Lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Meskipun perilaku cabut bulu bisa dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, namun hal ini paling sering terjadi pada burung jenis paruh bengkok, terutama lovebird. Berikut adalah lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Perilaku burung yang kerap mencabuti bulu-bulunya sendiri sangat sering terjadi akibat beberapa faktor, terutama yang berhubungan dengan kondisi fisik dan mentalnya. Selain membuat penampilannya jadi kurang enak dilihat, kondisi ini juga akan membuat burung tidak bisa tampil maksimal sewaktu dilombakan.

Ada beberapa penyebab lovebird kerap mencabuti bulu-bulunya sendiri, yaitu:

  • Iritasi pada kulit dan bulu yang disebabkan oleh tungau atau kutu.
  • Gangguan hormonal seperti burung yang over birahi.
  • Alergi akibat jamur.
  • Burung yang terlalu bosan / terlalu lama dipelihara sendirian tanpa pasangan.

Cara mengatasi lovebird cabut bulu

Mengatasi lovebird yang selalu cabut bulu bukanlah pekerajaan mudah, apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan burung yang sulit dihilangkan. Akan tetapi, jika dilakukan dengan pola rawatan yang tepat dan teratur, kondisi lovebird akan cepat kembali pulih dan bisa beraktivias sebagaimana biasanya.

Ada lima cara mengatasi lovebird yang gemar cabuti bulunya sendiri. Kelima cara tersebut bisa dilakukan setelah mengenali apa yang menjadi penyebab utama lovebird berperilaku demikian.

Berikut lima cara mengatasi lovebird cabut bulu:

1. Memandikan burung dengan lebih rutin

BACA JUGA  Tips memilih burung bakalan

Perawatan mandi bisa diberikan dengan lebih rutin, untuk mengurangi perilaku burung mencabuti bulunya sendiri. Mandikan lovebird dengan menggunakan shampoo khusus atau desinfektan untuk menghilangkan tungau, kutu, maupun parasit penyebab iritasi pada kulit da bulunya.

2. Mengurangi pakan tambahan pembangkit birahi

Cabut bulu yang disebabkan oleh burung yang over birahi bisa diatasi dengan mengurangi pemberian pakan tambahannya. Beberapa jenis pakan tambahan yang bisa dikurangi adalah jagung, tauge, kuaci / biji bunga matahari, dan kangkung.

3. Memberikan suasana baru

Ada kalanya perilaku cabut bulu pada lovebird terjadi karena burung yang terlalu lama dipelihara tanpa teman dan pasangan. Untuk mengatasinya, maka bisa dilakukan perubahan suasana, misalnya mengganti sangkar dengan yang lebih luas atau memberinya pasangan.

Alternatif lain yang bisa mengurangi perilaku cabut bulu adalah memberinya aksesoris mainan yang diletakkan di dalam sangkar hariannya. Cara ini cukup efektif mengurangi perilaku buruknya tersebut.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

4. Memasangkan kerah khusus

Jika perilaku buruk mencabuti bulu itu sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, maka solusi paling jitu yang dapat membantu mengatasi masalah ini adalah memasangkan kerah khusus. Kerah ini akan membatasi gerakan burung untuk mencabuti bulu yang ada di dada dan seluruh tubuhnya.

Kerah khusus yang digunakan untuk mencegah burung cabut bulu
Kerah khusus yang digunakan untuk mencegah burung cabut bulu

Bentuk terapi ini dianggap cukup efektif karena akan membuat burung menghentikan perilaku mencabuti bulunya sendiri. Namun begitu, terapi ini harus rutin dilakukan setiap hari agar burung bisa melupakan kebiasaan buruknya.

BACA JUGA  Tips mengatasi pleci yang kegemukan

5. Memberikan Milet Volume+

Lovebird yang suka cabut bulu harus mendapatkan asupan pakan yang tepat untuk mempercepat pemulihannya. Milet Volume+ diolah dengan bahan-bahan yang kaya manfaat dan tinggi nutrisinya, sehingga bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Milet Volume+ tidak akan membuat burung over birahi dan aman dikonsumsi oleh burung yang sedang bermasalah. Lovebrid yang selalu diberikan pakan milet ini akan memiliki birahi yang cenderung stabil, sehingga dapat mencegah kebiasaan buruknya itu.

Selain bisa mengatasi lovebird yang kerap cabuti bulunya sendiri, milet Volume+ juga sangat bermanfaat untuk menjadikan suara ngekeknya jadi lebih kencang dengan durasi maksimal. Selain itu, dapat meningkatkan stamina, serta menjadikan burung lebih sehat dan aktif.

Dapatkan milet Volume+ di Tokopedia dan Bukalapak, atau melalui pemesanan via Whatsapp di nomor: 089653152654.

Demikian beberapa cara mengatasi lovebird cabut bulu. Ikuti @Lovebirdcinderella untuk mengetahui lebih banyak tips dan trik bagaimana mencetak lovebird jawara.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here