Cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji

Ngeruji adalah perilaku ketika lovebird tidak mau diam di tenggeran pada waktu bertemu lawan mainnya di sebuah ajang lomba atau latihan. Umumnya hal ini dipicu oleh kondisi burung yang sedang over birahi, tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Berikut cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji.

Perilaku ngeruji tak hanya muncul ketika burung sedang dilombakan saja, tapi juga bisa terjadi pada burung yang biasa dirawat di rumah. Jika kondisi ini selalu terjadi terus menerus, maka lovebird tersebut tidak mungkin dibawa ke lapangan.

Selain akan mengurangi penampilannya ketika dilombakan, burung lovebird yang selalu ngeruji juga akan membuatnya jadi sulit ngekek lantaran perilakunya yang tak mau diam.

Ngeruji dapat disebabkan oleh kondisi burung yang over birahi. Hal ini biasanya dipicu oleh perawatan yang kurang tepat, seperti pemberian pakan yang terlalu tinggi setelannya, atau karena sering dijemur terlalu lama.

Bisa juga disebabkan oleh burung yang terlalu dipaksakan untuk ikut lomba terus-menerus. Hal ini biasanya paling sering dialami lovebird yang masih muda / paud.

Sebelum perilaku ngeruji jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, silakan simak beberapa cara mengatasi lovebird yang selalu ngeruji berikut ini.

Rutin dimandikan 

Memandikan lovebird setiap hari sampai basah kuyup bisa membantu meredam aksi ngeruji yang disebabkan oleh over birahi. Terapi mandi basah ini dilakukan selama 1-2 minggu atau sampai kondisi burung telah benar-benar pulih.

BACA JUGA  Cara ampuh mengatasi lovebird gesek tangkringan / gestang

Cara mandi hingga basah bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer atau diguyur menggunakan selang air yang diletakkan di atas sangkarnya (ala mandi hujan). Selain itu, berikan juga terapi mandi malam yang dilakukan setiap beberapa hari sekali.

Mengubah posisi tenggeran

Cara ini jarang dilakukan tapi bisa bermanfaat untuk meredam kebiasaan burung yang suka ngeruji. Mengubah posisi tenggeran dilakukan dengan menggeser posisi tenggeran dari yang biasanya di tengah sangkar menjadi mepet dengan jeruji.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Jumlah tenggeran yang mepet jeruji sangkar pun diusahakan lebih dari satu, dengan posisi yang saling berhadapan dengan tenggeran lainnya. Cara ini akan menghambat kebiasaannya ngeruji karena terhalang oleh tenggeran, sehingga burung akan lebih senang bertengger.

Mengurangi ef 

Lovebird ngeruji yang disebabkan oleh over birahi dapat diatasi dengan mengurangi atau meniadakan pakan tambahan / ef untuk pemulihannya. Beberapa jenis pakan yang dikurangi atau distop pemberiannya adalah sawi, kangkung, jagung muda, dan kuaci (biji bunga matahari).

Selama perawatannya, lovebird cukup diberikan pakan utamanya saja yaitu biji-bijian khususnya milet. Dengan hanya mengkonsumsi nutrisi pokok saja akan menurunkan kadar proteinnya, sehingga birahinya akan berangsur-angsur turun.

BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird galak / agresif

Untuk mempercepat pemulihan dan agar burung bisa kembali tampil maksimal saat dilombakan, maka milet yang diberikan harus yang berkualitas baik. Pakan yang selama ini banyak direkomendasikan adalah Milet Cinderella.

Milet Cinderela diolah dengan bahan bermanfaat dan kaya nutrisi, sehingga burung akan lebih terjaga kondisi dan staminanya. Pakan ini pun dapat menstabilkan birahi dan tidak menyebabkan over birahi, sehingga sangat baik diberikan pada lovebird yang kerap ngeruji.

  • Dapatkan milet Cinderella melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak WhatsApp (WA) di nomor: 087738873034.

Memberikan pembatas 

Alternatif lain mengatasi lovebird yang kerap ngeruji adalah membatasi ruang gerak burung di dalam sangkarnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memasangkan sekat / pembatas di bagian atap sangkar.

Sekat ini akan berfungsi seperti plafon sehingga gerakan lovebird ketika ngeruji akan terhalang sehingga burung akan kembali ke tenggerannya.

Demikian tips dan cara mengatasi lovebird yang kerap ngeruji, semoga bermanfaat. Ikuti juga laman Instagram @lovebirdcinderella untuk beragam informasi dan video burung jawara.

Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here