Cara mengatasi lovebird stres

Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres

Stres adalah sebuah kondisi gangguan mental yang dihadapi oleh seseorang atau mahluk hidup akibat adanya tekanan. Tekanan ini bisa muncul akibat beberapa hal, terutama karena kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya. Pada burung lovebird, stres dapat menjadi pemicu perubahan perilaku, yang jika tidak segera ditangan maka akibatnya bisa sangat buruk. Simak penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres berikut ini. 

Stres dapat mempengaruhi perilaku maupun kesehatan burung lovebird secara keseluruhan. Karena burung peliharaan adalah mahluk yang sangat sensitif, maka mereka cenderung tidak bisa mengatasi stres semudah hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing. Oleh karena itu, penting sekali bagi kicaumania untuk dapat mengenali stres pada burung peliharaan, untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Penyebab lovebird stres 

Ada banyak penyebab burung lovebird gampang terkena stres, beberapa di antaranya adalah:

  • Burung yang sudah dirawat cukup lama namun tidak pernah mendapatkan teman maupun pasangan.
  • Trauma akibat sangkar terjatuh ataupun diserang oleh hewan predator.
  • Stres karena selalu diganggu / diserang oleh pasangannya.
  • Burung mengalami penurunan kesehatan akibat mengkonsumsi pakan yang sudah rusak / berjamur.
  • Stres karena ditinggalkan oleh pasangan ( karena sakit, mati, atau sengaja dipisahkan), dsb.

Ciri-ciri lovebird stres 

Secara umum, burung lovebird yang sedang mengalami stres sangat mudah sekali dikenali dari perubahan perilaku maupun tanda-tanda yang muncul di tubuhnya, seperti tanda stres / stres bar. Tanda stres tersebut berbentuk seperti garis-garis kecil horisontal yang terdapat di permukaan bulu burung peliharaan.

Baca:   Milet Cinderella jadikan lovebird makin gacor
Tanda stres pada bulu burung
Tanda stres pada bulu burung

Selain tanda – tanda tersebut, stres juga bisa memicu hal lainnya, seperti:

  • Perilaku lovebird yang berubah menjadi sangat agresif juga bisa disebabkan oleh faktor stres. Perilaku agresif tersebut bisa muncul dalam polah maupun tingkahnya, seperti suka menggigit, mendesis, menyerang burung lain, merusak perlengkapan yang ada di dalam sangkar, dan sebagainya.
  • Stres juga bisa memicu rasa takut yang berlebihan pada lovebird. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya gangguan dari orang-orang yang ada di sekitar sangkarnya, maupun akibat hal-hal kecil lainnya seperti melihat benda atau hewan peliharaan lain yang membuatnya ketakutan dan stres.
  • Menurunnya kondisi burung lovebird ketika sedang stres juga bisa menyebabkan berkurang / hilangnya nafsu makan. Jika hal ini tidak juga disadari oleh orang yang merawatnya, maka kemungkinan buruk yang akan terjadi adalah tubuh burung yang kurus atau nyilet akibat kekurangan gizi.
  • Burung yang gemar mencabuti bulu-bulunya sendiri.
  • Perubahan pada suara, atau  suara burung yang jadi tidak maksimal.

Cara mengatasi lovebird stres 

Untuk mengatasi lovebird yang sedang stres agar kembali pulih, adalah dengan memberinya rasa aman dan nyaman di lingkungan sekitar sangkarnya. Hal ini pun harus dilakukan secara rutin dan teratur, terutama agar proses pemulihannya bisa berlangsung lebih cepat, sehingga lovebird tersebut bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Baca:   Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Berikut beberapa cara mengatasi lovebird stres:

  • Memindahkan burung ke tempat yang lebih tenang untuk mempercepat pemulihannya.
  • Selalu menggunakan kerodong pada malam hari.
  • Jauhkan dari sumber angin maupun sumber polusi udara lain seperti asap kendaraan, pembakaran sampah, dan asap dapur.
  • Mengatur ulang pemberian pakan dengan lebih mengutamakan pakan yang berkualitas, seperti Milet Cinderella. Mengapa Milet Cinderella? Karena pakan ini telah mengalami pengolahan secara khusus, untuk menjadikan burung lovebird selalu aktif, sehat, anti stres, meningkatkan stamina, dan rajin berbunyi. Milet Cinderella bisa Anda dapatkan di Bukalapak dan Tokopedia, atau bisa juga menghubungi (WA) 087738873034
  • Berikan juga pakan tambahannya secara teratur, khususnya sayur-sayuran hijau yang segar.

Demikian beberapa penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi

Suara kicauan sirtu / cipoh yang merdu mengundang ketertarikan banyak kicaumania untuk memeliharanya. Meskipun termasuk jenis burung yang mudah dirawat, tapi untuk menjadikannya rajin bunyi tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi. More from my siteSuplemen yang bagus untuk burung kicauTips melatih cendet agar gacor dan […]
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Penanganan lovebird over birahi (OB) sesuai jenis dan warna bulu

Lovebird yang sedang mengalami over birahi atau OB akan memiliki perilaku yang lain dari biasanya. Burung yang tadinya rajin ngekek akan cenderung jadi jarang bunyi dan berubah perilakunya. Jika tidak segera ditangani, tentu akan menurunkan penampilannya khususnya jika lovebird tersebut adalah burung lomba. More from my siteTips atasi lovebird over birahi dan ngedropTiga cara jitu […]
Read more
milet racikan jadikan lovebird juara

Cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami

Kepopuleran lovebird tak hanya sebagai burung masteran saja, tapi juga turut meramaikan arena-arena lomba di berbagai daerah. Memelihara lovebird untuk lomba tentu harus disertai dengan perawatan teratur, serta dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan pakan bernutrisi tersebut sangat berperan dalam menciptakan lovebird jawara. Simak cara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alami.  More from my siteCara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?