Cara menjodohkan lovebird yang efektif

Ternak lovebird kini makin menguntungkan. Dengan semakin bervariasinya jenis dan warna burung lovebird, banyak kicaumania tertarik untuk menangkarkannya, baik untuk diperlihara sendiri maupun untuk diperjualbelikan. Sebagai panduan, berikut cara menjodohkan lovebird yang efektif

cara menjodohkan lovebird

 

Burung lovebird yang memiliki penampilan dan warna bulu yang cantik memang selalu menggoda untuk dipelihara. Bahkan tak sedikit kicaumania pemula yang sangat tertarik untuk menangkarkannya agar cepat mendapatkan keturunan yang bisa dipelihara atau dijual kembali.

Ternak lovebird baik untuk tujuan dipelihara sendiri maupun diperjualbelikan membutuhkan beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Hal ini terutama agar proses ternak bisa berlangsung lancar dan tanpa hambatan.

Adapun salah satu tahap yang bisa menentukan keberhasilan ternak burung adalah tahap penjodohan. Dalam tahap ini, sepasang lovebird yang akan dijadikan indukan dilatih agar saling kenal, sehingga mempercepat proses perkawinannya.

Selama masa penjodohan, kedua indukan harus mendapatkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk menjaga daya tahannya selama ditangkarkan. Pakan tersebut juga harus bisa meningkatkan birahi tanpa menjadikannya terlalu agresif.

Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam menjodohkan sepasang burung lovebird yang baru dibeli, yaitu:

Tahap perkenalan

  • Siapkan sepasang burung lovebird yang terdiri dari pejantan dan betina yang sudah cukup umur. Pilih pejantan yang sudah berumur minimal 1 tahun, dan betina berumur minimal 9 bulan.
  • Tempatkan keduanya dalam sangkar terpisah, lalu gantang secara berdekatan setiap harinya.
  • Menjelang malam, sangkar keduanya didempetkan / ditempelkan, dengan posisi tenggeran sejajar agar keduanya bisa tidur secara berdekatan meski berbeda sangkar.
  • Lakukan hal ini secara teratur setiap harinya selama 1-2 minggu.
  • Jika kedua burung mulai saling tertarik yang ditandai dengan saling tidur berdekatan dan saling menyahuti panggilan masing-masing, maka bisa dilanjut ke tahap berikutnya.
BACA JUGA  Pemilihan dan perawatan bakalan muray batu borneo

Tahap penjodohan

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Setelah sepasang burung sudah saling tertarik, maka pada tahap ini keduanya mulai disatukan dalam kandang ternaknya.
  • Selama 1 minggu pertama, kandang ternak yang digunakan tidak dilengkapi dengan kotak sarang atau glodok, hal ini untuk mencegah salah satu burung selalu bermain-main dengan glodoknya atau “ngeglodok” sehingga selalu mengabaikan pasangannya.
  • Selama itu pula, pengamatan harus rutin dilakukan terutama untuk melihat jika ada salah satu indukan yang terlalu agresif dan selalu menyerang pasangannya.
  • Jika keduanya tampak selalu akrab, saling menyuapi makanan, dan selau tidur berdempetan, maka bisa diberikan kotak sarang / glodok yang sudah dilengkapi bahan untuk membuat sarang.
  • Sedangkan jika ada salah satu indukan yang terlalu agresif dan suka menyerang pasangannya, maka pengaturan pakan harus diterapkan dengan mengurangi pakan yang membuatnya gampang birahi.
  • Tetapi jika indukan tersebut tetap berlaku agresif dan sering menyerang pasangannya, maka harus segera dilakukan pemisahan dan mengulangi lagi tahap perkenalannya.
  • Alternatifnya, mencarikan pasangan lain yang sudah cukup umur dan siap kawin.

Tahap perkawinan 

Setelah sepasang lovebird sudah berjodoh, maka keduanya sudah dalam berada dalam kondisi siap kawin. Pada saat itulah, keduanya mulai diberikan asupan pakan yang bisa membantu mempercepat proses perkawinannya.

Selain pakan biji-bijian, untuk mempercepat proses perkawinan indukan lovebird maka pakan tambahan yang bisa disiapkan antara lain kangkung, tauge, jagung manis, dan biji bunga matahari / kuaci.

BACA JUGA  Cara setting lovebird betina untuk lomba

Permasalahan umum

Permasalahan umum yang kerap terjadi dalam ternak lovebird adalah salah satu indukan yang terlalu agresif kepada pasangannya. Hal ini biasanya terjadi karena salah satu indukan yang belum siap kawin atau belum birahi. Hal ini dapat membuat pasangan yang sudah birahi rentan stres sehingga berlaku agresif.

Oleh karena itu, untuk kelancaran proses penjodohan dan ternaknya, maka burung lovebird tersebut harus diberikan asupan pakan yang tepat. Pakan yang selama ini cukup banyak direkomendasikan para peternak dan pemain burung lomba adalah Milet Cinderella.

Kandungan milet Cinderella sangat bermanfaat untuk meningkatkan birahi indukan dengan cepat tanpa membuatnya over birahi yang bisa memicu perilaku agresif.

Selain itu, Milet Cinderella juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh indukan selama berkembang biak, mulai dari mengerami telur hingga merawat anak-anaknya.

Milet cinderella
Milet cinderella

 

Millet Cinderella kini hadir dengan kemasan baru, dan bisa diperoleh melalui Tokopedia maupun di Bukalapak. Bisa juga melakukan pemesanan melalui Whatsapp di nomor 087738873034.

Itulah beberapa cara menjodohkan lovebird yang efektif. Dapatkan beragam tips dan trik menarik seputar perawatan lovebird bakalan hingga jadi burung jawara melalui akun Instagram @lovebirdcinderella.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here