cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Bagi sebagian kicaumania, memelihara lovebird yang masih muda atau paud memiliki banyak keuntungan. Selain harganya yang jauh lebih murah, mereka juga bisa melatih dan memaster burung rawatannya sesuai dengan materi yang diinginkan. Sebagai panduan, berikut cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi
Cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Banyak orang yang kini tertarik memelihara lovebird paud untuk dijadikan klangenan maupun hiburan di rumah. Bahkan tak sedikit kicaumania yang ingin menguji kemampuan burung rawatannya itu di ajang adu suara dalam lomba burung kicauan.

Namun sebelum membawanya untuk dilombakan, tentu dibutuhkan kesiapan mental dan materi dari burung itu sendiri. Termasuk juga, memberikan perawatan yang tepat agar lovebird yang masih paud itu semakin rajin mengeluarkan suara ngekeknya.

Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lovebird paud agar rajin bunyi, yaitu:

1. Perawatan mandi

Memandikan lovebird paud hingga basah kuyup dapat membantu meningkatkan stamina dan menjadikannya rajin bunyi dengan suara yang lebih panjang. Adapun cara mandi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Memandikan lovebird sebaiknya dilakukan setiap pagi, tak lama setelah matahari terbit.
  • Mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara disemprot menggunakan sprayer, memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya, atau membiasakan burung mandi karamba.
  • Selesai dimandikan, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 1-2 jam, setelah itu dipindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan selama beberapa menit.
  • Kembali mandikan burung hingga basah kuyup, lalu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam.
  • Selesai penjemuran, lovebird kembali dipindahkan ke tempat teduh, dan dibiarkan hingga sore harinya.
  • Selama berada di tempat teduh itu, Anda bisa melatihnya dengan memutarkan suara masteran yang diinginkan.
Baca:   Tips dan cara memilih untulan lovebird

2. Memberikan pakan yang tepat

Pakan yang tepat dapat mempengaruhi burung untuk semakin aktif dan rajin berbunyi. Lovebird yang masih paud sebaiknya diberikan pakan bervariasi yang terdiri dari pakan bijian, buah, dan sayuran.

Faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kondisinya adalah pakan yang berkualitas. Semakin tinggi nilai nutrisi yang terkandung dalam pakan tersebut, maka burung yang mengkonsumsinya pun akan semakin rajin berbunyi.

Salah satu pakan yang sangat direkomendasikan para lovebird lovers adalah Milet Volume+. Pakan ini mempunyai banyak manfaat, khususnya jika dikonsumsi oleh lovebird muda/paud.

Beberapa manfaat Milet Volume+, antara lain:

  • Dapat meningkatkan kualitas suara dan volume burung lovebird.
  • Menambah durasi ngekek.
  • Membentuk mental sehingga lovebird bisa tampil dengan lebih ngotot.
  • Menjadikan burung semakin gacor.
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung.
  • Melancarkan metabolisme.
Baca:   Tips rawatan burung cililin hitam untuk masteran

Milet Volume+ bisa Anda dapatkan melalui Tokopedia maupun Bukalapak, atau bisa juga melakukan pemesanan via aplikasi WhatsApp di nomor: 089653152654.

Selain Milet Volume+, pakan tambahan lain yang harus disediakan setiap harinya agar lovebird paud tambah rajin bunyi adalah jagung manis, karena bisa membantu meningkatkan birahinya, sehingga mempercepat proses rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips agar murai batu paud cepat bunyi

Murai batu paud atau yang masih trotolan menjadi burung yang paling banyak dicari kicaumania. Selain mudah dirawat, murai batu yang masih paud itu pun bisa dilatih sesuai keinginan pemiliknya. Namun begitu, ada beberapa pola rawatan yang harus diterapkan agar murai batu paud cepat bunyi. More from my siteTips merawat murai batu paud yang drop mentalCara […]
Read more
murai batu kurang ngotot saat lomba

Cara mengatasi murai batu kurang ngotot saat lomba

Penampilan murai batu yang kurang ngotot ketika dilombakan tentu bukan tanpa sebab, karena jenis burung ini terkenal dengan karakternya yang agresif dan sangat teritorial. Berikut cara mengatasi murai batu kurang ngotot saat lomba. More from my siteCara mandi malam untuk burung murai batu Perawatan murai batu tua agar tetap prestasiBeberapa tips perawatan murai batu tanpa voerTips […]
Read more

Cara merawat lovebird yang sedang mabung

Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu lama yang sudah tua ke bulu baru yang masih sehat dan kuat. Hal ini merupakan proses alami yang akan dihadapi oleh semua jenis burung dan unggas, tak terkecuali lovebird. Agar proses mabung berlangsung cepat dan lancar, maka perawatannya harus diperhatikan. Berikut cara merawat lovebird yang sedang mabung. More from […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?