cara memilih lovebird untulan

Tips dan cara memilih untulan lovebird

Metode untulan menjadi alternatif perawatan untuk jadikan lovebid makin konslet. Cara ini cukup popular di kalangan lovebird mania, karena selain praktis juga lebih efektif menjadikan burung rajin ngekek dengan durasi yang maksimal. Sebagai panduan, simak cara memilih untulan lovebird berikut ini. 

cara memilih lovebird untulan

 

Pola perawatan burung lovebird dengan metode untulan semakin banyak dilakukan para lovebird mania sejak beberapa tahun terakhir ini. Metode ini dianggap sebagai salah satu cara praktis yang dapat memancing lovebird lebih rajin berbunyi.

Lovebird adalah burung dengan sifat sosial yang tinggi, sehingga pemberian untulan/ pasangan dapat menjadikannya lebih bersemangat sewaktu dilombakan. Jika mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird akan menjadi lebih mudah terpancing untuk bersuara ngekek dengan durasi yang maksimal.

Tidak mudah memilih burung yang akan dijadikan untulan, apalagi menemukan burung yang benar-benar pas, dalam artian mau akur dan tidak saling menyakiti. Salah pilih untulan, bukannya menjadikan lovebird tambah aktif dan rajin ngekek, tapi malah mengurangi penampilannya.

Sebagai panduan, berikut beberapa cara memilih untulan lovebird dan perawatannya agar bisa tampil lebih maksimal.

  • Pilih burung untulan yang berumur lebih muda dari lovebird utama. Hal ini untuk mencegah lovebird untulan bersifat agresif dan terlalu mendominasi yang justru menyebabkan burung utama rentan stres.
  • Pilih juga burung untulan dari jenis kelamin yang berbeda. Selain lebih cepat memunculkan keterikatan antara keduanya, hal ini juga menjadikan lovebird utama cepat terpancing untuk lebih rajin bersuara ngekek.
  • Perhatikan juga kondisi fisik, kesehatan, dan perilakunya. Memilih burung untulan yang sakit / terinfeksi penyakit justru akan menulari burung yang sehat.
Baca:   Settingan lovebird ibu tiri

Setelah mendapatkan untulan /pasangan yang sudah dianggap tepat, maka tahap selanjutnya adalah melakukan perawatannya. Berikut cara merawat lovebird dengan untulan:

  • Dalam perawatan hariannya atau di luar waktu lomba, kedua burung disatukan dalam sangkar kotak.
  • Hindari memberikan glodok atau kotak sarang di dalam sangkarnya, dan jangan berikan pakan yang dapat membangkitkan birahi keduanya.
  • Setiap pagi, kedua burung dimandikan hingga basah kuyup, kemudian pisahkan lovebird utama untuk dilatih dalam kandang umbaran sambil dijemur.
  • Pengumbaran bertujuan untuk mengencangkan otot sayap, meningkatkan daya tahan dan stamina, serta menjadikan suara lebih keras dan nafas yang lebih panjang.
  • Setelah itu, burung kembali disatukan dengan burung untulannya.
  • Berikan pakan yang tepat dan tidak mudah membuat burung over birahi. Salah satu pakan yang banyak digunakan lovebird mania adalah Milet Cinderella. Pakan ini sudah diracik dengan bahan-bahan yang berkualitas dan penuh manfaat, sehingga burung yang mengkonsumsinya akan menjadi lebih aktif, sehat, dan rajin ngekek dengan durasi yang lebih panjang.
  • Milet Cinderella sangat baik diberikan pada lovebird utama dan untulannya, karena dapat menjadikan keduanya lebih aktif dan saling sahut-sahutan.
  • Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, berikan juga pakan tambahan yang lain seperti jagung manis, kangkung, dan sebagainya.
  • Lakukan pemasteran untuk melatih suara ngekeknya jadi lebih kencang dan panjang.
Baca:   Tips dan rahasia membuat lovebird konslet

Cara mendapatkan Milet Cinderella 

Milet Cinderela sangat baik diberikan pada burung lovebird karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat bemanfaat, antara lain:

  • Membangkitkan stamina dan energi burung dengan cepat.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Membuat birahi lovebird stabil dan tidak mudah over birahi.
  • Menjadikan burung lebih sehat dan aktif.
  • Menjadikan burung lebih rajin bersuara ngekek.
  • Membantu pernafasan lebih panjang, sehingga suara ngekek jadi terdengar lebih lama.

Milet Cinderela bisa diperoleh melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034.

Demikian tips dan cara memilih untulan lovebird.

Semoga manfaat

Related Articles

lovebird ngekek panjang

Tips lovebird kuat main beberapa kelas lomba

Semakin bertambahnya jumlah kelas lovebird dalam satu even lomba, membuat banyak lovebird mania merasa tertantang untuk bisa mengikuti semua kelas tersebut. Tapi apakah burung rawatannya sanggup bermain full di semua kelas lomba? Simak tipsnya berikut ini. Baca:   Tips perawatan lovebird betina cepat konslet dan fighter
Read more
mngatasi trotolan murai batu stres ngedrop

Cara mengatasi trotolan murai baut yang stres dan ngedrop mentalnya

Perawatan trotolan murai batu memang membutuhkan banyak perhatian, khususnya karena spesies burung ini dikenal dengan sifatnya yang sangat teritorial. Perawatan yang asal-asalan dan cenderung mengabaikan sifat alaminya tersebut, bisa menyebabkan burung rentan stres dan ngedrop mentalnya. Baca:   Tips mengatasi murai batu yang susah mabung
Read more
setting lovebird betina untuk lomba

Cara setting lovebird betina untuk lomba

Lovebird yang berjenis kelamin betina termasuk yang paling sering diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Selain dianggap mempunyai birahi yang lebih stabil, lovebird betina umumnya mempunyai suara ngekek yang lebih panjang. Namun tidak berarti lovebird yang berjenis betina bisa begitu saja dilombakan, karena harus dilatih dahulu agar selalu siap lomba. Berikut cara setting lovebird betina untuk lomba. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by