sddefault 9

Tips dan cara menjinakkan lovebird

Lovebird yang sudah jinak tentu akan lebih mudah dirawat, baik untuk dijadikan masteran, lomba maupun dilatih dengan berbagai atraksi. Selain itu, burung yang sudah jinak juga akan lebih cepat terpancing untuk lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya. Simak tips dan cara menjinakkan lovebird berikut ini.

Burung yang sudah jinak dan tidak takut lagi terhadap manusia, tentu akan menjadikannya lebih mudah dilatih agar bisa memiliki mental dan suara ngekek yang lebih baik. Penampilannya pun akan jadi lebih maksimal karena burung yang tidak ketakutan lagi ketika berada di arena lomba yang ramai.

Untuk menjinakkan lovebird, selain dibutuhkan perawatan harian yang teratur, harus disertai pula dengan terapi dan pelatihan-pelatihan yang dapat menjadikannya cepat jinak.

Berikut beberapa cara menjinakkan burung lovebird:

Dimandikan hingga basah kuyup

Memandikan lovebird hingga basah kuyup adalah metode penjinakan yang umum dilakukan lovebird mania. Cara ini dianggap cukup efektif, karena burung yang sudah basah kuyup biasanya tidak akan banyak bergerak serta tidak terlalu agresif. Dengan begitu, pemiliknya bisa melakukan interaksi dengan cara memberinya pakan langsung dari tangan atau sekedar mengusap-usap tubuhnya.

Ada beberapa metode memandikan burung untuk dilatih jinak, yaitu:

  • Memandikan dengan cara dipegang.
  • Memandikan dengan cara disemprot sprayer.

 Menyimpan sangkar di tempat ramai 

Lovebird yang masih liar dapat dilatih jinak dengan cara membuatnya terbiasa / beradaptasi dengan suasan keramaian. Hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Menggantungkan sangkarnya di tempat ramai.
  • Menyimpan sangkarnya di lantai / tanah pada waktu sedang dijemur.
  • Menyimpan sangkarnya di ruangan yang ramai aktivitas keluarga.
Baca:   Tips dan cara memilih untulan lovebird

Melakukan interaksi secara teratur 

Interaksi yang teratur dilakukan lovebird mania dengan burung yang dirawatnya akan memunculkan sebuah ikatan / bonding. Dengan terbentuknya ikatan tersebut, maka lovebird akan jadi lebih cepat jinaknya.

Interaksi bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari memberinya pakan langsung dari tangan, selalu mengusap-usap kepala dan tubuhnya, mengajak burung berbicara, dan lain sebagainya.

Melakukan terapi lapar 

Terapi ini mungkin terdengar sangat ekstrim dan cukup berbahaya jika terlambat disadari. Terapi lapar adalah sebuah terapi yang dilakukan dengan tidak menyediakan pakan hariannya di dalam sangkar.

Ketika burung mulai merasa lapar, si pemilik kemudian memberinya makanan langsung dari tangan. Cara yang paling umum adalah menaruh beberapa butir pakan biji-bijian di atas telapak tangannya lalu disodorkan pada burung yang kelaparan.

Namun terapi ini harus dilakukan dengan kesungguhan dan penuh perhatian, jika tidak burung akan mengalami sakit lantaran telat makan.

Mengurangi pakan tambahan

Melatih lovebid agar cepat jinak bisa juga dilakukan dengan mengurangi pakan tambahan yang dapat meningkatkan birahinya. Pakan tambahan yang dikurangi porsinya itu antara lain jagung, kangkung, biji kuaci, dan lain sebagainya.

Memberi pakan biji-bijian yang berkualitas 

Selama masa terapi penjinakkan, lovebird tersebut harus mendapatkan asupan pakan biji-bijian yang bagus dan dipercaya kualitasnya. Berikan pakan yang dapat meningkatkan stamina serta membuatnya rajin bunyi, tanpa perlu khawatir burung akan birahi.

Baca:   Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Pakan yang berkualitas adalah pakan biji-bijian yang masih segar dan mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan burung. Pakan tersebut tidak hanya bersifat mengenyangkan saja, tapi juga harus bisa menjadikan burung lebih aktif, berstamina, dan rajin bunyi.

Salah satu pakan biji-bijian yang berkualitas tersebut adalah Milet Volume+. Kandungan nutrisinya dapat menjadikan burung selalu sehat, aktif, dan rajin ngekek.

Selain itu, milet Volume+ juga banyak digunakan untuk melatih jinak lovebird. Selain tidak membuat burung over birahi, pakan ini juga dapat menjadikan burung lebih tenang dan tidak terlalu agresif sehingga proses penjinakan bisa berlangsung dengan lebih cepat dan mudah.

  • Milet Volume+ bisa didapatkan di Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga melakukan pemesanan via kontak WA di nomor: 089653152654.

Demikian tips dan cara menjinakkan lovebird. Jangan lupa, follow Instagram @lovebirdcinderella untuk mendapatkan beragam informasi menarik lainnya seputar burung kicauan di Indonesia.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara mendidik lovebird untuk lomba

Mendidik lovebird untuk lomba perlu dilakukan terutama agar burung memiliki kesiapan mental yang lebih baik. Kesiapan mental tersebut dibutuhkan terutama agar burung tidak gampang ngedrop dan lebih teruji saat berada di lapangan. Ada tiga potensi unggulan dari burung lovebird yang harus diasah oleh pemiliknya, yaitu kemampuan vokal, kekuatan nafas, dan ketahanan mentalnya. Ketiga unsur inilah […]
Read more

Penangkaran Blackthroat dengan sistim poligami

Menangkar blackthroat meskipun sering dikupas secara panjang lebar, namun, ternyata masih menyisakan tanda tanya bagi sebagian besar penangkar yang umumnya pemula. Banyak yang mengaku kalau beternak burung blackthroat ini adalah pekerjaan yang “gampang-gampang susah”, sehingga percobaan pertama dari penangkaran mereka terkadang hanya berjalan setengah jalan saja, yang ujung-ujungnya pasangan burung tersebut akhirnya dijual karena terlalu […]
Read more

Rawatan burung cucak kinoi agar cepat gacor

7 / 100 Meskipun memiliki penampilan yang mudah dikenali, namun banyak orang yang belum mengetahui nama asli jenis burung ini. Cucak rante emas atau biasa disebut cucak kinoi adalah salah satu spesies dari keluarga cica daun (Chloropseidae) dan berkerabat dekat dengan cucak hijau. Nama aslinya adalah cica-daun sumatera (Chloropsis venusta), dikenal dengan suaranya yang bervariasi. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?