Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini.

Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan
Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Perilaku burung lovebird yang nakal dan banyak tingkah pada saat dilombakan bisa muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari ngeruji, gesek tangkringan, hingga selalu turun ke bawah tangkringan.

Kondisi yang dialami oleh burung tersebut dapat membuat penampilannya jadi tidak maksimal. Kalaupun mau berbunyi, itu pun dilakukannya ketika berada di dasar sangkar. Selain bisa mengurangi nilai, penampilan yang demikian tentu tidak akan dilirik para juri.

Pada umumnya, penyebab lovebird suka turun ke bawah tangkringan itu disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

  • Tenggeran yang tidak sesuai sehingga membuat burung tidak betah berlama-lama di atasnya.
  • Birahi burung yang tidak stabil.
  • Lovebird yang terlalu agresif akibat pakan yang terlalu tinggi setelannya.
  • Burung belum memiliki mental yang baik.
  • Kebersihan sangkar yang tidak terjaga, misalnya terlalu banyak pakan yang berceceran di lantai sangkar sehingga burung jadi betah berada di sana.

Mengatasi lovebird suka turun ke bawah tangkringan

Dibutuhkan beberapa penanganan khusus yang dapat mencegah kebiasaan burung turun ke dasar sangkar sewaktu dilombakan. Sebagai panduan berikut beberapa cara mengatasi lovebird yang suka turun ke bawah tangkringan:

Memandikan burung hingga basah kuyup

Baca:   Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Terapi mandi hingga basah kuyup dianggap bisa mengurangi perilaku burung yang kerap turun ke bawah tangkringan. Hal ini biasanya dilakukan ketika burung mengalami birahi yang tidak stabil atau over birahi.

  • Cara mandi hingga basah kuyup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari memandikan sambil dipegang, disemprot sprayer hingga basah, atau diguyur dengan menggunakan selang air yang diletakkan di atas sangkarnya (metode hujan-hujanan).

Mengganti tenggeran yang digunakan

Jika burung selalu turun ke dasar sangkar disebabkan oleh tenggeran yang tidak sesuai / kurang nyaman, maka solusi mengatasinya adalah mengganti tenggeran yang digunakan dengan yang baru.

  • JIka sebelumnya lovebird menggunakan tenggeran bawaan sangkar yang terbuat dari plastik, maka Anda bisa menggantinya dengan tenggeran bertekstur kasar seperti tenggeran kayu asem atau tenggeran pasir.
  • Alternatifnya, Anda bisa mengganti tenggeran dengan tenggeran yang mempunyai permukaan rata dan tidak bulat.

Menambahkan aksesoris di dasar sangkar

Menambahkan aksesoris hanya bersifat mencegah burung turun ke dasar sangkar ketika sedang dilombakan. Beberapa aksesoris yang umum digunakan adalah:

  • Menambahkan bola-bola kecil yang berwarna-warni,
  • Memasang ranjau karpet berbentuk duri-duri,
  • Memasang ranjau karet yang menghalangi burung turun ke dasar sangkar,
  • Memasang rumput plastik di dasar sangkarnya,
  • Mengoleskan minyak telon atau baby oil pada karpet sangkar yang digunakan.

Cara ini memang cukup efektif cegah lovebird turun ke lantai sangkar ketika sedang berlomba. Namun setelah aksesoris dicabut, kebiasaan buruknya itu kembali muncul.

Baca:   Penyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serak

Mencegah dan mengatasi lovebird yang kerap turung ke bawah tangkringan bisa diatasi dengan beberapa cara di atas. Tapi untuk hasil yang maksimal, maka perawatan hariannya harus dilakukan dengan sangat teratur.

Selain mendapatkan asupan pakan tambahannya secara rutin, lovebird yang kerap turun tangkringan juga harus diberikan pakan yang memiliki cukup nutrisi dan bisa menyetabilkan birahinya.

Milet Cinderella adalah salah satu pakan kemasan yang terkenal dengan beragam manfaatnya. Pakan milet ini juga banyak direkomendasikan oleh para pemain lovebird. Kandungan yang terdapat dalam Milet Cinderella cukup ampuh untuk mengatasi segala permasalahan burung.

Beberapa manfaat Milet Cinderella yang lain adalah:

  • Membuat lovebird tambah rajin bunyi / gacor.
  • Membantu menyetabilkan birahi.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya.
  • Menjadikan burung lebih aktif dan rajin ngekek.
  • Mampu menambah durasi ngekek.

Dapatkan Milet Cinderella di Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dengan cara melakukan pemesanan lewat aplikasi Whatsapp (WA) di nomor: 087738873034

Demikian cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan. Dapatkan juga beragam informasi terbaru seputar lovebird jawara melalui Instagram @lovebirdcinderella.

Semoga manfaat

Related Articles

Suara pancingan lovebird ngekek dijamin ampuh

Suara pancingan lovebird ngekek dijamin ampuh More from my siteCara mengobati suara serak pada lovebirdVideo dan audio pancingan lovebird ngekek panjangManfaat jagung untuk lovebirdHeboh!!Lovebird raja ngekek istimewaAksi lovebird bentoel konslet panjangLovebird bentoel alber KM Baca:   Settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba
Read more

Cara merawat ciblek agar bersuara ngebren

Walaupun ngebren atau suara tembakan khas ciblek merupakan bawaan karakter dari masing-masing individu , tapi kicaumania bisa juga kok melatihnya sendiri di rumah. Seperti ngekek lovebird pada umumnya, ngebren menjadi salah satu daya tarik saat memelihara burung ciblek. Untuk itu, simak cara merawat ciblek agar bersuara ngebren berikut ini. More from my siteCara melatih mental […]
Read more

Tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia

Tiel atau cockatiel adalah jenis burung yang memiliki penampilan mirip parkit, namun ukuran tubuhnya jauh lebih besar dengan jambul di kepalanya. Sebagian kicaumania menyebutnya sebagai burung falek, tapi ada juga yang menjulukinya parkit australia. Bagaimana cara merawatnya agar rajin bunyi? Simak tipsnya berikut ini. More from my siteCara merawat burung poksay mandarin biar gacorTips rawatan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?