Setingan lovebird tipe basah dan kering

Untuk memudahkan perawatan harian dan menyeting burung lovebird untuk lomba, kicaumania di dalam negeri memisahkan lovebird menjadi dua karakter, yaitu lovebird tipe basah dan lovebird tipe kering. Berikut setingan lovebird tipe basah dan kering.

Setiap individu burung diketahui memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, termasuk lovebird. Dan agar tidak salah perawatan, sebagian lovebird mania kemudian memisahkannya dalam dua kelompok kategori yang disesuaikan dengan kebiasaan hariannya, yaitu:

1. Kelompok lovebird tipe basah

Lovebird yang berada dalam kategori ini umumnya lebih suka digantang di tempat yang sejuk dan sedikit berangin. Mereka cenderung tidak kuat lama ketika dijemur. Selain itu, lovebird tipe basah juga sangat suka mandi, apalagi ketika disediakan bak mandinya.

2. Kelompok lovebird tipe kering 

Lovebird yang berada dalam kategori ini adalah kebalikan dari kelompok burung bertipe basah. Lovebird tipe kering umumnya lebih suka digantang di tempat yang bersuhu hangat. Ketika dijemur pun mereka akan lebih tahan berlama-lama.

Namun jika diberikan bak mandi ke dalam sangkar hariannya, lovebird tipe kering cenderung akan mengabaikannya. Selain itu, jika disemprot pun mereka akan lebih banyak bergerak / tidak mau diam.

BACA JUGA  TIps untuk Anis Merah agar cepat ngeplong

Setingan lovebird tipe basah dan kering

Setingan harian dan lomba untuk burung lovebird tipe basah dan kering dapat disesuaikan dengan kebiasannya sehari-hari.

Untuk pemberian mandi misalnya, lovebird tipe basah umumnya baru dimandikan setelah dijemur selama sekitar 10 menitan. Dalam kondisi tubh yang masih basah, burung kemudian diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya.

Sedangkan untuk lovebird tipe kering, mereka biasanya akan langsung dimandikan terlebih dulu, setelah itu baru dijemur selama +/- 30 menit. Selesai dijemur, burung kemudian diangin-anginkan.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Perawatan sebelum burung dilombakan pun disesuaikan dengan karakter dan kebiasaannya. Lovebird tipe basah umumnya lebih suka berada di tempat teduh, sehingga sebelum digantang mereka akan lebih dulu dijemur di tempat panas untuk menaikkan birahinya. Tenggerannya pun akan terlebih dulu disemprot agar burung bisa nyaman di atasnya.

Lovebird bertipe kering akan merasa nyaman ketika disimpan di tempat panas.  Namun kondisi ini akan membuatnya cepat naik birahi, sehingga lovebird mania akan menyemprot tubuhnya secara berkala sebelum naik gantangan.

Pemberian pakan 

Meskipun berbeda kelompok karakter, namun untuk pemberian pakan harian dan lomba tetaplah sama. Lovebird tipe basah maupun kering harus mendapatkan asupan pakan yang tinggi nutrisi untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya.

BACA JUGA  Cara setting lovebird lomba malam

Pemberian pakan yang bagus dan berkualitas juga akan membuat burung cepat naik birahi tanpa khawatir mengalami over birahi (OB). Dengan begitu, burung akan menjadi lebih aktif ngekek dengan durasi yang maksimal.

Milet Volume+ adalah jenis pakan biji-bijian yang sangat direkomendasikan banyak pemain lovebird lapangan. Kandungan nutrisinya memiliki beragam manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya.
  • Menjadikan burung lebih rajin ngekek.
  • Memaksimalkan volume suara burung.
  • Menyetabilkan birahi.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Membuat burung jadi lebih aktif.

Untuk melengkap kebutuhan pakan dan memaksimalkan penampilannnya baik sebagai masteran dan lomba, lovebird bertipe basah dan kering harus juga diberikan asupan pakan tambahan yang berupa jagung manis setiap harinya.

Pakan milet Volume+ bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia atau di Bukalapak. Bisa juga dipesan melalui aplikasi WhatsApp (WA) melalui nomor: 089653152654

Demikian setingan lovebird tipe basah dan kering.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here