  • Memaksimalkan DURASI ngekek lovebird.
  • Membuat lovebird SELALU AKTIF.
  • Membantu MENDONGKRAK MENTALl burung muda.
  • MELANCARKAN proses METABOLISME burung.
  • Menjadikan burung lebih BERTENAGA ketika bertanding.

Milet Cinderela kini hadir dalam kemasan baru, dan bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan via Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek ala Haji Sigit WMP

Lovebird Telat Ngekek – Tidak bisa dipungkiri kalau burung lovebird saat ini makin banyak peminatnya. Lovebird telat ngekek saat lomba berlangsung, menjadi kendala klasik hampir semua penghobi burung khususnya burung lovebird. Kenapa lovebird tidak mau ngekek? Banyak cara dilakukan untuk mendongkrak performa burung jagoan untuk bisa langsung ngekek saat lomba berlangsung. Namun hal tersebut masih […]
Read more

Tips memilih dan mengenal lebih dekat dengan muray borneo

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah […]
Read more
milet racikan jadikan lovebird juara

Cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami

Kepopuleran lovebird tak hanya sebagai burung masteran saja, tapi juga turut meramaikan arena-arena lomba di berbagai daerah. Memelihara lovebird untuk lomba tentu harus disertai dengan perawatan teratur, serta dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan pakan bernutrisi tersebut sangat berperan dalam menciptakan lovebird jawara. Simak cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami. 
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by